Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Ajak Anak Belajar Bahasa Inggris lewat Lagu, Why Not?

belajar bahasa inggris, tips belajar bahasa inggris

Ajak Anak Belajar Bahasa Inggris lewat Lagu, Why Not? – Dear para orang tua di seluruh dunia! Pingin gak sih punya anak yang jago cas cis cus berbahasa Inggris? Pastinya semua orang tua ingin anaknya menguasai bahasa Internasional tersebut. Jika iya, berarti Anda bisa memulai mengajarkan bahasa inggris pada anak sejak dini, tentunya di usia yang tepat untuk mereka mempelajari bahasa asing. Salah satu cara agar anak enjoy belajar bahasa inggris adalah menggunakan lagu anak. Mari kita bahas beberapa tips bagi para orang tua maupun guru bahasa Inggris dalam mengajarkan anak-anak bahasa inggris lewat lagu. Take a look please 🙂

Mengapa Menggunakan Lagu?

Seperti yang kita ketahui, bahwa dengan lagu, kita akan mengulang-ulang lirik di dalamnya. Selain itu, setiap lagu punya ritme yang khas dan cenderung mudah diingat. Lagu tersebut, lebih mudah untuk dipelajari oleh anak-anak dan mereka juga pasti senang dengan lagu bergenre anak-anak yang ceria dan familiar. Lagu bisa membuat anak-anak hepi dan memotivasi mereka untuk belajar bahasa inggris. Dalam sebuah lagu, secara alami anak-anak bisa belajar bahasa inggris, misalnya structure dan vocabulary.

Mungkin kita seringkali menemui anak-anak yang malu untuk berbicara atau bahkan presentasi dalam bahasa Inggris. Namun dengan lagu, anak-anak bisa tampil lebih pede bahkan untuk anak yang pemalu sekalipun mereka bisa menikmati lagu bahasa inggris dan berjoget atau beraksi diiringi lagu bersama teman-teman di kelas, karena mereka merasa senang dan nyaman. Satu lagi nih bunda, anak-anak biasanya merasa bangga dengan apa yang telah mereka pelajari di sekolah, dan akan pamer dengan teman-teman dan keluarga di rumah. Maka, mereka akan lebih mudah menyanyikan lagu bahasa Inggris di rumah ketimbang mengulang hafalan vocab yang monoton.

Kebanyakan lagu bisa membangun memori dan konsentrasi pada anak. Apalagi jika lagu tersebut diiringi gerakan, sehingga bukan hanya telinga yang menjadi sarana menyerap informasi namun juga seluruh tubuh berkordinasi untuk menangkap materi bahasa Inggris melalui lagu dan gerakannya. Bagi seorang guru, lagu bahasa inggris bisa menjadi pemberi kesan pertama yang sangat baik untuk memulai pelajaran bahasa inggris mereka. Selanjutnya, barulah mereka bisa menghubungkannya dengan materi lain dalam bahasa inggris.

Tips Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu untuk Anak

1. Mengajarkan Grammar Lewat Lagu

Beberapa lagu anak, menyediakan lirik lagu yang bisa kita ambil pelajaran grammar-nya. Atau, kita bisa membuat lagu tersendiri yang memang fokus pada grammar yang hendak diajarkan. Sehingga, setelah belajar melalui lagu, anak-anak bisa melanjutkan pelajaran di kelas seperti biasa sesuai dengan tujuan belajar grammar yang ada dalam lagu. Bagi anak-anak yang masih kecil dan masih belajar grammar yang paling dasar, lagu-lagu tersebut sangatlah berguna.

Beberapa lagu seperti lagu berjudul ‘Quiet, please!’ mengandung lirik dengan konten structure seperti ‘Can I have…?’ dan ekspresi lainnya yang bisa berguna untuk pembelajaran di dalam kelas. Atau dengan lagu berjudul ‘Over the Mountains’ yang berisi present continous tense dalam tema travelling. Kamu bisa mencari tau lebih banyak lagu-lagu ini di internet, salah satunya melalui website British Council http://learnenglishkids.britishcouncil.org

2. Belajar Vocabulary di dalam Lagu

Tahukah kamu bahwa ada jutaan vocabulary dalam bahasa inggris? Bagaimana caranya agar anak-anak bisa mulai menghafalnya, mengetahui artinya, dan belajar menggunakannya? Jawabannya, adalah dengan lagu. Belajar vocab untuk anak lewat lagu sangat memudahkan anak mengingat vocab yang dipelajari. Pasalnya, manusia bisa menghafal atau memahami sesuatu dengan mengulang-ulangnya berkali-kali. Dalam lagu, vocabulary yang sesuai untuk anak-anak akan diulang-ulang. Dan lebih bagus lagi, anak-anak tidak mudah bosan justru senang mendengarkan terus lagu tersebut. Contohnya, pada lagu ‘Pizza and Chips’ mengajarkan nama-nama hari dalam seminggu. Juga lagu klasik yang sangat terkenal, ‘Old Macdonald had a Farm’ yang mengandung vocab bertopik animal.

3. Melatih Listening

Banyak juga lagu anak-anak yang berdurasi cukup panjang dengan ragam structure dan vocabulary yang lebih besar. Lagu semacam ini sangat membantu kemampuan listening anak-anak. Misalnya pada lagu ‘The ballad of Lisa the Lemur’ yang bercerita tentang hutan hujan tropis, hewan yang terancam punah, dan pengetahuan lingkungan secara umum. Ataupun lagu-lagu disney yang umumnya berkaitan dengan cerita legenda mereka. Meskipun lagunya panjang, namun lagu ini cocok untuk anak-anak dari kandungan ceritanya maupun untuk latihan listening mereka. Untuk itu, kamu juga bisa print lirik lagunya sehingga anak-anak bisa mencocokkan antara lagu yang didengar dengan lirik aslinya.

4. Bernyanyi

Selanjutnya, libatkan anak-anak untuk ikut bernyanyi lagu yang mereka pelajari. Menyanyikan lagu secara bersama-sama bisa meningkatkan partisipasi mereka di dalam kelas. Setelah mereka enjoy dan hafal lagunya, mereka akan mengulang-ulangnya terus hingga hafal vocab dan structure di dalamnya.

Anak-anak pasti suka bernyanyi dan akan meningkatkan motivasi belajar mereka, karena suasana belajar bahasa inggris menjadi lebih menyenangkan. Menyanyi juga bisa membantu pronunciation anak-anak dalam speaking english. Biasanya, untuk anak-anak SD atau di bawahnya hanya belajar mengucapkan satu kata, namun dengan bernyanyi lagu bahasa inggris, anak-anak bukan hanya belajar satu kata namun satu frasa atau satu ekspresi. Secara bersamaan, mereka akan belajar vocab/frasanya, bagaimana bunyinya, dan bagaimana cara mengucapkannya. Contohnya, lagu ‘The Alphabet Song’ yang sangat terkenal itu bisa sangat membantu anak-anak untuk belajar abjad dan ejaan bahasa Inggris.

Lalu, apa yang bisa guru lakukan setelah mereka bernyanyi lagu bahasa inggris? Anda bisa memvariasikan kegiatan setelahnya. Misalnya dengan kegiatan tebak vocab menggunakan gerakan, drama, kuis vocab, puzzle structure, dan sebagainya. Well, semoga sahabat Kampung Inggris yang merupakan guru bahasa inggris, bisa memanfaatkan ulasan tentang mengajak anak belajar bahasa inggris lewat lagu  ini ya. Ganbatte!

Belajar bahasa inggris untuk anak, bisa juga menggunakan ini lho: Games untuk Belajar Bahasa Inggris

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *