Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Bagaimana Menjawab Pertanyaan ini: How did you get to school?

how did you get there

Hello, sahabat LC Kampung Inggris. Siapa sih yang betah tinggal seharian di rumah tanpa pergi kemana-mana? Bahkan, seorang anak rumahan saja, paling tidak dia akan pergi ke sekolah. Setiap anggota keluarga pasti pernah mencoba naik kendaraan umum maupun pergi dengan kendaraan pribadi. So, ekspresi tentang transportation pasti sangat sangat sangat dibutuhkan. Bagi kita yang tinggal di Indonesia, semua aman dan tidak ada masalah. Lalu bagaimana jika suatu hari kamu berlibur ke Singapore, Kanada atau Amerika? apakah kamu akan tetap menjawab pertanyaan “How did you get here?” dengan “saya tadi kesini naik kereta bawah tanah” hihihi pasti temen-temen asing kamu di sana akan bingung. Maka, belajar vocab yang berkaitan dengan transportasi itu penting sebagai bekal kamu yang nantinya akan tinggal di luar negeri.

Well, dalam kesempatan ini kita akan membahas beberapa kesalahan dalam menjawab pertanyaan berikut:

How did you get …. (bagaimana caranya kamu sampai di …..)

How did you get to school? / bagaimana caranya kamu pergi ke sekolah?

How did you get to train station? / bagaimana caranya kamu bisa sampai di stasiun kereta?

How did you get there? / bagaimana kamu bisa sampai sana?

Pertanyaan-pertanyaan di atas, maksudnya adalah: kamu pergi ke sana naik apa? karena kita punya banyak pilihan transportasi, otomatis kamu harus memilih salah satu sebagai jawaban. Misalnya, saya ke sekolah naik sepeda, saya ke bioskop naik taksi, saya ke sini jalan kaki, dan seterusnya. Nah, sekali lagi ya, kalau ditanya menggunakan english jawabnya juga harus pake bahasa inggris ya ^_^ Nah, don’t worry, karena kita akan bahas bagimana cara menjawab pertanyaan tersebut beserta kesalahan umum yang terjadi. Check it out!

1. Menggunakan Transportasi Umum

Pergi ke sekolah menggunakan transportasi umum (Public transportation)? Boleh banget. Selain hemat energi, ga bikin macet, kamu juga bisa menikmati perjalanan karena tinggal duduk manis di dalam. Berkaitan dengan verb (kata kerja) yang digunakan, kita lihat dulu ya, jenis transportasi apa saja yang termasuk ke dalam public transportation.

  1. Bus / bis
  2. Train / kereta api
  3. Subway / kereta bawah tanah
  4. Plane / pesawat terbang
  5. Taxi / Cab / taksi

Kalau kamu naik kendaraan tersebut di atas, pastikan menjawab pertanyaan How did you get there? dengan:

I took a bus / train / Taxi / Cab /  plane (saya naik bis / kereta api / taksi / pesawat terbang)

Kenapa tidak menggunakan I drove a bus? karena kamu tidak menyetir kendaraan tersebut sendiri, melainkan kamu hanya perlu naik dan ada sopir yang mengendarainya.

How did you get to work?

I took a bus from my home

2. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Kendaraan pribadi terdiri dari sepeda, sepeda motor, mobil (pribadi). Nah, kalau kamu menggunakan kendaraan tersebut untuk pergi ke suatu tempat kamu bisa menggunakan:

I drove my car to work

Kenapa bukan I rode a car? karena verb rode (V2 dari ride) berarti kamu mengendarainya dengan posisi ada di atas kendaraan tersebut. So, kendaraan apa saja yang bisa kamu ride? Yap, apalagi kalau bukan bicycle/bike atau motorcycle/motorbike

I ride bicycle

How did you get to school?

I rode my bicycle

3. Jalan Kaki

Apa yang kamu katakan kalau kamu pergi ke suatu tempat dengan cara jalan kaki? Pastinya tidak menggunakan took atau drove ya, melainkan:

I walked

Yap, sederhana banget kan? Hanya saja, ada beberapa kesalahan umum yang kadang terjadi:

I go by foot (artinya kamu jalan kaki dengan satu kaki, isn’t it make you tired? hihihi)

How did you get there?

I walked

4. Naik dan Turun Kendaraan

Eumm, saya mau naik bis, apa yang harus saya katakan dalam bahasa inggris? I got on atau I got in?? Nah, untuk membedakan kedua ekspresi tersebut, kita juga harus membedakan mana kendaraan yang bisa menggunakan got on dan mana kendaraan yang menggunakan got in.

Pertama, I got on  ditujukan untuk kendaraan yang berupa public transportation yang memiliki ciri-ciri kendaraan yang besar, menampung banyak orang, dan sifatnya publik. Kalau kamu naik kendaraan dengan ciri-ciri tersebut, gunakan got on (naik) atau got off (turun)

Contoh: I got on the bus / plane / train/ subway

Kedua, I got in digunakan untuk kendaraan yang sifatnya private, ukuran kendaraan kecil, dan menampung satu atau beberapa orang. Misalnya mobil pribadi dan taksi. So, kalau kamu naik dua kendaraan tersebut, gunakan got in (masuk) atau got out (keluar)

Contoh: I got out my car when I arrived at the hotel

Baca juga: Penggunaan Good dan Well dalam Kalimat Bahasa Inggris

Sudah bisa menjawab pertanyaan ini: How did you get to school kan? Karena belajar bahasa inggris memang mudah kok, selamat mengeksplor lebih banyak lagi. Enjoy learning dude!

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *