Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

6 Tips Mengurangi Eror dalam Menulis

6 Tips Mengurangi Eror dalam Menulis

6 Tips Mengurangi Eror dalam Menulis – What? Nulis? Bukankah menulis adalah satu hal yang sangat gampang? Siapa saja bisa menulis tulisan apa saja. Tinggal coret, jadi deh! Eit, kali ini kami tidak mengulas sembarang tulisan, melainkan tulisan yang berupa essay, artikel, atau tulisan ilmiah, khususnya yang berbahasa Inggris. Ternyata, menulis bukan hanya untuk sekadar menuangkan ide, namun berbagai fakta menunjukkan bahwa skill menulis dalam bahasa Inggris itu penting lho! Survey menunjukkan bahwa 4 dari 5 pelajar tidak mampu menulis secara baik dan benar sesuai grammar. Ditambah lagi, hanya 27% pelajar yang bisa menulis essay atau artikel yang berbobot dengan penggunaan bahasa Inggris yang tepat. Padahal, di dunia kerja skill tersebut sangat dibutuhkan. Kebanyakan  karyawan yang tidak mampu menulis dengan baik dan benar sulit mendapat pekerjaan atau promosi di kantornya. Dan di dunia, sekitar 80% perusahaan di sektor jasa, keuangan, asuransi, dan real estate menjadikan menulis essay sebagai salah satu tes dalam seleksi pegawainya (www.grammarcheck.net).

Ketika mendengar berita tersebut kamu semakin merasa bahwa menulis dalam bahasa Inggris adalah hal yang sangat sulit? Hmm, tenang dulu, karena LC Kampung Inggris akan membantu kamu dengan memberikan 6 tips dalam mengurangi eror saat menulis. Take a look!

1. Tulis Dulu Semua Ide-mu

Dalam proses menulis, ada dua tahap yaitu: tulis, tulis dan tulis. Dan kedua: edit, edit, dan edit. Dan kita tidak bisa melakukan keduanya secara bersamaan. Grammar memanglah yang terpenting, namun saat pertama menuangkan ide, jangan menghambatnya dengan fokus pada kesalahan grammar dan spelling. Lekas tulis saja semua yang ada di kepala, setelah selesai barulah melakukan pengeditan atau pengecekan pada tulisan.  Apakah ada salah grammar, spelling, atau ada info yang salah, kurang lengkap atau mungkin kelebihan jumlah kata.

2. Jangan Terburu-buru

Give yourself more time, dan jangan tergesa ingin cepat selesai dalam menulis. Pastikan semua ide tersampaikan namun juga tidak ada kesalahan dalam penulisan. Karena tulisanmu, tentunya  akan dibaca orang. Jika ada tulisan yang membingungkan pembaca karena salah ketik, pastinya pesan dalam tulisan jadi tidak tersampaikan dengan baik.

3. Print Essay-mu

Agar lebih mudah dalam proses editing, lebih baik kamu mencetak dulu tulisanmu. Dengan begitu, kamu bisa membaca print out tulisanmu dengan lebih leluasa, dengan pencahayaan yang baik, dan pastinya lebih detil. Kamu bisa gunakan kertas bekas untuk menghemat!

4. Minta Bantuan Proofreader

Proofreader adalah orang yang berkeahlian dalam tulis menulis bahasa Inggris. Ia akan membantu kita mengedit tulisan agar sesuai dengan kaidah bahasa Inggris.Namun, proffreader profesional biasanya membutuhkan biaya jasa. So, kamu bisa kok meminta bantuan teman kamu untuk membaca ulang artikel bahasa Inggrismu untuk memberikan pandangan yang berbeda terhadap tulisanmu.

5. Sering Membaca

Ada yang bilang bahwa, “sebelum menjadi penulis, sesorang pastilah seorang pembaca”. Membaca buku, koran, blog, dan media info lainnya bukan hanya memberi kita masukan ide untuk tulisan, namun juga melatih  kita agar terbiasa dengan kaidah grammar yang benar. So, pastikan agar kamu terbiasa membaca tulisan-tulisan dengan grammar yang benar. Misalnya, jurnal ilmiah, koran, atau essay ilmiah.

6. Fokus Menyelesaikan Eror Satu per Satu

Dalam proses mengedit, mungkin sekilas akan kita temukan banyak kesalahan. Namun pastikan agar kamu mengoreksinya satu per satu, agar detil dan semua eror dapat dibenahi.

Nah, Sahabat Kampung Inggris, itu dia 6 tips untuk mengurangi error dalam menulis. Hope it’ll help you guys 😀

Baca juga tips yang gak kalah pentingnya: Tips Membaca Artikel Bahasa Inggris

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *