Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

5 Kesalahan Umum dalam Bahasa Inggris

5 kesalahan umum dalam bahasa inggri

5 Kesalahan Umum dalam Bahasa Inggris – Halo sahabat kampung inggris. Pernah gak sih ketemu sama native speaker, lalu semua tulisan dan speaking kita dikoreksi habis-habisan? Hemmm, wajar saja ya, namanya juga orang Indonesia, mother tongue kita memang asli Indonesia, jadi maklum jika harus belajar banyak tentang bahasa inggris. Menurut para bule, kita memang sering melakukan kesalahan umum dalam bahasa inggris. Selain yang terkenal, confusing words, yang seringkali salah penggunaannya, ada juga grammar yang tidak kalah seringnya terbolak balik. Paling tidak, ada lima kesalahan umum yang perlu kita ingat baik-baik dan diperbaiki.

1. I was go downtown

Hemmm, ada kata was, berarti si penulis berniat untuk menulis keadaan lampau yang artinya: Saya pergi ke kota (di waktu yang lampau). So, seharusnya kita menggunakan past tense untuk menulis kalimat yang terjadi di masa lalu. Meskipun itu beberapa menit yang lalu. Jika kejadiannya terjadi baru saja dan efeknya masih terasa hingga saat ini, kita bisa menggunakan present perfect tense: S + Has/have + V3 . Sedangkan jika kejadiannya berlalu dan selesai di waktu yang lampau, atau misal ada kejadian yang waktu terjadinya spesifik kita bisa menggunakan simple past tense : S + V2. Yuk kita lihat contohnya:

  • Present perfect tense: I have been here since a few minutes ago / Saya sudah ada di sini (hingga sekarang) sejak beberapa menit yang lalu
  • Past Tense: I lost my wallet on last monday / Saya kehilangan dompet senin lalu

Nah, bagaimana dengan I was go downtown? tentu saja itu perlu diperbaik menjadi: I went downtown (saya pergi ke kota)

2. I am student

Kalimat di atas menyebutkan bahwa “saya adalah siswa”. Yuk dicek lagi, siswa merupakan job/occupation/profession atau pekerjaan. nah, jika kita ingin menuliskan pekerjaan kita harus menambahkan artikel sebelum kata tersebut. WHY? karena pekerjaan merupakan kata benda (noun), tepatnya countable noun. Jadi kita bisa bilang there is a fisherman atau pun there are many fishermen. Juga There is a teacher in the class ataupun There are many teachers in the class.

So, I am student nyaris saja tepat. Hanya kurang sedikit, yaitu: I am a student. I am a teacher. She is an unemployment. My father is an engineer. Budi is an actor, etc.

3. I am agree

Well, pada kasus yang satu ini, masalahnya ada pada kesalahan verb (kata kerja). Coba sahabat liat, dalam kalimat tersebut mana verbnya? 1) agree (setuju) 2) am (to be, ada, adalah) WHAT? am adalah verb? Yap! am, is, are, were, was, merupakan kelas kata verb. Nah, masalahnya kamu harus memastikan bahwa dalam satu kalimat sempurna hanya ada 1 buah verb. Maka, di kalimat I am agree seharusnya menjadi: I agree, atau I disagree.

Sedangkan dalam bentuk pertanyaan, kita menggunakan: Do you agree? Did you agree? Does she agree? etc.

4. He no have money

Ho no have money seharusnya menjadi: He doesn’t have money (dia tidak punya uang). Hati-hati ya guys, kalimat di atas kurang tepat. Kalaupun mau, kalimatnya ditukar menjadi I have no money.  Dalam kalimat sempurnam peraturannya simpel kok: Subjek + Kata Kerja (S+V) nah, jika ada kalimat negative kita punya auxiliary atau verb yang membantu menjelaskan bahwa kalimat itu negatif. Auxiliary ada macam-macam. termasuk be, do, did, would, have, can, dan lainnya. Contoh penggunaan auxiliary:

  • I wouldn’t pay his loss / Saya tidak mau membayar kerugiannya
  • She didn’t attend the class for twice in a week / Dia tidak masuk kelas dua kali seminggu
  • I don’t have any idea to solve this problem / Saya tidak ada ide untuk menyelesaikan masalah ini

5. I knew downtown yesterday

Dalam kalimat di atas, si penulis ingin menjelaskan bahwa kemarin, ia pergi untuk melihat-lihat isi kota. Nah, penulisan I knew downtown yesterday kurang tepat. Untuk menuliskan niat jalan-jalan ke kota si penulis, kita bisa menggunakan alternatif lainnya, yaitu:

  • I want to explore the city
  • I travelled around downtown yesterday
  • My son got to know the capital city of east java
  • Last week, they visited my hometown
  • We are going to explore papua next month

Nah, sudah tau kan 5 Kesalahan Umum dalam Bahasa Inggris. Kalau sudah tau, tunggu apa lagi? Yuk segera diperbaiki. Gimana caranya? ada beberapa tips penting untuk memperbaiki kesalahan yang sering terjadi secara tidak sengaja. Yang pertama: repeat, repeat, and repeat. alias diulang ulang terus ya belajar grammarnya. kedua: jangan hanya dihafal tapi juga digunakan. Kami pernah menjelaskan dalam salah satu tips writing, agar menulis dengan grammar tanpa berpikir lagi, kita harus sering-sering mempraktikkannya. Entah itu dengan membuat tulisan biasa, menulis di buku diary atau bahkan mengupdate status di tiap social media menggunakan bahasa inggris. Dan yang ketiga: malu bertanya sesat di jalan. Kalau sahabat LC ragu dengan tulisan atau speakingnya apakah sudah memenuhi kaidah grammar, kalian bia mengikuti kursus bahasa inggris. Misalnya, di Kampung Inggris pare yang sudah mahsyur terkenal sebagai pusat belajar bahasa inggris di Indonesia. Kamu bisa bertemu dengan para tutor yang ahli grammar di sini.

Jangan lewatkan juga tips penting lainnya, baca selengkapnya di: Tips Menulis Artikel Bahasa Inggris

Selamat belajar, wish you luck ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *