Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Apa Bedanya Round dengan Around?

round vs around

Apakah pertanyaan ini juga muncul di kepala kalian? Apakah ‘round’ dan ‘around’ juga menjadi confusing words bagi kalian? Kalau iya, yuk scroll terus ke bawah karena kali LC Kampung Inggris akan membahas perbedaan antara round dengan around. Have a look folks!

Melihat struktur katanya, round dan around hanya dibedakan oleh satu huruf di depan. Namun keduanya punya arti, fungsi dan penggunaannya masing – masing. Keduanya memang identik dengan sesuatu yang bersifat melingkar atau bisa juga gerakan melingkar. Meskipun ada yang menggunakan keduanya secara sinonim, namun hal tersebut juga jarang terjadi. Tergantung pada kebiasaan masing-masing. Misalnya, orang british biasa menggunakan round sedangkan mereka yang di US (American)  lebih memilih around. Selain karena kebiasaan atau aksen bahasa inggris, sebaiknya kita juga tau betul apa beda keduanya. Pada intinya, round memiliki arti yang cukup luas, apalagi jika kita melihat ke dalam kamus bahasa inggris. Bahkan, round juga bisa menjadi alternative penggunaan around. Nah, bedanyam around tidak bisa digunakan sebagai bentuk pengganti round. Lebih detilnya akan kita bahas di bawah ini. Here we go!

Arti dan Penggunaan Round

Bicara tentang “round”, kata yang satu ini punya banyak penggunaan. Untuk mengetahui arti dari round jika dilihat sebagai verb, noun, dan adjective, mari kita bahas satu per satu kelas kata dari round tersebut.

  1. Round Sebagai Adjective

Sebagai adjective, round berarti kata sifat yang menunjukkan bentuk sirkular, melingkar, silindris, atau bentuk seperti bola. Contoh:

  • “Why did you reserve for this round table?” “I think It’ll make our conversation more convenient” / “Kenapa kamu memesan meja bundar ini?” “Saya pikir agar obrolan kita lebih enak”
  • She hid something round inside her bag, but I didn’t know clearly what that was / Dia menyembunyikan sesuatu berbentuk bundar, tapi saya tidak tau jelas apa itu.
  1. Round Sebagai Noun

Sebagai noun, round juga punya banyak arti. Beberapa arti penting round sebagai noun yaitu: 1) benda atau objek berbentuk lingkaran, 2) rute berkeliling, 3) stage atau level dalam kompetisi olahraga. Contoh:

  • These rounds just make our home getting more and more full. I don’t get what for you bring them all here / benda-benda bulat ini hanya membuat ruamh kita semakin penuh saja. Saya tidak tau kenapa kamu membawa semua ke sini.
  • Doctor Bill, Have you started your rounds? Patient in room 22A asked if he could get home today / Dokter Bill, apakah Anda sudah mulai berkeliling hari ini? Pasien di ruang 22A bertanya apakah dia bisa pulang hari ini atau tidak.
  • I’m glad that david won three rounds of his competition today / Saya senang david memenangkan tiga ronde pertandingannya hari ini.
  1. Round Sebagai Verb

Sebagai verb, round juga memiliki banyak arti. Ada round off yang berarti menyelesaikan sesuatu, bisa juga round out, namun round out lebih kepada melengkapi dengan menambah detil-detil lainnya. Ada juga round yang berarti membuat suatu benda menjadi bundar, dan round on berarti menyerang seseorang atau sesuatu. Contoh:

  • My dad rounded the wood into such a shapely furniture / Ayah saya membuat bundar kayu menjadi perabotan yang bagus.
  • You should round out your graduation form soon by enclosing your abstract of thesis there / Kamu sebaiknya segera menuntaskan formulir kelulusan segera dengan melampirkan abstrak  tesis.
  • I saw a bunch of people rounded on that robber who also tried to stab one of the visitor there / Saya melihat banyak orang menghajar perampok itu yang juga mencoba menusuk salah satu pengunjung di sana.

The last, meskipun jarang digunakan, round bisa menjadi bentuk alternative dari around. Namun aturan ini tidak bisa digunakan sebaliknya (around tidak bisa menggantikan round). Contoh: “I looked round but Nothing happened there / Saya melihat sekeliling tetapi tidak ada yang terjadi di sana”

Arti dan Penggunaan Around

Seperti round, Around juga memiliki banyak penggunaan. Namun, penggunaan around yaitu sebagai adjective, adverb dan preposition. Apa saja arti around dalam kelas kata tersebut? Berikut keterangannya.

  1. Around sebagai Preposition

Sebagai kata depan, around digunakan dalam arti sekeliling. Bisa juga sebagai di sekitar. Atau untuk menjelaskan waktu, misalnya hampir jam 10, hampir 50 km, dan sebagainya. Contohnya:

  • I left home around 10 pm / Saya pergi sekitar jam 10 malam.
  • My mom loves to see the flowers that were planted around her home / Ibu saya suka melihat bunga yang ditanam mengelilingi rumahnya.
  • Dave and I walked around the shopping center, but we couldn’t find something to buy / Dave dan saya berjalan-jalan di sekitar pusat perbelanjaan, tapi tidak ada yang kami beli.

 

  1. Around Sebagai Adjective

Sebagai adjective, atau kata sifat yang fungsinya memodifikasi kata benda, around digunakan dalam arti “existing, alive” alias hidup, atau keberadaan seseorang. Contoh: “Right after I had heard a bad news about diana, I  went to her home and made sure that she was around there / Setelah mendengar kabar buruk tentang Diana, saya langsung pergi ke rumahnya dan memastikan dia da di rumah”

  1. Around sebagai Adverb

Sebagai adverb (kata keterangan), around berarti: 1) mengubah sesuatu secara drastis, 2) dari satu tempat ke tempat lainnya, 3) turn/spin around berarti memutar balik, 4) digunakan bersama verb, around menunjukkan verb tersebut dilakukan berulang-ulang atau di tempat yang sama atau dengan orang yang sama. Contoh:

  • Stop joking around. I’m not in good mood today / jangan bercanda terus. Saya sedang bete.
  • Turn around your body, then you’ll see me smile at you /  putar badanmu, nanti kamu akan melihat saya tersenyum ☺
  • He looked around to find a gift for his wife / dia melihat-lihat sekitar untuk menemukan hadiah buat istrinya.
  • James was really childish before, but his stepmother did turn him around / James sebelumnya benar-benar kekanak-kanakan, tapi ibu tirinya bisa membuatnya benar-benar berubah.

Oke, sahabat kampung inggris. Itu dia perbedaan antara round dengan around. Semoga bermanfaat 😀

Baca juga: Bedanya Misused, Disused dan Unused

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *