Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

12 Kata dalam Bahasa Yunani yang Perlu Kamu Tau

12 Kata dalam Bahasa Yunani yang Perlu Kamu Tau

11 Kata dalam Bahasa Yunani yang Perlu Kamu Tau – Selain bahasa Latin, Bahasa Yunani juga memiliki banyak pengaruh terhadap bahasa lain di dunia, termasuk bahasa Inggris. Setelah sempat membahas Kata Serapan Latin dalam Bahasa Inggris, kali ini kita akan membahas beberapa kosa kata dalam bahasa Inggris yang diadaptasi dari Bahasa Yunani. Berikut ini 11 Kata bahasa inggris yang berasal dari bahaa Yunani yang sering digunakan dalam percakapan umum. So, kalau suatu saat ada yang bilang ke kamu “kudos to you”, kamu akan tau artinya 😀

1. Acme

Acme /ˈækmɪ/merupakan kata benda, berasal dari bahasa yunani ακμή, dengan definisi  “The top or highest point”, dalam bahasa Indonesia berarti puncak atau titik tertinggi. Contoh:

  • In 2006, She reached the acme of her career in police headquarter / Pada tahun 2006, ia mencapai puncak karirnya di markas kepolisian
  • The empire was at the acme of its power / Kerajaan itu sedang berada dalam puncak kejayaan

2. Acropolis

Acropolis berasal dari bahasa Yunani akrópolis, dengan asal kata acro- (high) dan -polis (city). Acropolis secara literal artinya kota yang tinggi, namun secara istilah bisa diartikan acropolis adalah benteng (yang dibangun di tempat yag tinggi). Saat ini, acropolis biasa diidentikkan dengan bangunan acropolis yang ada di ibukota Yunani, Athena. Meskipun kata acropolis sendiri bisa saja digunakan untuk sebutan benteng di negara lainnya. Contoh: “the acropolis is the famous acropolis that built in Athens / Acropolis adalah bangunan benteng yang terkenal di Athena”

3. Agora

Di masa Yunani kuno, Agora \ˈa-gə-rə\ merupakan sebuah pasar di mana banyak pedagang berkumpul, atau pusat keramaian. Namun saat ini, kata Agora yang merupakan noun (kata benda) bisa digunakan untuk menyebut tempat berkumpul secara umum.

4. Anathema

Anathema merupakan noun (kata benda) yang berarti laknat, kutukan atau pengharaman. Antahema juga bisa merujuk pada sesuatu yang bersifat sangat buruk dan dibenci. Contoh: “Drinking is the anathema for people in Indonesia / minum-minum (mabuk) merupakan hal yang terlarang di kalangan orang Indonesia”

5. Anemia

Anemia /ə-nē’mē-ə/ (noun), mungkin sangat sering terdengar di telinga kita. Namun ternyata, anemia juga berasal dari bahasa Yunani anaimia (asal kata: an- dan -haimia yang berarti darah), yaitu keadaan tubuh dimana kapasitas sel darah merah untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh berkurang, karena kekurangan sel darah merah. Contoh: “My sister has been suffered anemia since she was three years old / Saudara saya sudah mengalami anemia sejak usia tiga tahun”

6. Ethos

Ethos berasal dari bahasa Yunani ēthos. Ethos (pronunciation: ˈiːθɒs) berarti karakteristik dari suatu kebudayaan, atau kelompok yang ditunjukkan dengan sikap atau mental. Sinonim dari kata yang satu ini yaitu: mentality, mindset dan values.

7. Dogma

Dogma merujuk pada keyakinan dari suatu agama, ideologi, atau organisasi. Dogma bersifat taklid seperti doktrin, sehingga orang yang percaya pada dogma akan yakin dengan atau tanpa bukti kebenaran. Mereka hanya menerima bahwa dogma tersebut adalah benar. Contoh:

8. Eureka

Eureka (interjection) biasa digunakan dengan tanda seru: Eureka!. Kata serapan bahasa Yunani ini digunakan untuk mengekspresikan diri saat seseorang menemukan ide. Bisa diterjemahkan juga dengan “I have found!” “Aha! ketemu!”. Kata Eureka pertama dicetuskan oleh matematikawan yunani, Archimedes. Ketika ia mandi, Archimedes tiba-tiba menyadari bahwa volume air yang tumpah saat ia masuk ke dalam bak mandi, sama dengan volume bagian tubuh yang masuk ke dalam bak. Saat itu ia merasa sangat senang lalu meninggalkan rumah sambil berlari dan teriak “Eureka!” di sepanjang jalan.

9. Genesis

Genesis merupakan kata benda. Yang berarti kelahiran, atau permulaan. Ada banyak sinonim untuk kata genesis, yaitu beginning, onset, start, spring, dawn dan commencement. Contoh:

10. Phobia

Banyak orang yang berpikir bahwa phobia hanyalah sekadar rasa takut biasa. Padahal, phobia meliputi rasa takut pada banyak hal. Karena phobia pada dasarnya merupakan rasa takut yang irasional dan berlebihan  terhadap sesuatu. Bisa pada benda, aktivitas, situasi, orang, dan lainnya.

Selengkapnya tentang phobia, baca di: Talk About Phobia

11. Kudos

Kudos berarti pujian atau ucapan selamat atas prestasi yang telah diraih atau terselesaikannya tugas penting. Dalam bahasa Yunani maupun bahasa Inggris (British), Kudos merupakan singular noun (kata benda tunggal).  Sedangkan dalam bahasa Inggris (American), Kudos sering digunakan sebagai bentuk plural (misalnya, She deserves many kudos for this achievement / Ia pantas mendapatkan banyak pujian atas prestasinya).

oke, sahabat kampung inggris, itu dia 11 Kata dalam Bahasa Yunani yang Perlu Kamu tau. Semoga bermanfaat ya ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *