Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

aplikasi belajar bahasa inggris

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris – Di tahun 90-an, mungkin bahasa inggris masih asing di Indonesia, apalagi di daerah-daerah luar ibukota. Fasilitas belajar masih terbatas, guru bahasa inggris pun masih sedikit. Namun saat ini, bahasa inggris di Indonesia seakan telah bermetamorfosa dan keluar dari “kandangnya”. Mulai dari nama toko, perlengkapan elektronik, gadget, dan lainnya menggunakan bahasa inggris. Bahkan di perguruan tinggi telah menerapkan sertifikat TOEFL sebagai salah satu  syarat kelulusan. Bahasa inggris yang awalnya tidak diperhitungkan, kini menjadi hal penting yang dibutuhkan banyak orang.

Dengan adanya kebutuhan tersebut, banyak orang mulai belajar bahasa inggris. Di kota-kota besar sampai di pedesaan banyak muncul lembaga kursus bahasa inggris. Bahkan Kampung Inggris Pare yang dikenal sebagai pusat belajar bahasa inggris itu sudah dipenuhi lembaga kursus inggris sejak tahun 90-an. Hingga kini, ada ribuan pelajar tiap tahunnya yang mendalami bahasa internasional tersebut di kampung inggris. Banyak pelajar yang masih merasa kurang dengan pelajaran bahasa inggris di sekolah, kemudian menambah jam pelajaran di tempat kursus, ataupun sambil memanfaatkan liburan sekolah di Kampung Inggris.

Di luar hingar bingar belajar bahasa inggris melalui lembaga kursus, yang tak kalah ramai adalah belajar otodidak menggunakan aplikasi dan website online bahasa inggris. Yap, di era yang semakin canggih seperti sekarang ini kamu akan sangat mudah menemukan aplikasi tersebut, baik di PC (komputer/laptop) maupun di smartphone. So, belajar bahasa inggris tidak lagi hanya lewat buku atau lembar kerja siswa, tapi sudah banyak sekali aplikasi yang lebih lengkap, lebih simpel, dan pastinya sangat menarik.

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris di Smartphone

“Dunia dalam genggaman”, sepertinya sebaris kalimat itu sangat tepat untuk menggambarkan betapa mudahnya belajar bahasa inggris lewat smartphone. Kalau suatu hari kamu sedang menunggu antrian di tempat umum, kamu tinggal mengeluarkan smartphone dan mengaktifkan aplikasi belajar bahasa inggris. So, waktu sekian jam untuk menunggu tidak lagi sia-sia, yang ada malah kamu bisa selangkah lebih mahir berbahasa inggris.

Nah, karena banyaknya aplikasi bahasa inggris di smartphone, kamu pasti harus memilih beberapa aplikasi yang akan diunduh. Untuk itu, pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mengklasifikasikan aplikasi berdasarkan jenis materi:

1. Aplikasi Belajar Grammar

Kamu bisa mendapatkan beragam jenis aplikasi belajar bahasa inggris online dan offline melalui appstore ataupun playstore. Untuk belajar grammar, kamu bisa menggunakan aplikasi berjudul English Study. Aplikasi asal Thailand ini menawarkan fitur yang sangat lengkap. Mulai dari test grammar dengan tiga level dan ratusan soal, latihan reading, latihan listening, TOEIC hingga latihan soal-soal structure dalam tes TOEFL. Bahkan, kamu juga bisa melakukan hafalan vocab dengan fitur word study menggunakan sistem memorizing, dan quiz. Hanya saja, kamus elektronik dalam aplikasi ini berbahasa Thailand, dan tentunya cukup membingungkan pengguna yang berasal dari luar negara tersebut. Satu hal lagi yang membuat aplikasi ini perlu kamu unduh adalah, English Study merupakan aplikasi offline dan gratis. So, kamu bisa menjalankan English Study kapanpun dan dimanapun.

Bagi kamu yang membutuhkan materi grammar dengan praktis, hanya dalam genggaman, kamu bisa mengunduh English Grammar untuk mendapatkan materi grammar yang sangat lengkap. Aplikasi ini juga dijalankan secara offline. Sangat bagus untuk kamu yang sedang latihan soal grammar namun terkadang lupa dengan teorinya, karena aplikasi ini berisi full materi grammar lengkap. Baca juga cara menguasai materi grammar, selengkapnya di: Tips Mudah Belajar Grammar

2. Aplikasi Belajar Pronounciation dan Listening

Pronounciation atau cara mengucapkan kata dalam bahasa inggris, bisa kamu pelajari secara otodidak melalui bantuan fitur text-to-speech yang digawangi oleh Google. Fitur ini tersedia otomatis di smartphone yang disupport dengan android. Kamu bisa mendownload aplikasi bantuan yaitu Text to Voice di playstore untuk merubah teks menjadi suara. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengetikkan kata-katanya, lalu klik simbol voiced, maka suara native speaker akan keluar dan kamu bisa memahami cara bicara native tersebut. Selain itu, aplikasi Listen English Full Audio juga bisa jadi pilihan untuk belajar pronounciation, karena penggiat aplikasi ini menyediakan materi cara mengucapkan huruf dalam bahasa inggris. Ditambah dengan ratusan percakapan singkat yang bisa kamu gunakan untuk latihan listening. Sayangnya, untuk mendengarkan audio tersebut, kamu harus mendownloadnya atau mendengarkan saat smartphone dalam kondisi online.

Selain pronounciation, listening bahasa inggris juga perlu diasah sesering mungkin. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Audio Books – Librivox untuk mendengarkan native speaker bicara bahasa inggris sambil membaca teks yang berasal dari buku elektronik. Untuk menjalankan audio books ini, kamu juga perlu mengunduh file e-book dan audionaya, atau menjalankan aplikasi secara online. Kamu bisa belajar listening langsung dari native speaker, dan latihan reading dari buku-buku yang ada di katalog audio books. Dengan sering membaca e-book ini, kamu akan terbiasa dengan struktur bahasa inggris dan vocabulary.

3. Aplikasi Belajar Vocabulary

Ada jutaan vocabulary dalam dunia bahasa inggris. Kamu bisa menguasai banyak vocab dengan cara latihan menghafal, latihan menggunakan, dan terbiasa “bertemu” dengan vocab tersebut setiap hari. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yaitu Vocabulary Builder buatan Magoosh. Fitur yang disediakan berupa latihan mendefinisikan vocab (english-english), dan cara penggunaannya. Kamu juga bisa menjalankan aplikasi ini secara online dan berkompetisi dalam penguasaan vocab bersama para pengguna lainnya dari seluruh dunia.

Nah, bagiamana sahabat LC? ternyata, mudah sekali belajar bahasa inggris, karena sekarang sudah banyak aplikasi gratis yang bisa bebas kita download. Dan satu aplikasi lagi yang wajib kamu unduh yaitu kamus. Baik di PC maupun di smartphone, banyak sekali aplikasi kamus elektronik yang bisa kamu dapatkan. Pastikan kamu mengunduh dua jenis kamus; pertama, kamus yang menerjemahkan indinesia – inggris dan sebaliknya. Dan yang Kedua, kamus yang menerjemahkan inggris – inggris seperti kamus longmann, oxford, cambridge dalam bentuk cetakan. Hanya saja kamus ini berada dalam smartphone dan lebih mudah untuk digunakan. Kamu cukup mengetikkan kata yang diperlukan lalu definisi vocab tersebut akan keluar. Kelebihan kamus elektronik adalah tersedianya fitur audio yang bisa menyebutkan vocab yang kamu ketik, sehingga kamu juga bisa belajar pronounciation.

Gimana? belajar bahasa inggris jadi semakin mudah kan? Semoga info Aplikasi Belajar Bahasa Inggris ini bisa memandu kamu yang sedang membutuhkan aplikasi belajar tersebut. Selamat mencoba ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

7 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *