Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

10 Tips Sukses ujian TOEFL

tips sukses ujian toefl

10 Tips Sukses Ujian TOEFL – Bahasa inggris sudah menjadi kebutuhan kita, apalagi bagi yang hendak melebarkan sayap ke dunia internasional, entah itu soal pendidikan, pekerjaan, atau pun hanya jalan-jalan ke luar negeri. Salah satu hal penting bagi kamu yang hendak kuliah atau kerja ke luar negeri, ada baiknya mengikuti tes yang sudah tersohor ini; TOEFL. Merupakan tes kemampuan bahasa inggris secara general, artinya semua materi bahasa inggris diujikan di sini. Mulai dari reading, listening, grammar, bahkan versi terbaru TOEFL (iBT TOEFL) menggunakan aspek speaking dan writing juga. TOEFL menjadi syarat penting untuk berbagai keperluan. Misalnya, untuk syarat masuk kuliah atau mendaftar kerja dan beasiswa.

Lebih lengkap tentang TOEFl, baca di: Apa itu TOEFL?

Sebelum mengikuti TOEFL, sebaiknya kamu melakukan berbagai persiapan, seperti belajar. Ya, tentu saja belajar bahasa inggris secara umum dan detil akan sangat membantu kita dalam mengerjakan soal TOEFL. Konon katanya, tes TOEFL asli sangat sulit, apalagi iBT TOEFL yang biayanya mencapai jutaan rupiah, sayang sekali jika skor kita gagal mencapai target. Oleh karena itu, berikut ini kami paparkan 10 tips sukses untuk ujian TOEFL. Selamat mencoba ^_^

1. Mempelajari Ilmu Bahasa Inggris dari Dasar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa TOEFL merupakan tes bahasa inggris dengan materi general. Tidak seperti tes bahasa inggris di SMA yang memiliki materi khusus yang diujikan. Oleh karena itu, sebelum mengikuti tes TOEFL, hal yang paling wajib kamu lakukan adalah mempelajari bahasa inggris mulai dari dasar. Mulai dari alphabet sampai syntax. Mempelajari vocabulary, grammar, phrase, clause, dan lainnya.

Bagi kamu yang merasa kemampuan bahasa inggrisnya masih sangat kurang, latihan setiap hari adalah solusinya. Namun, jika ada partner atau guru yang bisa mengajari bahasa inggris akan lebih baik lagi. Misalnya, mengikuti kursus bahasa inggris di kampung inggris. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tau apa itu Kampung Inggris Pare, pusat belajar bahasa inggris yang menyediakan berbagai jenis dan level kursus inggris, termasuk TOEFL Preparation. Dengan mengikuti kursus di kampung inggris, kamu bisa mendapat pengalaman belajar bahasa inggris terbaik dan efektif. Try this now!

2. Mengenali Tes TOEFL

Agar bisa mengerjakan soal TOEFL dengan baik, cobalah mencari tau seperti apa soal-soal TOEFL, penilaiannya, jumlah soalnya, berapa skor yang kita butuhkan, bagaimana cara mendaftar TOEFL, biaya dna tenpat ujian. Dengan mengetahui seluk beluk TOEFL, kita akan lebih paham strategi menghadapinya. Bagaimana cara mengenali tes TOEFL? Tentu saja dengan mencari info sebanyak-banyaknya tentang TOEFL. Kamu bisa mencarinya di website, buku TOEFL, atau mencari tau dari orang-orang yang sudah pernah mengikuti TOEFL.

3. Manajemen Waktu Belajar

Belajar dari jauh-jauh hari, bahkan dari kecil akan lebih bagus lagi. Karena semakin lama kita belaar dan latihan, maka kemampuan english kita akan semakin matang dan semakin siap menghadapi ujian TOEFL. Penting untuk diperhatikan: Jangan belajar mendadak sebelum tes atau bisa dibilang KEJAR TAYANG, karena bahasa tidak seperti matematika yang sifatnya ilmiah, namun bahasa membutuhkan waktu panjang sampai kita isa benar-benar menggunakannya sebagai alat komunikasi. So, manage waktu belajarmu agar bisa memenuhi kebutuhan skor TOEFL yang ditargetkan.

4. Mengetahui Tujuan Mengikuti TOEFL

Coba tanya pada diri sendiri, untuk apa kamu mengikuti TOEFL? Hal ini akan menjadi faktor penting kesuksesan ujian TOEFL. Beberapa orang yang “iseng-iseng” tes TOEFL, maka belajarnya pun iseng-iseng dan hasilnya tidak maksimal. Namun jika kamu tau untuk apa mengikuti ujian TOEFL kamu akan lebih semangat. Misalnya, ingin kuliah di London. Kamu bisa menempel foto-foto London di kamar dan di depan meja belajar sebagai pemacu semangat belajar.

5. Latihan Soal TOEFL

Setelah mengenali TOEFL dengan baik, sekarang saatnya melakukan latihan latihan dan latihan setiap hari. Dengan rutin latihan, dijamin deh materi bahasa inggris yang sudah dipelajari tidak akan mudah lupa. Kamu bisa mendapatkan soal TOEFL lewat berbagai cara. Jika kamu mengikuti kursus di lembaga kursus bahasa inggris, biasanya akan mendapat contoh-contoh soal TOEFL. Atau, kamu bisa mencari soal TOEFL melalui banyak website, entah itu gratis ataupun berbayar. Agar lebih mantap lagi, kamu juga bisa membeli buku TOEFL yang berisi latihan soal dan pembahasannya.

6. Mencari Tau Pengalaman Tes TOEFL Orang Lain

Bertanya pada orang yang sudah pernah tes TOEFL juga bisa menjadi tips penting. Kamu bisa mendapatkan pengalaman bagaimana mereka yang sudah pernah tes, seperti apa rasanya saat ujian berlangsung, tips hal teknis saat ujian, bagaimana caranya mendapatkan skor tinggi, atau sebaliknya kira-kira apa evaluasi saat mendapat skor rendah.

7. Sering Membaca dan Menulis Bahasa Inggris

Membaca dan menulis bahasa inggris, merupakan aktivitas ringan namun bisa membantu skill english kita. Dengan membaca dan menulis, secara langsung kita belajar pola grammar bahasa inggris, kesalahan umum, vovabulary, dan lainnya.

Baca juga: Writing Tips: Rajin Membaca Bahasa Inggris

8. Mendengarkan Audio, Lagu dan Menonton Film bahasa Inggris

Belajar tidak harus melulu lewat buku atau mengerjakan soal latihan, namun juga melalui audio dan film berbahasa inggris. Cara belajar ini sangat begruna bagi kamu yang merupakan tipe pembelajar auditori.

9. Mengetahui Kelemahan dan Kekuatan Kemampuan Bahasa Inggris

Analisis SWOT atau Strength (kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Kesempatan) dan Treat (Ancaman). Mengetahui dimana titik lemah kita dalam kemampuan berbahasa inggris sangat penting. Hal tersebut bisa membantu kita melengkapi semua kelemahan. Misalnya, kita lemah di listening, artinya kita harus lebih banyak latihan soal listening, mendengarkan musik dan menonton film.

10. Persiapan Teknis Sebelum Ujian

Setelah mempersiapkan semua dari jauh-jauh hari, saatnya kamu mempersiapkan hal teknis sebelum hari H. Jangan lupa cek kembali waktu dan tempat ujian, jangan sampai datang telat. oleh karena itu, beberapa hari sebelum ujian, pastikan kamu dalam keadaan fit dan sehat. Jangan sampai ketinggalan juga alat tulis untuk mengerjakan TOEFL. Dan pastinya, berdoa sebelum ujian, karena banyak faktor X yang bisa menentukan kesuksesan ujian TOEFL kita.

Sekian 10 Tips Sukses ujian TOEFL khas LC Kampung Inggris, semoga bermanfaat, dan sukses ujian TOEFlnya ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *