Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

7 Kesalahan Umum dalam Grammar

kesalahan umum dalam grammar

7 Kesalahan Umum dalam Grammar – Bicara soal menguasai bahasa inggris, kita tidak bisa memilih-milih. Misalnya, saya hanya mau belajar speaking atau grammar saja, namun belajar bahasa inggris adalah mempelajari semua aspek mulai dari listening, speaking, reading, writing, dan grammar. Belajar bahasa inggris memang susah-susah gampang, apalagi kalau sudah bertemu dengan grammar atau tata bahasa. Sembarangan menggunakan kalimat, bisa berubah artinya. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa kesalahan umum yang bisa dilakukan english learners dalam grammar. Apa saja itu?

1. Today morning I woke up late

Secara pemilihan tenses, kalimat di atas sudah benar yaitu menggunakan simple past tense dengan verb kedua yaitu woke up. Hanya saja, time signal yang digunakan kurang tepat, bukan today morning melainkan this morning. Sehingga, kalimat seharusnya menjadi:

Today morning I woke up late

This morning I woke up late / Pagi ini saya terlambat bangun

2. What’s the different?

What’s merupakan bentuk singkat dari what is. Apa yang salah? yap, maksud kalimat di atas yaitu apa perbedaannya? Tidak seharusnya kita menggunakan diferent karena different merupakan adjective (kata sifat) sedangkan dalam kalimat tersebut kita membutuhkan noun, yaitu difference. Penggunaan different yang tepat yaitu, misalnya: I have three different books. Koreksi kalimat yang benar yaitu:

What’s the different?

What’s the difference? / apa perbedaannya?

3. I met him one year before

Kesalahan umum pada kalimat di atas yaitu pada kata before, karena before umumnya digunakan sebelum sesuatu, misalnya: A: when will you go home? B: Before 4 pm. Namun pada kalimat di atas, before seharusnya diganti menjadi ago. Sehingga, mari kita lihat kalimat yang betul:

I met him one year before

I met him one year ago  / saya bertemu dengannya setahun lalu

4. This is a four-months course

Melihat sekilas kalimat di atas, semua baik-baik saja. Namun ada sedikit eror di sana. Coba lihat frase four-months seharusnya month tidak menggunakan ‘s’ sehingga menjadi four-month. WHY? karena four-month merupakan ekspresi adjective untuk menerangkan course. Artinya yaitu kursus empat bulan. Koreksi:

This is a four-months course

This is a four-month course / Ini adalah kursus empat bulan

5. I really enjoyed

Kata enjoyed merupakan transitive verb. Artinya, verb tersebut membutuhkan objek, misalnya: I enjoyed the party. Namun, jika tidak ada objek maka enjoyed menjadi reflexive verb dimana kata kerja tersebut menggunakan pronoun yang sama dengan subjek. I >> myself, you >> yourself, He >> himself, dan seterusnya. Sehingga, klaimat yang benar yaitu:

I really enjoyed

I really enjoyed myself / saya benar-benar merasa asik

6. Did you loose your purse?

Kesalahan umum pada kalimat di atas yaitu pada kata loose. Seharusnya, kita menggunakan lose. Loose merupakan adjective yang artinya longgar, sedangkan lose merupakan verb yang artinya kehilangan. Sehingga kalimat yang benar adalah:

Baca selengkapnya di: Lose vs. Loose

Did you loose your purse?

Did you lose your purse? / Apakah kamu kehilangan dompet?

7. Yes, I have a free time

What’s wrong with that? Nah, kali ini ada pada artikel ‘a’ sebelum free time. mengapa kita tidak bisa menggunakan artikel ‘a’, karena time merupakan uncountable noun (kata benda tidak dapat dihitung) sehingga tidak memerlukan artikel a/an. Artikel tersebut hanya digunakan jika benda-nya dapat dihitung seperti: an apple, a book, an egg, a glass, etc. So, kalimat yang benar yaitu:

Yes, I have a free time

Yes, I have free time / Ya, saya punya waktu kosong

Well, itu dia 7 Kesalahan Umum dalam GrammarCara terbaik untuk menghindari kesalahan grammar lainnya adalah dengan mempelajari aspek grammar, entah itu melalui belajar online maupun melalui kursus bahasa inggris. Beberapa tempat kursus, seperti di kampung inggris tentunya memiliki program untuk mengasah grammar, bahkan mulai dari nol. Sering berlatih juga bisa mempercepat penguasaan grammar. kamu bisa mulai melakukan latihan reading, writing, dan mengerjakan soal grammar. We hope you did well ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *