Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

12 Tips dan Trik Belajar Menulis Artikel Bahasa Inggris

tips trik menulis bahasa inggris

12 Tips dan Trik Belajar Menulis Artikel Bahasa Inggris – Hari gini gak bisa nulis bahasa inggris? Apa kata dunia? Mungkin kamu pernah mendengar beberapa celetukan seperti itu. Tak perlu khawatir jika kamu merasa salah satu dari sekian banyak orang yang belum bisa menulis artikel dalam bahasa inggris. Kalau hanya menulis satu dua kata saja adalah hal yang sangat sangat sangat mudah, lalu bagaimana jika kamu harus menulis bahasa inggris dalam satu hingga puluhan paragraf? Tentu saja itu membutuhkan keahlian dalam vocabulary, grammar, penempatan tanda baca dan lain sebagainya. Apalagi jika tulisanmu akan dibaca banyak orang, pasti kamu akan berpikir keras bagaimana caranya membuat sebuah tulisan yang enak dibaca.

Beberapa kalangan masyarakat sudah mulai membutuhkan keahlian menulis bahasa inggris, contohnya para pelajar dan dosen. Dalam dunia ilmiah atau dunia pendidikan tidak jarang kita dituntut menulis essay atau jurnal dalam bahasa inggris. Satu-satunya cara agar kita memiliki keahlian menulis (writing skill), adalah dengan belajar. Belajar menulis bahasa inggris bukan hanya melibatkan kemampuan menulis secara fisik namun pemahaman seluruh materi bahasa inggris yang ada. Bahkan bahasa inggris tulisan dan bahasa inggris lisan bisa berbeda lho, nah dengan belajar, latihan, dan terus memperluas wawasan pastinya kamu akan jago nulis inggris. Oke, untuk membantu sahabat LC Kampung Inggris yang mau belajar writing, berikut ini kami uraikan 12 Tips dan Trik Belajar Menulis Bahasa Inggris. Take a look at this!

1. Mulailah Menulis

Hal pertama dalam proses belajar adalah menumbuhkan niat dan keberanian. Meskipun awalnya salah, namun lama kelamaan pasti akan jago kok! Bagaimana kita bisa jago nulis kalau tidak mulai menulis. So, start writing right now!

2. Membaca Sebanyak-banyaknya

Every writer is readrer first. Sepakat kan, kalau semua penuli awal mulanya adalah pembaca. Karena dengan membaca, kamu akan mengetahui segala pola, grammar, bahkan kesalahan umum dalam penulisan. Baca artikel lengkap tentang tips ini di: Writing Tips: Rajin Membaca

3. Bawa Notebook Kemana-mana

Untuk membuat sebuah tulisan, pastinya membutuhkan ide. Pastikan kamu membawa buku catatan, recorder ataupun smartphone kemana-mana. Dan setiap kamu melihat ada kejadian menarik, jangan ragu-ragu untuk mencatatnya.

4. Bersahabat dengan Kamus

Kamus adalah bawaan wajib saat kamu nulis! Tanpa kamus beratti perang tanpa senjata. Bahkan, penerjemah profesional sekalipun masih butuh kamus untuk mengecek ulang translasi.

5. Peka dengan Lingkungan

Jalan-jalan sambil pegang smartphone? Boleh sih, namun akan lebih bermanfaat lagi kalau kamu melihat ke kanan kiri di sekitar kamu. Karena bisa jadi ada inspirasi di sana untuk menulis.

6. Grammar

Ada apa dengan grammar? Apakah grammar sesulit yang dibayangkan? Tentu saja tidak. Grammar akan terasa sulit pada awalnya dan jika tidak digunakan, namun jika kamu terus menulis dengan menggunakan grammar, dijamin deh bakal otomatis menggunakan grammar dengan benar seperti native speakers.

Baca juga: Tips Mudah Belajar Grammar

7. Hentikan Gangguan!

Lagi belajar nulis tiba-tiba handphone bunyi, atau ada acara TV bagus, dan di laptop muncul notofikasi facebook. TUTUP dulu semua procrastinators (pengganggu) saat belajar menulis agar fokus, dan tulisan cepat selesai.

8. Ikut Komunitas Menulis English

Tidak ada salahnya mengikuti komunitas menulis bahasa inggris. Dengan begitu, kamu bakal termotivasi untuk terus belajar karena banyak orang yang menyemangati sekaligus saling mengoreksi.

9. Siapkan Ruangan Khusus Untuk Menulis

Inspirasi dan kefokusan belajar biasanya akan muncul dari ruangan yang berish, rapih dan enak dilihat. So, pastikan ruangan mu layak untuk mulai menulis. Atau, kalau memungkinkan kamu bisa membuat ruangan khusus untuk belajar dan membaca.

10. Menulis Setiap Hari

Komitmen adalah hal tersulit dalam melakukan sesuatu. Namun, jika kamu komitmen dan secara kontinumenulis dalam bahasa inggris, dijamin deh! Bisa dengan cepat akan jago nulis english. Kamu bisa menulis apapun dalam satu hari. Entah blog, status, diary, dan lain sebagainya.

11. Bikin blog

Siapa yang hari gini tidak tau tentang blog? Blog adalah sarana menulis yang sangat baik. Melalui blog, tulisan kamu disimpan secara otomatis tanpa menuhin memori laptop. Bahkan, kita bisa menulis di blog lewat smartphone. Simple yet useful. Blog juga memungkinkan tulisan kamu dibaca oleh banyak orang sehingga mereka bisa mengoreksi atau menikmati tulisan kamu.

12. Awali dengan Kegagalan

Di dunia ini, tidak ada sesuatu yang sukses dalam satu kali kerja. Bahkan penemu lampu bohlam, komputer, penemu rumus-rumus canggih semua membutuhkan eksperimen. So, biarkan diri sendiri awal-awal menulis dengan jelek, cerita yang membosankan atau tidak nyambung, grammar yang salah dan sebagainya, karena dengan latihan akan membuat tulisan kita semakin sempurna.

Well, itu dia 12 Tips dan Trik Belajar Menulis Artikel Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

9 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *