Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

5 Tips Belajar Bahasa Asing

5 Tips Belajar Bahasa Asing

5 Tips Belajar Bahasa Asing – Pingin keliling dunia tanpa harus khawatir soal bahasa? Coba dng belajar menguasai berbagai bahasa asing yang ada di dunia. Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa internasional, namun akan lebih asik jika kita juga bisa menguasai bahasa asing lainnya seperti bahasa Prancis, bahasa Jerman, bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Thailand, dan bahasa Turki. Lagipula, orang yang mampu menguasai berbagai bahasa, atau biasa disebut dengan polyglot, umumnya lebih cerdas dan otak lebih awet muda. Nah, bagi kamu yang ingin belajar bahasa asing juga, ini dia beberapa tips agar belajar bahasa asing menjadi lebih mudah.

1.Mempraktikkan Contoh Kalimat dan Ekspresi

Masih ingatkah bagaimana dulu anak-anak SD di Indonesia menghafal berbagai ekspresi dalam bahasa inggris? Seperti misalnya, ketika ada yang bilang “Thank you” maka text book di sekolah mengajarkan untuk menjawab “You are welcome” tanpa kita tau unsur grammarnya, mengapa harus you are welcome? Dan sebagainya. Sama halnya dengan ketika kita belajar mengenal kalimat dalam bahasa inggris, yang pertama kita kenal adalah bentuk kalimatnya dulu. Seperti jika ada yang bertanya “Do you speak english?” akan sangat berguna jika kita mengetahui jawaban “Yes, I learn english” padahal, kita belum tau bahwa I learn english adalah bentuk present tense, dan mengapa harus menggunakan tense tersebut.

Poin pentingnya adalah, ada baiknya kita mengetahui dan mempraktikkan contoh-contoh kalimat dan ekspresi yang sudah fiks seperti contoh sebelumnya. Bukan berarti kita tidak belajar grammar, karena pastinya sahabat kampung inggris semua sudah tau kan betapa pentingnya belajar grammar. Namun dengan hanya fokus belajar grammar tanpa mulai belajar praktik menulis atau speaking akan memperlambat proses belajar, dan biasanya malah jadi takut nulis atau takut ngomong karena khawatir salah grammar. Paling tidak, kita sudah bisa merespon dan bicara bahasa inggris, meskipun masih ada kekurangan dalam grammar. So, boleh deh serng-sering menggunakan ekspresi idiom “It’s raining cats and dogs” dan sesekali menggunakan kalimat denotasinya, “It will rain heavily”. Try this!

2. Manfaatkan Kesamaan Kata Bahasa Asing dengan Bahasa Asli

Ada banyak kata dalam bahasa asing yang memiliki kemiripan bunyi maupun kemiripan ejaan dengan bahasa asli. Misalnya saja, dengan bahasa kita, bahasa Indonesia:

Kapten [Ina] dengan Captain [Eng]

Apel [Ina] dengan Apfel [Jerman]

Helikopter [Ina] dengan hélicoptère [Prancis]

Jika bahasa asing dan aslinya jauh berbeda seperti bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris, kita bisa cari kemiripannya berdasar bunyi pelafalan kata. Contohnya, pada kata I /ai/ dengan saya (mirip ai dan ay), kata you /yu/ dengan kamu ( sama-sama berakhiran u), begitu juga we /wi/ dengan kami (sama-sama berakhiran i).

3. Jadikan Bahasa Asing, Sebagai Sebuah Kebiasaan

Terbiasa dengan bahasa asing? Hmmm, mungkin itu hanya akan terjadi jika kita tinggal di negara asing juga. Tapi sekarang, semua bisa diatur dari rumah! Dengan berbagai tips dan triknya, kita bisa “menenggelamkan” diri dalam bahasa Inggris meskipun hanya di dalam rumah.

Ada banyak cara untuk menjadikan bahasa asing sebagai sebuah kebiasaan. Pertama, melalui internet, sekarang kita bisa menonton berbagai video bahasa asing, termasuk melalui lirik lagu. Dengan menonton film, video dokumenter dan lagu kita bisa mengenali berbagai aksen bahasa asing, kebudayaan, dan percakapan serta kebiasaan mereka sehari-hari. Dengan menyanyi, juga bisa membantu speaking kita lebih baik. Menyanyi bisa melatih pronunciation dan agar kita terbiasa dengan bahasa asing. Kedua, mulailah mebcari teman ngobrol yang merupakan native speaker dari negara asing. Kita bisa menjadikan mereka pen-pal (sahabat pena) dan mulai menulis bahasa asing, dengan mempraktikkan apa yang sudah kita pelajari. Ketiga, lakukan serba english, atau serba bahasa asing yang kamu pelajari. Misalnya, chatting dengan bahasa asing, update status FB dengan bahasa asing, nulis blog dengan bahasa asing, menempel berbagai tulisan berbahasa asing di setiap dinding kamar dan benda-benda dalam rumah menggunakan sticky-note. Dan terakhir, jika kamu mau ngomong dengan diri sendiri (selftalk) di dalam pikiran, usahakan juga menggunakan bahasa asing tersebut.

4. Belajar Setiap Hari

Belajar secara kontinu adalah kunci keberhasilan dalam mempelajari bahasa asing. Paing tidak, dalam sehari upayakan untuk menghafal lima hingga sepuluh vocab baru dalam bahasa asing yang kamu pelajari.Untuk menghafal vocab dengan mudah, kamu bisa menggunakan sticky-note seperti di atas, yaitu dengan menempelkan bahasa inggris dari setiap benda di sekitar dengan sticky-note. So, tiap kali melihat isi rumah, kita juga sedang belajar bahasa asing. Agar ingatan lebih awet, jangan hanya dihafal tapi juga digunakan, ditulis, dan bicara menggunakan vocab baru tersebut.

5. Don’t give up!

Ada sebuah quote yang menarik, “A winner never quit, aquitter never win” Seorang pemenang gaka akan pernah menyerah, dan seorang yang menyerah tidak akan menang. Belajar bahasa asing tidak seinstant membalikkan kedua telapak tangan. Butuh waktu dan proses, kadang harus menerima bahwa masih banyak salah grammar, salah vocab, pronunciation belum lancar, dan lainnya. Namun dengan menyerah, berarti habislah sudah dan kita tidak akan pernah bisa. Dan yang lebih penting, kita sedang belajar bahasa, bukan matematika! So, belajarlah dengan enjoy dan hepi, lama-kelamaan kita akan terdengar seperti native speaker.

Itu dia 5 Tips Belajar Bahasa Asing yang bisa kami share kali ini. Ikuti terus english learning dari LC Kampung Inggris, dan kamu akan dapatkan banyak tips belajar bahasa inggris lainnya J

Baca juga yuk, tips agar listening lebih oke!, selengkapnya di: Tips Meningkatkan Kualitas Listening

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *