Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Apa itu Idiom?

apa itu idiom

Apa itu Idiom? – Dunia ini sangat kaya dengan bahasa. Ada total 236 negara di seluruh penjuru dunia. Entah itu diakui PBB ataupun tidak, negara tersebut berdiri di bumi ini dan memiliki kekayaan budaya serta bahasa tersendiri. Di Indonesia saja, ada 442 ragam bahasa lho, apalagi di seluruh dunia. Bayangkan jika seluruh manusia berkumpul dengan bahasanya masing-masing. Waaah pasti bakal lebih ramai dari pasar kaget hehe. Namun jangan khawatir, karena kita punya bahasa internasional yang berfungsi untuk menyatukan semua perbedaan bahasa tersebut. Yap, apalagi kalau bukan bahasa inggris. Terlepas dari sejarah panjang mengapa english menjadi bahasa yang diakui secara internasional dan digunakan oleh sebagian besar orang di dunia, bahasa yang terlahir di daratan Britania tersebut mau tidak mau harus dikuasai oleh banyak orang karena kemanapun kita pergi, jika tidak bisa berbahasa lokal maka kita bisa menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar. Maklum, di banyak negara sudah menerapkan mata pelajaran bahasa inggris di sekolah. jadi paling tidak mereka bisa menjawab yes atau no ^_^

Bicara soal kekayaan bahasa, dalam tubuh bahasa inggris pun sangat kaya akan komponen yang harus dipelajari. Mulai dari 8 part of speech, tenses, regular – irregular verb, gerund, phrasal verb, stative verb, slang, dan masih banyak lagi. Namanya juga bahasa, sebagai alat komunikasi tentu memiliki sistem yang complicated. Salah satu yang mungkin agak asing adalah: IDIOM. Apa itu idiom dalam pandangan bahasa inggris? yuk cekidot penjelasannya berikut ini:

Apa itu Idiom?

Meskipun berupa kalimat, namun idiom termasuk kata benda (noun) dengan spelling dan pronunciation: id·i·om \ ˈi-dē-əm \. Menurut merriam-webster dictionary, Idiom memiliki definisi: an expression that cannot be understood from the meanings of its separate words but that has a separate meaning of its own. Atau dengan kata lain, merupakan expression (entah itu word, clause atau phrase) yang memiliki arti tersendiri dan kalau expression tersebut dipecah, artinya akan berubah. 

Biasanya, idiom ini memiliki tema khusus. Misalnya ada idiom tentang people, tentang number, tentang country, dan lain sebagainya. Idiom juga tidak bisa diartikan kata per kata, karena bisa jadi ia tidak mendefinisikan suatu kata sebagaimana mestinya, atau para bule biasa menyebutnya Idiom has hidden meanings on its own word. Contohnya “Spill the beans” jika kita artikan literally : menumpahkan kacang. Namun sebagai idiom, artinya adalah “to tell people secret information” (menceritakan hal rahasia kepada orang-orang).

Kapan Idiom Digunakan?

Kamu bisa kapan saja menggunakan idiom, entah itu dalam bahasa lisan maupun tulisan. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah: 1) kamu tau arti dari idiom yang digunakan. Ingat ya, idiom tidak bisa diartikan secara harfiah dar kata per kata. Kalau kamu hanya mengira-ngira artinya dan ternyata salah, partner bicara kamu bisa misuderstanding lho. 2) pastikan lawan bicara kamu mengerti bahwa kamu sedang ngomong idiom. misal mau sok-sok jago english namun ternyata lawan bicara salah paham, bahaya kan ^_^

Jago bahasa inggris bisa meningkatkan level kegantengan/kecantikkan seseorang lho, gak percaya? baca ulasannya di sini

Belajar Idiom

Idiom ini masyhur banget di kalangan native speaker, karena memang mereka yang membuatnya. Dulu, idiom hanya bisa dimengerti oleh native speaker. mungkin menjadi semacam common ground mereka ya? namun saat ini, kita bisa belajar idiom in english. Bahkan, dalam test TOEFL khususnya di soal listening, seringkali keluar idiom ini. Maklum saja, TOEFL memang menguji pengetahuan kita tentang bahasa inggris. lalu bagaimana agar kita bisa mengetahui itu idiom atau bukan? Tentu saja dilihat dari konteks kalimatnya. Biasanya, secara harfiah pertanyaan dan jawaban idiom kelihatan tidak nyambung. Misalnya: “I’m going to Jakarta next week to attend a running tournamnet” “break a leg!” (break a leg bukan mematahkan satu lengan namun artinya good luck). So, kini saatnya kita mengenali dan menghafal ratusan idiom dalam bahasa inggris. Eummm, menghafal? susah dong kakak? Yap, kalau kita tidak bisa menghafalnya sebelum tes TOEFL, maka sebaiknya dicicil dengan sering menggunakan idiom entah itu saat update status, nulis di buku diary, chatting, webinar, dan lain sebagainya.

Contoh Idiom

Well, setelah panjang lebar ngomongin idiom, pasti sahabat LC Kampung Inggris penasaran kan dengan idiom itu? mari kita lihat beberapa contoh idiom in english:

  • When pigs fly = sesuatu yang tidak pernah terjadi
  • Kill two birds with one stone = melakukan dua pekerjaan daam satu waktu
  • It’s raining cats and dogs = hujan sangat lebat
  • I could eat a horse = sangat sangat lapar
  • A Dime A Dozen = sesuatu yang mudah dan umum untuk mendapatkannya
  • A Picture Paints a Thousand Words = sebuah gambar menjelaskan lebih jelas daripada tulisan
  • Add Fuel To The Fire = sesuatu yang bisa memperburuk keadaan
  • Crack Someone Up = membuat seseorang tertawa
  • Excuse my French = maafkan karena saya memaki
  • Hit the ceiling = sangat sangat marah

Okey, itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu idiom. Semoga menambah wawasan tentang english yaa ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

16 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *