Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Apa itu Hyphen?

Apa itu Hyphen

Apa itu Hyphen? – Punctuation, atau tanda baca dalam Bahasa Inggris, terdiri dari berbagai macam. Ada commas, question mark, points, quotation mark, exclamation, dll. Namun pernahkan kamu mendengar Hyphen?

Hyphen /ˈhaɪ.fən/, dalam kamus online  Cambridge, merupakan noun (kata benda) yang berarti “the symbol -, used to join two words together, or to show that a word has been divided into two parts at the end of one line and the beginning of the next” Tanda baca hyphen ditunjukkan dengan bentuk -, dan dalam tulisan biasa digunakan untuk menggabungkan dua kata. Selain fungsinya dalam penulisan, hyphen yang kita kenal juga berguna dalam perkomputeran. Dalam dunia komputer, hyphen umumnya digunakan dalam programming dan matematika untuk pengurangan angka, misalnya 8 – 5 = 3 (eight minus five is equal to three). Sedangkan dalam software penulisan seperti microsoft word, biasanya akan muncul secara otomatis jika kita menulis di akhir baris, tapi ternyata barisnya tidak cukup dan ada satu kata yang terputus menjadi dua bagian di baris berikutnya. Misalnya:

“James has been waiting for his girlfriend for three-hour long. He was tired and on-

ly sent her a note that was sticked with a bunch of flowers”

Sedangkan dalam mesin pencari seperti google, hyphen digunakan untuk keyword yang tidak kita  inginkan, sehingga tidak muncul dalam hasil pencarian. Misalnya, kita hanya ingin mencari artikel tentang best authors in Europe, namun yang diharapkan adalah artikel yang mengandung kata “authors” dan “Europe”. Maka, di mesin pencari bisa ditulis sebagai berikut: -best Authors -in Europe

Kali ini, kita akan membahas lebih jauh Hyphen yang digunakan dalam bahasa Inggris . Dalam dunia bahasa Inggris, Hyphen termasuk ke dalam punctuation mark (tanda baca). Untuk mengetahui hyphen lebih jauh, sebaiknya kita langsung belajar pada contoh-contohnya. Namun, hyphen memiliki beberapa penggunaan, artinya bukan hanya untuk menghubungkan dua kata atau lebih untuk membentuk adjective (kata sifat),  namun hyphen juga bisa digunakan untuk comparative superlative, fraction, angka, dan sebagainya. Nah, agar lebih mudah dipahami, kali ini kita hanya akan fokus membahas hyphen with compound adjectives ya. Compound adjectives adalah dua kata atau lebih yang digabungkan dan menjadi sebuah kata sifat. Contoh: “Dian and James had a long-term relationship that made me envy / Dian dan James hubungannya langgeng, dan itu membuat saya iri”

Peraturan pertama agar kita tau kapan menggunakan hyphen dan kapan tidak menggunakannya adalah dengan melihat keberadaan noun dan adjective. Adjective di sini adalah dua kata atau lebih yang bergabung entah dengan hyphen atau pun tidak. Seperti yang kita tau, adjective berfungsi menerangkan noun. Namun adjective bisa muncul sebelum atau setelah noun. Jika adjective sebelum noun, maka adjective-nya menggunakan hyphen. Jika adjective setelah noun, tidak perlu hyphen. Let’s see the example below 🙂

  • I’d like to wear light-blue dress to that concert / Saya akan memakai baju biru muda untuk konser itu.
  • This fire-proof hall was spent around RP 200 million for its constructing / Ruangan yang anti api ini menghabiskan biaya sekitar 200 juta Rupiah untuk pembangunannya.
  • Is that chocolate-chip ice cream as delicious as we bought before?? /Aapakah es krim cococip itu sama enaknya dengan yang pernah aku belikan sebelumnya?
  • That street is one way / Jalanan itu jalan satu arah.
  • His decision is long awaited for me / Keputusannya adalah penantian panjang bagi saya.

Oke, sahabat kampung inggris , itu dia pengenalan tentang apa itu hyphen. Yuk, coba pakai hyphen-nya di berbagai tulisan kamu! 😀

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *