Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

15 Fakta Unik tentang Bahasa Inggris

Fakta Unik tentang Bahasa Inggris

15 Fakta Unik tentang Bahasa Inggris – Dibandingkan dengan bahasa lain,bahasa inggris tampak lebih simpel, tapi bisa jadi anggapan simpel ini karena banyak orang tidak tau bahwa bahasa inggris memiliki banyak penemuan unik, salah tafsir, kesalahan, kata-kata yang aneh dan kata-kata yang nggak penting. Semua ada dalam bahasa inggris. So, scrolling terus sampai habis dan kamu bakal tau fakta unik tentang bahasa internasional ini. ARE YOU READY?

1. I AM (saya) adalah kalimat sempurna terpendek dalam bahasa inggris. Seperti yang kita ketahui, bahwa kalimat sempurna merupakan kalimat yang minimal terdiri dari SUBJECT + VERB. Dan I AM perfectionally punya subjek dan verb (kata kerja) itu.

2. Bahasa inggris punya PANGRAM. Yaitu dalam satu kalimat terdiri dari 26 huruf alfabet. Kalimat yang terkenal yaitu: “The quick brown fox jumps over the lazy dog”, yap kalimat tersebut adalah pangram.

3. Bahasa inggris punya kata terpanjang. Mungkin, ada yang mengira bahwa “Supercalifragilisticexpialidocious” yang berarti luar biasa, funtastic adalah kata terpanjang dalam bahasa inggris. Namun kata yang terdiri dari huruf terbanyak adalah “Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis” (total 45 huruf), yang berarti semacam penyakit paru-paru karena debu kaca dan abu vulkanik. Wanna try to pronounce it?

4. Bahasa Inggris punya Ghost word. Ghost word, seperti artinya merupakan kata hantu. Bukan karena kata nya seram, tapi karena kata tersebut tercantum dalam kamus bahasa inggris karena “kecelakaan”, misalnya karena salah ketik. Salah satu contoh ghost word dalam bahasa inggris yaitu kata “dord” yang tercantum dalam New International Dictionary of G. C. Merriam Company edisi kedua tahun 1934 (yang sekarang kita kenal dengan Merriam-Webster Dictionary). Selama 15 tahun, DORD berada dalam kamus tersebut dengan definisi Density. padahal, maksud penulis adalah “D or d” yang mudah sekali menyatu menjadi “dord”. D. or d. = (singkatan dari) Density.

5. kata terpendek, tertua dan paling sering digunakan adalah: I (saya). Dengan adanya banyak perubahan dalam sejarah bahasa inggris, kata tertua dalam bahasa asing tersebut adalah  “I,” “we,” “two,” and “three.” Namun kata “I” merupakan terpendek dan yang paling sering digunakan khususnya dalam percakapan.

6. Setiap 2 jam, ada 1 kata baru ditambahkan dalam kamus bahasa inggris. Inilah mengapa bahasa inggris menjadi bahasa yang dinamis dan terus berkembang, karena setiap dua jam, akan ada satu kata baru dalam bahasa inggris. Paling tidak, setiap tahunnya ada 4000 kata baru yang ditambahkan dalam kamus bahasa inggris.

7. Bahasa inggris adalah bahasa langit. kok bisa? maksudnya, bahasa inggris adalah satu-satunya bahasa yang digunakan oleh para pilot saat terbang di langit. Dari manapun asal negara pilot tersebut, hanya bahasa inggris yang digunakan sebagai alat komunikasi penerbangan.

8. “Girl” bukan hanya berarti anak perempuan. Dalam kultur bahasa inggris, kata “girl” yang secara harfiah berarti anak perempuan, namun biasa digunakan juga untuk menyebut anak muda atau anak kecil, entah itu perempuan atau laki-laki.

9. ‘Queueing’ merupakan satu kata yang memiliki huruf vokal (aiueo) yang berada dalam satu deretan. Ini semacam kata keberuntungan kalau kita bermain hangman ^_^

10. Pronunciation merupakan kata yang paling sering salah ucap. 1) Pronunciation merupakan kata benda, yaitu cara pengucapan. Banyak yang salah tulis menjadi pronounciation. Pronounce merupakan verb (kata kerja), yaitu mengucapkan suatu kata. 2) Pronunciation berbunyi /prəˌnʌn.siˈeɪ.ʃən/, sedangkan banyak yang salah mengucapkan seperti kata pronoun /ˈproʊ.naʊn/ yang berarti kata ganti (e.g. she, it, who).

11. 11% dari keseluruhan Bahasa Inggris adalah huruf E.

12. 80% informasi dan data dalam komputer di seluruh dunia menggunakan bahasa inggris

13. Ada 24 aksen atau dialek bahasa inggris di US. aksen bahasa inggris ini terbagi berdasar wilayah di US: Eastern New England, Boston Urban, Western New England, Hudson Valley, New York City, Bonac, Inland Northern, San Francisco Urban, Upper Midwestern, Chicago Urban, North Midland, Pennsylvania German-English, Rocky Mountain, Pacific Northwest, Pacific Southwest, Southwestern, South Midland, Ozark, Southern Appalachian, Virginia Piedmont, Coastal Southern, Gullah, Gulf Southern, Louisiana.

14. kata GOODBYE. berasal dari bahasa inggris kuno yaitu “God be with you”

15. Kamus Bahasa inggris pertama ditulis pada tahun 1755. yang ditulis oleh Samuel Johnson, dikenal sebagai A Dictionary of the English Language, juga diterbitkan sebagai  Johnson’s Dictionary.

Naaah, sob kampung inggris, apakah dengan 15 fakta Unik Bahasa Inggris ini kamu jadi lebih tertarik dan semangat belajar bahasa inggris? Semoga bermanfaat ya ^_^

Hmm, fakta unik tentang bahasa inggris sudah, lalu bagaimana dengan fakta tentang kampung inggris? Baca selengkapnya di: 35 Fakta Terbaru Kampung Inggris

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

3 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *