Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Agar Anak Anda Suka Belajar Bahasa Inggris

agar anak anda menyukai bahasa inggris

Agar Anak Anda Suka Belajar Bahasa Inggris – Orang tua mana yang tidak ingin anaknya menjadi cerdas? Kalau Anda adalah salah satu dari orang tua yang ingin anaknya punya IQ tinggi, cerdas dan berwawasan luas, mengapa tidak mencoba untuk mulai mengajari anak bahasa asing? Konon katanya, semakin banyak seseorang belajar bahasa asing, bisa membuat otak “awet muda”. Otak manusia mampu bekerja lebih banyak lagi kalau kita belajar bahasa baru. Dan semakin otak bekerja, maka semakin baik. Seperti sebuah mesin, kalau lama ditinggalkan akan berkarat dan rusak, namun jika sering dipakai justru akan membuat mesin tetap dalam kondisi fit. Jadi para orang tua bisa mulai mengajarkan bahasa asing nih untuk anak-anaknya. Lebih bagus lagi jika para orang tua juga ikut belajar bahasa asing.

Bahasa Inggris = Bahasa Asing

Di dunia ini, kita mengenal minimal 3 bahasa: 1) Bahasa ibu atau biasa disebut mother tongue. Bahasa ibu juga dikenal dengan bahasa asli sebuah penduduk. Contohnya, bahasa ibu orang Indonesia adalah bahasa Indonesia. Mengapa disebut bahasa ibu?  Karena bahasa tersebut digunakan sejak lahir, artinya seseorang telah terbiasa dengan bahasa tersebut sejak dalam kandungan sampai dewasa. Maka, bahasa ibu ini juga sering digunakan sebagai bahasa utama atau the first language, yaitu bahasa yang secara resmi digunakan dalam suatu negara 2) Bahasa Kedua. Selain satu bahasa yang resmi digunakan oleh suatu penduduk di satu negara, ada juga bahasa kedua yang digunakan oleh penduduk tersebut. Sebagai contoh, di beberapa negara seperti India, mungkin kita sering melihat mereka menggunakan bahasa asli India namun terkadang juga menggunakan bahasa inggris  3) Bahasa Asing. Merupakan bahasa yang tidak digunakan secara resmi di suatu negara tapi merupakan bahasa utama di negara lain. Contohnya, bahasa jerman merupakan bahasa asing bagi orang Indonesia. Begitu juga dengan bahasa inggris, masih termasuk bahasa asing di Indonesia.

Bagaimana Agar Anak Suka Bahasa Inggris?

Tertarik untuk mengajari anak Anda bahasa inggris namun bingung bagaimana cara memulainya? Cara pertama adalah membuat anak-anak menyukai bahasa inggris. Setelah mereka suka, pastinya akan dengan mudah kita mengajari bahasa inggris. Karena dalam beberapa kasus, ada anak-anak yang sudah menyerah sebelum belajar, karena mereka merasa kesulitan dalam banyak hal. Wajar saja, karena bahasa inggris sangat berbeda dari vocabnya, preposition, cara membuat kalimat, dan cara pengucapan. Maka, satu hal wajib bagi para orang tua adalah bagaimana anak having fun dengan bahasa inggris. Semoga beberapa tips ini bisa dicoba untuk anak-anak di rumah:

1. Memutarkan Film dan Lagu Bahasa Inggris

Tampaknya, cara ini adalah yang paling efektif. Karena anak-anak pasti suka dengan video dan musik, sehingga kita hanya perlu memvariasikan film dan lagu untuk mereka agar ada film berbahasa inggris dan juga bahasa Indonesia. Bagaimana ibu mendapatkan video belajar bahasa inggris? Di era teknologi saat ini, sangat mudah mendapatkannya di youtube, ataupun banyak website yang khusus untuk belajar anak menyediakan video dan lagu bahasa inggris untuk anak. Coba deh, hanya dengan menyetel saja anak-anak akan suka dan terbiasa.

2. Menempel Poster Bahasa Inggris yang  Menarik

Poster dengan gambar dan warna yang menarik pastinya disukai oleh anak-anak. Anda bisa menempelkan poster berbahasa inggris seperti alphabet, kind of animals, kind of vehicles, family tree, dan sebagainya di spot-spot tertentu di rumah. Orang tua juga bisa lho membuat sticky note bahasa inggris lalu ditempel di benda tertentu. Misalnya, membuat sticky note BATH ROOM di pintu kamar mandi, atau WINDOW di jendela, dan seterusnya. Usahakan sticky note-nya berwarna dan dengan tulisan menarik

3. Mengajak Anak Menyanyi dan Bermain

Menyanyi dan melakukan permainan? Pasti donk anak-anak menyukainya. Para orang tua memang harus kreatif kalau ingin anak-anak juga jadi insan cerdas dan kreatif. Coba ajak bernyanyi bahasa inggris agar mereka biasa menyebut dan mendengar kata-kata bahasa inggris. Lagu yang simpel juga bisa Anda dapatkan di youtube dan website lainnya. Termasuk permainan, para orang tua memang butuh effort lebih besar untuk memikirkan ataupun mengeluarkan uang untuk membeli mainan yang bermanfaat untuk peningkatan bahasa inggris anak. Misalnya, ibu dan ayah bisa membuat atau membeli ular tangga bahasa inggris untuk anak.

4. Membiasakan Bahasa Inggris di Rumah

Bisa karena terbiasa. Selain agar anak bisa bahasa inggris, kebiasaan menggunakan bahasa internasional tersebut di rumah bisa membuat anak tidak alergi dengan bahasa inggris. Sehingga, jika di sekolah anak-anak menemui pelajaran bahasa inggris, mereka akan lebih antusias karena di rumah pun orang tua telah banyak mengajari mereka.

5. Kursus Bahasa Inggris untuk Anak

Ini adalah cara plus plus jika orang tua memang memiliki dana yang cukup untuk mengkursuskan anak-anak bahasa inggris. Di tempat kursus, anak-anak akan lebih banyak media belajar, lebih banyak partner, lebih banyak pengalaman, sehingga mereka akan lebih senang dengan bahasa inggris. Jika dirasa kursus setiap minggu agak berat, ayah dan bunda bisa mencoba mengikutkan anak-anak pada program liburan untuk belajar bahasa inggris. Program tersebut bisa Anda temui di kampung inggris Pare. Biasanya, pada musim liburan di kampung inggris, anak-anak sekolah akan ramai ke kampung tersebut untuk mengikuti program holiday satu hingga dua minggu.

Penasaran dengan program holiday for kids? Baca selengkapnya di: Suasana Liburan di LC Kampung Inggris

Nah itu dia tips Agar Anak Anda Suka Belajar Bahasa Inggris. Bagaimana, mau mencobanya dari sekarang? Semoga sukses dan bermanfaat ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *