Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Bahasa Inggris dari Idiom

belajar bahasa inggris

Belajar Bahasa Inggris dari Idiom – Mempelajari suatu bahasa, misalnya bahasa Inggris, bisa dari mana saja medianya. Mulai dari  belajar bahasa inggris di kelas bersama tutor atau guru, hingga belajar otodidak yang banyak sekali caranya. Kita bisa memanfaatkan berbagai hal yang ada di sekitar, contoh simpelnya adalah dengan “menenggelamkan” diri dalam bahasa Inggris. Misal jangan biarkan ada bahasa Indonesia di kamar kita. Tempelkan tulisan-tulisan berbahasa inggris di dinding, membuat catatan dalam bahasa inggris, menempelkan sticky notes berisi vocab-vocab di kamar, hingga berbicara bahasa inggris di rumah. Selain itu, kita juga bisa belajar melalui video atau movie berbahasa inggris untuk melatih listening dan memperluas wawasan vocab kita. So, belajar bahasa inggris itu bukan hanya di sekolah atau di tempat kursus. Namun di rumah, di jalan, di kantor, di manapun kita bisa sambil mengasah kemampuan bahasa inggris kita.

Belajar dari Idiom

Untuk mempercepat proses belajar, kamu harus pintar-pintar memilih apa saja yang dipelajari. Biasanya, mereka yang baru belajar bahasa inggris hanya mempelajari vocab tunggal saja. Padahal, dalam bahasa Inggris ada phrase (gabungan dua kata atau lebih yang membentuk satu makna tertentu), expression, proverb, idiom, dan lainnya. Semua itu juga digunakan oleh native english speaker sehari-hari. Jadi, sayang sekali kalau kamu hanya belajar vocab tunggal saja. Misalnya saja, idiom. Idiom ini ada di semua bahasa, bahkan dalam bahasa Indonesia. Idiom adalah kata atau frasa yang tidak bisa diartikan sesuai kata per kata. Namun ada makna khusus di balik kata atau frasa tersebut. Contohnya, dalam bahasa Inggris mungkin kita sering mendengar “hit the road” namun artinya bukan berurusan dengan menyerang atau memukul jalanan, tetapi maksudnya adalah “let’s go”. Idiom ini sangat sering digunakan oleh native speaker, khususnya dalam percakapan informal. Maka itu, mempelajari idiom juga merupakan salah satu cara agar kita terbiasa dengan bahasa Inggris. Jangan sampai, saat ada teman kamu dari USA mengatakan “Break a leg!” lalu kamu malah bingung kenapa kamu harus mematahkan lengan seseorang, padahal artinya adalah “good luck!”

Barangkali, kamu sudah mempelajari banyak vocab dalam bahasa inggris dan mulai bisa membuat kalimat demi kalimat. Namun, sedikit “terkacaukan” lagi dengan adanya idiom karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, idiom tidak bisa diartikan secara literal sesuai yang tertulis. Dan lagi, mungkin kamu akan mengalami kesulitan lagi untuk belajar idiom atau mungkin kamu malah bingung ketika teman native speaker kamu mulai mengeluarkan idiom dalam percakapan mereka. Namun, bukan waktunya kamu takut dengan idiom. Justru karena native speaker terbiasa menggunakan idiom, kamu juga harus mempelajarinya. Jika suatu hari kamu menemukan seorang native speaker bicara di luar konteks kalimat, terdengar aneh, mungkin saja itu idiom yang baru pertama kamu dengar. So, kamu bisa menanyakannya pada mereka apa maksud dari kalimat idiomatik tersebut.

Bagaimana Memulai Belajar Idiom?

Pertama, yang perlu kamu tau adalah, banyak sekali sumber di internet yang sudah meringkas idiom-idiom dalam bahasa inggris. So, kamu tidak perlu mencarinya di buku-buku atau textbook. Idiom dalam bahasa inggris (khususnya jika kamu mau mencari di Internet) ada beragam. Ada idiom yang memang terkenal dan biasa digunakan sehari-hari, dan ada juga idiom yang berdasar tema tertentu. Seperti yang sering LC Kampung Inggris  ulas sebelum-sebelumnya, seperti idiom tentang number one, idiom tentang vegetable, idiom tentang money, dan sebagainya. Nah, setelah menemukannya, kamu bisa mulai mengenali dan mencari tau artinya. Setelah tau, kamu tidak wajib menghafal puluhan idiom dalam sehari kok, cukup dengan menggunakannya. Karena native spekaer pun, belum tentu hafal semua idiom bahasa inggris, namun karena mereka terbiasa menggunakannya, maka secara otomatis mereka bisa menghafalnya. So, simpel banget kan cara memulainya, yaitu dengan: MENCARI – TAU ARTINYA – GUNAKAN. Kamu juga bisa menempelnya di kamar, dengan menambah gambar terkait agar mudah hafal.  Gimana? Mau coba belajar bahasa inggris lewat idiom? Harus donk! Selamat mencoba 😀

Jangan lewatkan idiom terkenal dan keren yang sebelumnya telah diulas oleh kami hanya di sini

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *