Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Ayo Belajar Bahasa Inggris Sambil Bermain!

games for learning english

Ayo Belajar Bahasa Inggris Sambil Bermain! – Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata “belajar”? membosankan, lama, susah. Begitulah kebanyakan pandangan orang-orang tentang “belajar”. Apalagi jika harus belajar matematika, atau malah bahasa asing yang tidak kita mengerti sama sekali. Sebut saja belajar bahasa inggris. Banyak yang menceritakan pengalamannya belajar grammar pada LC Kampung Inggris. Mereka mengatakan bahwa belajar grammar itu sulit dan membosankan. Apalagi kalau harus menghafal vocab yang banyak sekali. Belum lagi harus belajar speaking. Padahal, belajar bahasa inggris tidak harus se-membosankan itu kok. Kita bisa melakukan proses belajar mengajar dengan metode yang asik dan unik. Metode-metode belajar english itu bisa kamu dapatkan di Kampung Inggris Pare.

Salah satunya adalah dengan bermain.  Sekarang, apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata “bermain”? menyenangkan, asik, dan refreshing. Nah, di manapun Anda mengajar bahasa Inggris, entah untuk kelas anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, Anda bisa melakukan beberapa permainan entah sebagai ice breaker ataupun sebagai alat pembelajaran bahasa inggris. Karena dengan suasana yang fresh dan menyenangkan, siswa akan lebih semangat dan informasi pun akan lebih mudah dipahami.

Maka kali ini kami akan kembali mengulas beberapa permainan yang bisa Anda lakukan di kelas bahasa inggris.  Semoga bermanfaat dan kelas Anda semakin produktif!

 

  • Word Jumble Race

 

Word jumble race adalah sejenis permainan puzzle kata. Permainan ini bersifat kompetitif, dan menstimulasi siswa untuk bekerja team dengan baik. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pastinya akan senang berkompetisi dan merasa harus melakukan yang terbaik. Maka, game ini juga sangat baik untuk melatih tenses, grammar, penataan kata dalam sebuah kalimat, dan melatih kemampuan membaca.

Konten materi: grammar, vocab, ejaan (spelling)

Peserta: Semua umur

Teknis permainan:

 

  • Sebelum memulai permainan, ada baiknya Anda melakukan beberapa persiapan. Pertama, siapkan beberapa kalimat, Anda bisa sesuaikan jumlah kalimat yang disediakan dengan jumlah peserta atau kelompok yang akan bermain. Misalnya, sediakan 3 -4 kalimat untuk tiap orang atau untuk tiap tim (jika bermain menggunakan kelompok).
  • Setelah Anda menulis kalimat tersebut di kertas atau karton, potong kalimat tersebut menjadi kata kata. Sehingga, saat ini Anda punya sejumlah potongan kata dalam kertas. Pastikan tiap kalimat menjadi satu kelompok kata dan jangan tercampur.
  • Beri nomor tiap kalimat, lalu nomor tersebut ditulis dalam kertas kecil untuk diacak di dalam mangkok agar peserta bisa memilih kalimat secara acak.
  • Peserta bisa bermain secara tunggal jika kelas kecil, atau dibagi menjadi beberapa kelompok jika kelas besar.
  • Setiap peserta atau tiap tim harus mengurutkan kata demi kata agar menajdi kalimat yang benar.
  • Tim atau peserta yang menang adalah mereka yang bisa mengurutkan kata dengan benar. Anda juga bisa menentukan batas waktu menyusun kalimatnya agar lebih menantang.
  • Selesai permainan, anda bisa membahas vocab dan grammar yang digunakan. Atau membahas kesalahan peserta untuk dikoreksi menjadi kalimat yang benar.
  • The Mime

 

Mungkin, sebagian kita mengenal the mime sebagai “tebak gaya”. The mime adalah permainan yang bagus untuk menguji atau melatih koleksi verb mereka dan juga tenses. The mime juga bisa membantu guru bahasa inggris atau bahasa asing lainnya yang membutuhkan ice breaking dalam waktu yang cukup lama. Selain belajar verb, kelas juga akan semakin interaktif, dan pastinya semakin hidup. Baik anak-anak hingga orang dewasa, bisa diberikan game ini. Namun, mungkin perlu dipertimbangkan jika pesertanya adalah orang dewasa atau orang tua, karena fisik mereka yang tidak se-fit anak muda namun harus act out mempraktekkan verb yang ditentukan.

Konten materi: vocabulary, speaking

Peserta: Semua umur, namun lebih baik anak muda

Teknis permainan:

  • Sebelum kelas dimulai, Anda perlu melakukan beberapa persiapan. Yaitu menuliskan beberapa aktivitas (dalam bahasa inggris) lalu digulung dan dimasukkan ke dalam mangkok untuk pemilihan secara acak. Aktivitas yang ditulis misalnya: “eating noodle” “writing a love letter” “lifting a heavy box” atau kata kerja tunggal “running” “jumping” “singing”. Silakan tentukan berdasar usia atau kelas siswa.
  • Selanjutnya bagi kelas menjadi dua tim, lalu tentukan siapa yang akan bermain lebih dulu.
  • Masing-masing tim menentukan siapa orang pertama yang akan mempraktikkan kata kerja dalam kertas yang diambil secara acak.
  • Kemudian peserta tersebut akan mempraktikkan gaya orang “running” atau “writing” atau “swimming”, dan lain sebagainya. Pastikan siswa yang memeragakan tidak berbicara, sedangkan anggota timnya tidak ada yang boleh menebak dalam bahasa lain selain bahasa Inggris.
  • Semua peserta dalam satu tim harus maju mempraktikkan.
  • Setiap kali anggota tim berhasil menebak, maka tim tersebut mendapat poin. Poin tertinggi adalah kelompok pemenangnya.

 

  • Hot Seat

 

Kalau tadi ada tebak gaya, maka hot seat adalah tebak kata. Hot seat juga merupakan salah satu permainan favorit untuk ice break maupun belajar bahasa inggris. Kali ini, peserta akan lebih banyak speaking. So, permainan ini juga bisa dilakukan oleh semua kalangan usia.

Konten Materi: Vocabulary, Speaking, Listening

Peserta: Semua umur

Teknis Permainan:

  • Bagi peserta dalam kelas menjadi dua tim atau lebih, sesuaikan dengan jumlah siswa.
  • Pada tiap tim, minta mereka untuk menentukan satu orang yang akan duduk di “hot seat”, yaitu duduk di kursi yang menghadap ke anggota timnya lalu di belakangnya ada papan tulis besar. Sehingga yang melihat papan adalah anggota tim, sedangkan hot seat tidak bisa melihat papan tulis.
  • Selanjutnya, giliran Anda menuliskan satu kata di papan tulis.
  • Tugas anggota tim adalah mendeskripsikan kata di papan, sedangkan peserta yang duduk di hot seat harus menebak deskripsi anggota timnya.
  • Semua deskripsi harus dalam bahasa inggris dan tidak boleh dipraktikkan, tidak boleh dieja, apalagi menyebutkan kata yang ada di papan. Misalnya untuk menebak kata “book”, mereka harus mendeskripsikan “it can be thin or thick” “it is contained of papers” “we usually read it” dan sebagainya.
  • Tiap kali menebak, batasi waktunya agar lebih menantang.
  • Ganti peserta yang duduk di hot seat dengan anggota tim lain secara bergantian.
  • Setiap jawaban yang benar maka tim tersebut mendapat poin. Untuk lebih menarik, Anda juga bisa memberikan punishment jika ada pelanggaran atau tebakan yang salah. Misal dengan, memberi bedak di wajah tim yang kalah.

Well, sahabat kampung inggris, itu dia permainan belajar bahasa inggris lainnya yang bisa kamu gunakan untuk ice breaking dalam kelas bahasa inggris maupun media belajar. Semoga sukses!

Baca juga permainan untuk belajar bahasa inggris lainnya, di sini.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *