Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Bagaimana Belajar Bahasa Inggris ?

belajar bahasa inggris di LC

Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana memulai belajar bahasa inggris? Banyak dari kita yang berpikir bahwa bahasa inggris sangatlah penting, apalagi di era teknologi modern yang serba bahasa inggris. Para orang tua menganggap bahwa menyiapkan anak-anak mereka sejak dini agar mahir berbahasa inggris sangatlah penting. Maka wajar saja jika mulai bermunculan sekolah internasional dengan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. Bukan hanya sekolah internasional, sekolah biasa pun telah menjadikan bahasa inggris sebagai mata pelajaran wajib. Tidak hanya itu, banyak orang tua yang mengaplikasikan bahasa inggris di dalam rumah mereka, sehingga anak-anak terbiasa menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa percakapan sehari-hari atau daily language.

Kebutuhan akan bahasa inggris bukan hanya bagi anak-anak ataupun pelajar. Saat ini, para bisnisman atau profesional juga menganggap bahasa inggris sangat penting jika ingin membangun relasi yang lebih luas lagi. Terlebih lagi, banyaknya perusahaan asing yang masuk ke Indonesia dan menuntut para pebisnis untuk berbahasa internasional untuk urusan presentasi, promosi, dan lain sebagainya. Disamping itu, dosen dan guru juga telah banyak dituntut untuk menguasai bahasa inggris dan teknologi informasi. Namun, tidak banyak orang indonesia yang lancar berbahasa inggris secara aktif. Bahkan banyak yang mengeluhkan bahwa belajar bahasa inggris terasa sulit, khususnya untuk urusan conversation.

Bahasa merupakan alat komunikasi manusia. Bahasa apapun, semua akan terasa sulit pada awalnya. Sama halnya dengan balita yang baru belajar bicara, ia tampak kesulitan untuk belajar bahasa pertamanya. Namun lama kelamaan balita tersebut berubah menjadi sorang anak yang lancar bicara. Begitu pun dengan bahasa inggris, jika kita gunakan sehari-hari tentu akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan inilah yang membuat kita menjadi mahir berbicara bahasa inggris.

Memulai Belajar Bahasa Inggris

1. Tentukan Tujuan

Mengapa bahasa inggris menjadi sulit, padahal orang lain tampak mudah melakukannya? Hal ini dapat terjadi karena perbedaan kebutuhan. Teman kita mudah belajar bahasa inggris karena ia memang suka dan sangat ingin mahir berbahasa inggris. Jadi, hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum belajar bahasa inggris adalah, tentukan tujuanmu belajar bahasa internasional tersebut. Misalnya, ingin belajar bahasa inggris karena ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Dengan adanya tujuan, kita akan lebih terpacu untuk belajar bahasa inggris, dan tidak merasa sia-sia karena kita tahu betul untuk apa mempelajarinya.

2. Keinginan yang Kuat

Memiliki tujuan saja tidaklah cukup. Belajar apapun, berusahalah untuk memunculkan keinginan yang kuat. Dengan adanya keinginan kuat tersebut, kita tidak akan mudah menyerah saat menghadapi kesulitan di tengah jalan. Apalagi belajar bahasa inggris yang mebutuhkan waktu lama, tentu membutuhkan semangat yang berkelanjutan.

3. Menyukai Bahasa Inggris

Banyak orang yang menyerah belajar bahasa inggris bukan karena sulit, namun karena ketidaksukaan dengan bahasa inggris, akhirnya materi yang mudah menjadi sulit. Jika Anda sedang dalam proses belajar bahasa inggris, cobalah untuk memulainya dengan perasaan senang. Hal ini dapat dilakukan dengan mengubah cara belajar Anda menjadi menyenangkan. Jika Anda mengikuti lembaga kursus, Anda bisa mencari lembaga yang metode belajarnya fun, ringan, tapi tetap berkualitas. Misalnya, di kampung inggris LC Language Center suasana belajarnya ‘rumahan’ dan nyaman. Selain itu, banyak metode belajar yang menggunakan games, sehingga membuat suasana belajar menjadi cair dan tidak membosankan.

games vocab LC kampung inggris

Bagaimana Caranya Belajar Bahasa Inggris?

Paling tidak, sebagian besar dari kita sudah pernah belajar bahasa inggris sejak sekolah. Namun, kekurangan belajar bahasa inggris secara formal di sekolah adalah intensitas pertemuan yang sangat sedikit. Oleh karena itu, Anda bisa mengambil pelajaran tambahan bahasa inggris melalui lembaga kursus. Lembaga kursus di Indonesia sudah menjamur dan berkembang di banyak kota. Jika anda kesulitan mengatur waktu, Anda juga bisa mengikuti kursus online yang disediakan oleh berbagai website. Sebaiknya, Anda mencari tempat belajar bahasa inggris dengan sistem belajar intensif. Karena bahasa inggris tidak seperti ilmu kimia yang dapat dihafal, namun bahasa inggris membutuhkan banyak latihan.

Bahasa inggris, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, merupakan keterampilan yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Bahkan, butuh waktu setiap hari untuk mempraktikkan kemampuan bahasa inggris yang dimiliki agar bisa lancar bicara dan menulis. Oleh karena itu, cara belajar yang efektif adalah dengan latihan mandiri. Tentunya, Anda harus mengumpulkan terlebih dahulu materi grammar, vocab, audio listening, pronounciation dan sebagainya. Setelah itu, Anda bisa melakukan latihan setiap hari. Lebih bagus lagi jika Anda memiliki partner belajar intensif. Dengan adanya partner, kita bisa saling mengoreksi. Selain itu, partner belajar sangat membantu saat latihan conversation dalam bahasa inggris.

Bagian terpenting lainnya dari belajar bahasa inggris adalah pengulangan. Anda bisa membuat jadwal latihan, misalnya latihan speaking di depan cermin, latihan writing, pronounciation, atau latihan soal grammar. Dari semua latihan tersebut, Anda wajib mengulang-ulang setiap hari. Karena jika hanya dilakukan sekali, tentu materi tidak terserap dengan baik dan mudah sekali lupa. Jika Anda masih kesulitan belajar secara mandiri dan kesulitan mencari tempat belajar yang tepat, mungkin Anda bisa menjadikan kampung inggris sebagai alternatif solusi. Karena di kampung inggris, Anda akan menemukan metode belajar yang berbeda dari sekolah maupun lembaga kursus reguler lainnya. Selain itu, sistem belajar intensif yang diterapkan di kampung inggris menjadi nilai tambah bagi Anda yang ingin belajar disini.

Mau tau tips sukses belajar bahasa inggris di Kampung Inggris? baca selengkapnya di: 5 Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris

Oke, sudah siap belajar bahasa inggris? semoga pertanyaan kamu tentang bagaimana belajar bahasa inggris bisa terjawab dengan artikel ini. Terus semangat dan pantang menyerah untuk belajar bahasa inggris 😀

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

23 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *