Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Apa itu Part of Speech?

apa itu part of speech

Apa itu Part of Speech? – Manusia umumnya menerima informasi dan mempelajari sesuatu secara sistematis. Misalnya, untuk bisa mengendarai motor maka seseorang harus diajari step by step mulai dari menyalakan motor, berjalan di jalan lurus, jalan raya, hingga jalan berkelok. Nah, sama halnya dengan belajar bahasa inggris. Sebaiknya, kita belajar secara sistematis, bertahap, teratur. Tidak langsung belajar berpidato dengan bahasa inggris formal untuk pemula, namun sebaiknya belajar dari hal yang paling dasar terlebih dahulu. Karena ada kosa kata yang harus digabungkan menjadi kalimat yang sempurna dan tepat secara gramatikal. Maka, sahabat perlu tau dulu apa yang harus dipelajari pertama-tama dalam grammar. Jika bicara soal grammar, hal dasar yang perlu diketahui oleh sahabat semua yaitu “part of speech”. Kali ini LC Kampung Inggris akan membahas tentang part of speech dan alas an mengapa harus belajar part of speech. So, jangan lewatkan dan terus scroll ke bawah ya!

Apa itu Part of Speech?

Part of speech, dalam bahasa Indonesia juga sering dikenal sebagai kelas kata. Mengenal part of speech adalah salah satu cara untuk memulai belajar bahasa inggris. Meskipun kelihatannya teoritis, namun dengan mengetahui apa saja yang tergabung dalam part of speech, kita bisa punya gambaran umum dan pengetahuan dasar tentang bahasa inggris. Tentunya, ini akan menjadi bekal saat kita belajar grammar lebih jauh. Apalahi jika sahabat ingin menulis artikel dalam bahasa inggris. Ada kata demi kata yang harus digabungkan. Nah, dalam bahasa inggris kita tidak boleh sembarangan menempatkan kata – kata, melainkan ada aturan grammarnya. Sama saja dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mengikuti EYD harus berpola S – P – O – K (subjek predikat objek dan keterangan). Maka, untuk membuat kalimat dalam bahasa inggris kita juga wajib tau apa saja yang termasuk dalam subjek (biasanya posisinya diisi oleh noun / kata benda), predikat atau kata kerja (verb), objek (noun) dan keterangan (adverb).

Dalam part of speech, ada delapan kelas kata yaitu:

  • noun (kata benda),
  • pronoun (kata ganti),
  • verb (kata kerja),
  • adjective (kata sifat),
  • adverb (kata keterangan),
  • preposition (kata depan),  
  • conjunction (kata hubung),
  • dan interjection (kata seru).

Dari ke-delapan parts of speech tersebut, hanya satu yang bsa berdiri sendiri yaitu interjection, misalnya: “Ouch!”, sedangkan tujuh lainnya harus berdiri berdampingan dengan yang lain. Misalnya, untuk membuat kalimat sempurna setidaknya dibutuhkan Subjek + Verb. Maka, tidak bisa kita menulis hanya “walking” saja. Namun jika ditulis “I walk” maka artinya menjadi jelas, bahwa “saya berjalan”. Inilah mengapa kita perlu tau klasifikasi dan contoh-contoh dari delapan part of speech, sehingga kita tidak ada misunderstanding dalam kalimat yang kita buat.

Dalam bahasa inggris, satu kata bisa menjadi berbagai kelas kata. Maka dengan mengetahui informasi part of speech secara keseluruhan kita bisa menggunakan berbagai vocab dengan tepat. Misalnya pada kata help, bisa menjadi verb, noun, dan interjection:

  • I need your help to move this heavy box / saya butuh bantuan-mu untuk memindahkan kotak yang berat ini help sebagai noun
  • He helped us a lot while we were in the camping site last summer / dia membantu banyak ketika kita sedang berada di tempat berkemah musim panas lalu helped sebagai verb
  • Help! someone help me please! help sebagai interjection

Nah, seru kan mengenal apa itu part of speech? So, jangan lewatkan penggunaan dan contoh-contohnya dalam Part of speech (Part 2)  berikutnya. Selamat belajar!

Baca juga: Apa itu hyphen?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *