Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Apa Bedanya Ashamed dan Embarrassed?

Apa Bedanya Ashamed dan Embarrassed

Apa Bedanya Ashamed dan Embarrassed? Pernah mendengar salah satu lagunya Meghan Trainor yang berjudul Walkashame? Mengapa judulnya bukan walkembarrased? Satu-satunya jawaban pasti adalah, karena Meghan Trainor memang ingin membuatnya menjadi walkashame. Namun, pernah kamu berpikir bahwa ashamed dan embarrassed, jika dilihat dalam kamus bahasa Inggris – Indonesia, artinya sama-sama “malu”. Apakah benar keduanya adalah sinonim? Kali ini LC Kampung Inggris akan mengulas perbedaan antara ashamed dan embarrassed. Siapa tau, penjelasan kali ini bisa bikin kamu nggak malu-maluin. So, here we go, ashamed vs. Embarrassed!

Ashamed dan Embarrassed, meskipun keduanya sama-sama berarti malu, namun ada sedikit perbedaan makna dan tentunya yang berpengaruh pada penggunaannya. Ashamed berarti malu atas perbuatan buruk, atau menyesal atas sesuatu yang tidak menyenangkan. Sedangkan Embarrassed malu yang lebih karena kikuk atau canggung, dan biasa digunakan saat membicarakan interaksi sosial seseorang. Lebih lanjut, mari kita bahas ashamed dan embarrassed satu per satu.

Arti dan Penggunaan Ashamed

Ashamed merupakan bentuk past dan past participle (verb 3) dari ashame. Jika digunakan dalam bentuk verb (kata kerja), ashame berarti ‘to make ashamed’ atau membuat malu seseorang. Sedangkan ashamed dalam bentuk adjective (kata sifat) berarti malu (merasa bersalah). Contohnya, balik lagi ke Lagu walkashame dari Meghan Trainor. Dalam lagu itu, ashamed digunakan untuk mengekspresikan malu karena tampak mabuk di pagi hari setelah semalaman minum-minum. Hal yang buruk itu menjadi memalukan dan dalam bahasa Inggris, kita menggunakan ashamed. Dalam contoh kalimat berikut, ashamed menunjukkan perasaan bersalah atas tindakan yang kurang baik:

  • She should be ashamed of what she did to me yesterday  / Dia seharusnya malu dengan apa yang sudah dia lakukan pada saya kemarin
  • I was ashamed of throwing waste right on his head. Actually, I didn’t intend to do that / Saya malu karena telah membuang sampah tepat di kepalanya. Sebetulnya saya tidak bermaksud melakukan itu

Selain contoh di atas, ashamed juga digunakan dengan makna merasa inferio dari yang lain (merasa rendah diri). Contoh:

  • I heard that He didn’t come to jane’s party because he was ashamed of his job as a waiter now / Saya dengar dia tidak datang ke pestanya Jane karena malu dengan pekerjannya sekarang sebagai pelayan restoran

Satu lagi, ashamed juga bisa diartikan malu untuk melakukan sesuatu karena takut diejek, ditolak atau direndahkan. Contoh:

  • Jack never tells Wina that she is the one he loves because he is ashamed of being rejected / Jack  tidak pernah bilang ke Wina bahwa dia adalah satu-satunya wanita yang dia cintai karena takut ditolak

Arti dan Penggunaan Embarrassed

Embarrassed, dalam kamus bahasa inggris (wiktionary), dijelaskan sebagai “having a feeling of shameful discomfort”, yang berarti memiliki perasaan malu karena tidak nyaman. Biasanya digunakan dalam situasi sosial. Misalnya, ketika seorang yang sangat pemalu disuruh bicara di depan umum, dia akan merasa malu dan canggung. Dalam kasus ini, kita bisa menggunakan embarrassed. Bisa dibilang, inilah perbedaan antara ashamed dan embarrassed. Jika embarrassed diidentikkan dengan hubungan sosial seseorang, maka ashamed diidentikkan dengan moralitas. Berikut ini beberapa contoh kalimat menggunakan embarrassed:

  • I felt so embarrassed when Mr. Andre asked me to sing a song in front of the class / Saya merasa begitu malu saat Mr. Andre meminta saya menyanyikan sebuah lagu di depan kelas.
  • Can you imagine how embarrassed I was when I got tripped in the crowded place?  / Apakah kamu bisa membayangkan betapa malunya saya saat jatuh di tengah keramaian?

Oke, itu dia beberapa perbedaan antara ashamed dan embarrassed. Semoga bisa bermanfaat untuk sahabat semua 😀

Baca juga: Perbedaan Misused, Disused dan Unused

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *