Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Apa itu Vice Versa?

apa itu vice versa

Apa itu Vice Versa? –  Mungkin dua kata tersebut agak terdengar asing di telinga para native Indonesia. Apakah vice versa semacam merk baju? Motto sebuah negara? atau apa? Nah, di kesempatan kali ini, kami akan mengulas secara detil apa itu vice versa dan penggunaannya. Let’s have a look guys ^_^

Makna dan Arti Vice Versa

Bagi kamu yang suka memperhatikan bahasa latin, pastinya hafal betul bahwa vice versa merupakan bahasa latin. Namun dalam perjalanan panjang nya, frase vice versa diadopsi menjadi bagian dari bahasa inggris yang artinya: diposisikan sebaliknya, sebaliknya, berlawanan atau in-turned position. Kemudian di awal abad ke-17, frase vice versa digunakan dalam bahasa inggris dengan makna used to say that what you have just said is also true in the opposite order atau dengan kata lain, menjelaskan bahwa kebalikan dari fakta pertama yang dikatakan juga kenyataan. Nahlo, bingung kan? Biar gak bingung mari kita lihat beberapa contoh penggunaan frase vice versa di bawah ini. Namun sebelumnya, just for your information bahwa vice versa merupakan bagian dari adverb (kata keterangan). Nah, pasti sahabat LC masih ingat kan bagaimana penggunaan adverb? Tentu saja untuk menjelaskan kata kerja. Cekidot yuk contoh dari vice versa:

  • She love him, and vice versa / Perempuan itu mencintainya (laki-laki itu), dan sebaliknya (laki-laki itu juga mencintainya (perempuan)
  • He refuses to believe anything they say and vice versa / Dia menolak untuk percaya apapun yang mereka katakan, dan sebaliknya (mereka juga tidak percaya dengan yang laki-laki itu katakan)
  • As long as the books are bought first and the shoes are the second, or vice versa, I will be happy! / Selama bukunya dibeli pertama dan sepatunya kedua, atau sebaliknya, saya akan senang!
  • To make a bowl of cereal, you can pour the cereal then the milk, or vice versa / Untuk membuat semangkuk sereal, kamu bisa menuang sereal dulu baru susu, atau sebaliknya (susu dulu baru sereal)
  • Right-handed people tend to wear their watches on their left wrist, and vice versa for those who are left-handed / orang pengguna tangan kanan terbiasa menggunakan jam tangannya di pergelangan kiri, dan sebaliknya juga bagi mereka yang kidal

All You Need to Know About Vice Versa

1. Is it useful?

Tentu saja vice versa berguna, karena untuk menyebutkan kebalikan kalimat yang mengandung fakta yang sama, dapat dipersingkat dengan vice versa. Contoh:

too long >> Fish can’t live where we are most comfortable, and we can’t live where the fish is most comfortable

simpler>> Fish can’t live where we are most comfortable, and vice versa

2. pronunciation

for US : /ˌvaɪ.sə ˈvɝː.sə/

for UK : /ˌvaɪs ˈvɜː.sə/

3. Kelas Kata

Vice versa merupakan adverbial phrase atau frase yang berfungsi sebagai adverb (kata keterangan)

4. No hyphen

Vice versa tidak menggunakan hyphen. FYI, hyphen adalah tanda hubung atau kita mengenal dengan strip ( – ). Hyphen biasa digunakan untuk menghubungkan noun (kata benda) dengan modifiernya. Seperti: Sugar-free, better-living, dsb.

5. Penggunaan Vice Versa yang Benar

Dalam penggunaannya, vice versa terkadang mengalami kesalahan penggunaan (misused). Seharusnya, vice versa digunakan untuk menyatakan kebalikan subjek-objek. Bukan membalikkan fakta dan artinya tidak sesuai dengan tujuan vice versa. Contoh:

benar: She’s very angry with him and vice versa / Dia sangat marah dengan lelaki itu dan sebaliknya (laki-laki itu juga sangat marah dengan perempuan itu)

salah: Good ones can make us all feel better, and vice versa / Sesuatu yang baik membuat kita lebih baik, dan sebaliknya >> jika dibalik, menjadi: we can all make good ones feel better / Kita dapat membuat segala yang baik menjadi lebih baik >> tidak sesuai dengan tujuan vice versa

Jika dengan kalimat kedua para pembaca tidak mengalami ambiguisitas, maka no problem kalimat tersebut digunakan dengan vice versa, namun jika sebuah kalimat membuat ambigu, sebaiknya gunakan kimat yang jelas-jelas saja, atau tidak menggunakan vice versa.

6. Berasal dari Bahasa Latin

Sekali lagi, bahasa inggris kedapatan “sumbangan” vocab dari bahasa latin setelah exampli gratia (e.g.) dan it est (i.e.)

Yap, vice versa merupakan adopsi dari bahasa latin pada awal abad 17. Dan uniknya, vice versa tidak perlu penggunaan italic atau huruf dimiringkan jika ditulis. Why? Karena seperti i.e. dan e.g. mereka sudah biasa digunakan sehari-hari sehingga tidak perlu italic.

7. Sinonim dan Antonim Vice Versa

Sinonim (persamaan kata) : Conversely, The other way round, reversed, again, contrarily, oppositely, back and forth, otherwise

Antonim (perlawanan kata) : Similarly, Likewise

Well, sekian info lengkap tentang apa itu vice versa. Jangan lewatkan info lainnya tentang english learning di kanal LC Kampung Inggris ini yaaa. semoga bermanfaat ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *