Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Bagaimana Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris?

Bagaimana Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Bagaimana Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris? – Berbagai aturan penulisan dalam bahasa inggris cukup berbeda dengan bahasa Indonesia. Termasuk dalam menulis tanggal. Jangankan dengan bahasa kita, antara British english dengan American english pun penulisan tanggal bisa berbeda. Beragamnya aturan penulisan tanggal ini kadang bisa menyebabkan masalah fatal. Tidak menutup kemungkinan, kita salah paham dengan tanggal yang tertulis. Misalnya 7/4/2016 di US berarti 4 juli 2016. Padahal, di UK berarti 7 april 2016. Nah, biar gak kebolak balik dan semakin bingung, yuk kita bahas bagaimana sih sebenarnya penulisan tanggal dalam bahasa inggris?

Banyak orang yang bingung dalam penulisan tanggal adalah terkait posisi bulan dan tanggalnya. Ada yang menulis bulan dulu, tanggal lalu tahun. Namun ada juga yang menulis tanggal di depan dengan diikuti bulan dan tahun. Ada juga aturan penulisan tanggal dalam bentuk numerik. Peraturan ini bisa berbeda tergantung di mana kita menggunakan tulisan dengan tanggal tersebut. Di US kah? Atau Eropa? Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam bahasa inggris ada dua aksen umum yaitu BrE (British english) dan AmE (American english). Aksen bahasa inggris ini juga mempengaruhi aturan penulisan tanggal. Take a look!

Penulisan Tanggal Versi American

Di United States, penulisan tanggalnya cukup unik dan pastinya berbeda dengan Indonesia. Jika kita biasa menulis tanggal: 10 Agustus 2016 maka penulisan tanggal secara formal di US yaitu bulan/tanggal/tahun. Sehingga, penulisan July 16, 2016 adalah benar di US. Untuk penulisan secara formal, sebaiknya kita tidak menyingkat tahun (misalnya 2016 menjadi 16) ataupun menulis tanggal dalam angka (misalnya 08/10/2016) karena bisa ambigu. Jadi, seandainya kita hendak menulis surat resmi kita harus menulis tanggal bulan dan tahun secara lengkap yaitu August 10, 2016. Perlu diperhatikan juga nih guys, tulis bulan tanpa menggunakan singkatan (misalnya January; Jan) dan sebaiknya nama bulan dimulai dengan huruf kapital.

Penulisan Tanggal Versi British

Penulisan tanggal dalam BrE berbeda-beda tergantung negaranya. Secara umum, tanggal ditulis dalam format tanggal/bulan/tahun, misalnya 8/2/2016 berarti 8 February 2016. Atau menurut standar ISO banyak juga negara yang mengadopsi format tahun-bulan-tanggal (contoh: 2016-08-10). Dan  di luar itu, banyak negara yang juga memiliki format penulisan tanggal tersendiri. Penting untuk mengetahui format khusus tersebut guys, agar kita bisa menulis surat atau tulisan formal sesuai dengan penerimanya.

Sedangkan penulisan tanggal secara informal, kadang-kadang terdapat tambahan th, rd, st, nd setelah tanggal. Tambahan tersebut sama seperti kita mengucapkan tanggal. Misalnya:

“What is the date today?”

“It’s the first of August”

Sehingga, 17 agustus 2016 bisa ditulis secara informal: 17th August 2016 . Pastikan singkatan tanggalnya tepat ya (st, rd, nd dan th). Contohnya:

  • My final test will be held on 22nd April
  • Devis’s new clothing shop will be launched at July 1st.

Well sahabat Kampung Inggris, itu dia aturan umum penulisan tanggal dalam bahasa Inggris. Sebagai tambahan, 1) sangat penting mengenal siapa yang akan menerima tulisan atau surat kita, khususnya dalam bisnis. Beda negara bisa beda pemahaman akan penulisan tanggal. 2) ulasan di atas merupakan aturan umum dalam penulisan tanggal secara formal. Sedangkan dalam situasi informal, bisa jadi terdapat berbagai format berbeda. 3) Khususnya dalam tulisan formal, sebaiknya tidak menyingkat bulan dan tahun. Tulis semua dengan lengkap agar tidak ada mispersepsi.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya! Jangan lewatkan juga tips belajar lainnya di: Belajar Bahasa Inggris Lewat Lirik Lagu

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *