Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Apa Bedanya Rules dengan Regulations?

rules and regulations

Kalau kamu mau mengetahui semua kosa kata dalam bahasa Inggris, jumlahnya ada jutaan dan terus bertambah setiap harinya. Maka itu, bahasa Inggris termasuk bahasa yang dinamis dan dikategorikan sebagai salah satu bahasa Internasional. Jika dikaji lebih detil lagi, vocab dalam bahasa inggris bisa dibilang cukup unik karena banyak sekali vocab yang baik itu homophone (sama bunyinya) seperti “carat yang berarti satuan kemurnian emas dan carrot yang berarti wortel sama-sama berbunyi /‘kærƏt/” ataupun homograph (sama ejaannya) seperti “bear dalam arti beruang dan bear dalam arti menanggung/menunjang”. Namun antara homophone dan hommograph punya perbedaan arti dan penggunaan. Selain itu, ada juga vocab yang sekilas artinya sama (sinonim) namun ternyata memiliki perbedaan juga. Seperti yang telah banyak dibahas oleh LC Kampung Inggris sebelumnya, kali ini kami akan kembali mengulas perbedaan dua vocab yang artinya hampir sama namun tetap saja, mereka memiliki perbedaan, yaitu Rules vs. Regulation.

Antara rules dan regulation, barangkali sudah sering kita dengar bahwa keduanya sama-sama berarti “peraturan”. Namun keduanya memiliki penekanan makna yang berbeda. Jika rules ditekankan pada aturan umum atau norma yang mengatur tingkah laku seseorang dalam situasi tertentu tanpa ada aturan secara legal. Sedangkan regulation, adalah suatu peraturan yang memiliki sifat legal bahkan formal.  Yuk kita ulas lebih jauh, scroll terus ya!

Apa itu Rules?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa rules adalah aturan yang tidak tercatat secara formal, namun ada di tengah-tengah masyarakat untuk membangun suatu kondisi yang lebih baik. Biasanya, rules ini ada di tempat kerja, ataupun saat ada kompetisi dan olahraga. Rules biasanya berisi larangan-larangan melakukan sesuatu. Atau kalau dalam kompetisi dan olahraga, rules adalah aturan yang harus diikuti oleh para peserta. Contoh sederhana rules, misalnya pada “rules of competition” berarti akan ada aturan dan tata tertib peserta kompetis seperti dilarang berbuat curang, diwajibkan menggunakan seragam, dll. Atau pada “traffic rules” berarti akan ada aturan yang tidak boleh dilanggar dalam perjalanan. Misalnya, harus menggunakan helm, dilarang menerima telfon saat berkendara, dilarang menerobos lampu merah, dan sebagainya.

Apa itu Regulation?

Sedangkan regulation, penekanannya adalah aturan yang tercatat secara legal dan formal. Karena sifat formalnya ini, regulation biasanya digunakan di areal perkantoran, institusi hukum, institusi pemerintah, dan sejenisnya. Regulation juga tercatat secara hukum, sehingga wajib diikuti dan aturan tersebut tidak akan berubah, kecuali ada amandemen (perubahan) yang dilakukan secara formal juga. Hal ini berbeda dengan rules yang bisa saja berubah kapan pun, sesuai kondisi di lingkungan terkait. Dengan begitu, sebenarnya rules (aturan non-formal) bisa saja menjadi regulation (aturan formal) dalam masyarakat. Misalnya, kalau dulu di tengah masyarakat ada aturan dilarang minum dan menjual alkohol pada anak-anak, maka saat ini ‘rules’ tersebut menjadi ‘regulation’ dimana terdapat Undang-Undang yang mengatur larangan tadi.

Nah, sudah tau kan perbedaan spesifik antara Rules dan Regulation? Meskipun perbedaannya hanya sedikit, namun tentu saja penggunaannya pun akan berbeda. Rules bersifat informal, bisa berubah, dan berisi larangan-larangan dalam situasi tertentu seperti dalam games dan olahraga. Sedangkan Regulation bersifat legal dan formal, dan tidak mudah berubah. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk belajar menggunakan vocab ini agar mudah ingat.

Baca juga tips mudah menghadapi confusing words, biar kamu gak kebingungan, selengkapnya di: Tips Menghadapi Confusing Words

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *