Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

8 Cara agar Kamu Jago Writing

8 Cara agar Kamu Jago Writing

8 Cara agar Kamu Jago Writing – Agar bisa menulis dengan baik dibutuhkan latihan terus menerus dan tekad yang bulat. Apalagi untuk membuat tulisan dalam bahasa inggris. Bukan hanya skill menulis secara umum, namun juga skill bahasa inggris. Belajar menulis dalam bahasa inggris membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kita semua bisa kok, asal berusaha sebaik mungkin.

Hal pertama adalah menentukan kenapa sih kita mau belajar nulis? Beda orang bisa beda alasan. Ada yang latihan menukis karena tuntutan pekerjaan, tuntutan sekolah atau kuliah, atau ingin jadi blogger, dan lainnya. Berikut ini 8 tips agar kamu bisa mengimprove skill menulis! Cekidot.

  1. Biasakan Menulis di Satu Tempat

Kamu bisa membeli notebook ataupun mendownload electronic notebook di laptop maupun di smartphone. Sering-seringlah menulis di satu tempat. Usahakan semua tulisan baik iseng maupun sengaja menulis, tidak tercecer. Dengan begitu, kita bisa mereview lagi dan lagi tulisan lama kita, dan mengetahui seberapa jauh skill menulis kita berkembang.

  1. Latihan Menulis SETIAP HARI

Hal penting yang perlu sahabat tau adalah, bahwa skill menulis bukan muncul secara instant namun lahir dari kebiasaan menulis. Semakin sering seseorang menulis (baik formal maupun informal), maka dia akan semakin lihai dan tulisannya semakin enak dibaca. Menulis tiap hari dalam bahasa inggria akan membuat tulisan english kita semakin natural dan mengalir. Jika tidak dilakukan tiap hari, kita gak bisa melihat perkembangan kemampuan diri sendiri. So, pastikan tiap hari minimal satu tulisan berbahasa inggris!

  1. Pilih Topiknya, lalu Tulis!

Kadang, banyak orang yang stuck di awal sebelum menulis. Mereka bingung akan memilih topik apa untuk ditulis. Memilih topik memang susah-susah gampang. Topik yang ditulis setiap hari bisa apa saja, yang ada di diri kita maupun di sekitar. Kalo bener-bener lagi stuck, kamu bisa jalan-jalan atau baca buku/artikel di internet sebagai sumber inspirasi tulisan kita.

  1. Baca Lagi Tulisan Kamu!

Apapun yang ada di kepala, tulis aja! Biarkan mengalir dulu dan jangan hiraukan masalah grammar dan lainnya. Setelah menukis pertama kali, berarti kita membuat draft. Draft adalah tulisan mentah sebelum dipublish. Dalam draft, bisa jadi ada info yang kurang lengkap dan grammar yang masih acakadul. Namun dengan membaca dan membaca lagi draft kita, maka akan ada tambahan info, ganti vocab yang lebih pas atau mengoreksi grammar. Dengan sering edit draft, maka tulisan akan lebih sempurna.

  1. Gunakan Panduan Mengoreksi Grammar

Apakah grammar jadi salah satu penghambat kamu dalam menulis? Kalau iya, jangan khawatir guys karena kita tidak harus langsung tau semua tentang grammar. Apalagi dalam tulisan, kita bisa sambil belajar grammar dan menggunakan bantuan panduan grammar yang saat ini sudah tersedia secara online. Yup, bagi kamu yang simple dan gak suka ribet, pasti males membawa buku-buku grammar ke mana pun. Oleh karenanya, beberapa web untuk mengecek grammar ini pasti sangat berguna buat kamu. Seperti grammarly, grammarcheck dan grammarbook.com. untuk masalah spelling, di ms word baik via PC maupun smartphone umumnya menyediakan spelling-checker jika tulisan dalam bahasa inggris.

  1. Berpikir Kreatif

Menulis dengan topik yang sama setiap hari akan membuat kita sendiri bosan. Coba buat tulisan dari sisi tang berbeda. Misal ya, saat mengunjungi sebuah tempat wisata, kita bisa menulis dari sudut pandang wisatawan, lalu apa yang sekiranya petugas kebersihan rasakan selama bekerja saat tempat wisata ramai, dan sebagainya.

  1. Proofread

Proofread bisa juga dibilang second opinion. Yakni tulisan kita yang sudah final, dibaca atau diedit lagi oleh teman kita. Sehingga kita bisa tau pandangan yang berbeda pada tulisan, baik dari segi informasi, vocab maupun grammar. Atau, bisa juga kita meminta seseorang untuk membantu kita di saat sedang stuck. Proofread tidak harus oleh profesional, namun juga bisa dilakukan oleh teman kita jika memungkinkan. Dengan begitu, kita bisa tau kesalahan yang muncul dalam tulisan tapi kuta tidak melihatnya.

  1. Cari Tempat yang Nyaman

Menulis seringkali diidentikkan dengan mood atau perasaan. Perasaan yang nyaman bisa jadi harus ada di tempat yang nyaman pula. Misalnya kamu tipikal orang yang tidak bisa fokus di saat ramai, atau kamu tipe orang yang bisa menulis di malam hari. Try to find your most comfortable place to write!

Nah, sahabat kampung inggris itu dia 8 tips agar jago menulis dalam bahasa inggris. Tunggu apa lagi? Yuk kita coba tipsnya dan belajar lebih banyak lagi.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *