Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Bahasa Inggris Dengan Native Speaker

belajar bahasa inggris dengan native speaker

Belajar Bahasa Inggris Dengan Native Speaker – Bagaimana cara belajar bahasa inggris yang benar ya? apakah harus ikut kursus bahasa inggris? Tentu saja tidak, banyak sekali cara belajar bahasa inggris yang bisa kita lakukan. Entah secara otodidak atau belajar mandiri maupun melalui bantuan guru di tempat kursus bahasa inggris. Yang terpenting dari belajar bahasa asing adalah kontinuitas. Semakin sering kita belajar dan latihan, maka semakin cepat kita mampu cas cis cus dalam bahasa inggris.

Lalu bagaimana dengan belajar bahasa inggris langsung dengan ahlinya, atau para native speaker? Pastinya akan lebih efektif. Berikut ini beberapa keuntungan belajar bahasa inggris langsung dengan penutur asli bahasa internasional tersebut:

1. Terpaksa Bicara English

Tidak banyak orang asing (misalnya orang USA) yang lancar berbahasa Indonesia. So, saat kita bertemu dan ngobrol dengan para native speaker, secara otomatis kita harus bicara dalam bahasa inggris. Meskipun pada awalnya salah, tapi kita akan terpacu untuk terus belajar bahasa inggris. Jika aktivitas ngobrol dengan native speaker ini dilakukan selama berminggu-minggu bahkan berbulan bulan, dijamin deh kamu pasti lebih jago berbahasa inggris. Untuk tahap selanjutnya kamu hanya perlu memperbaiki grammar untuk speking bahasa inggrisnya.

2. Dikoreksi Langsung

Para native speaker atau penutur asli bahasa tertentu, umumnya berasal dari negara berbahasa inggris atau memang tinggal lama di tempat tersebut. Bahasa inggris sudah menjadi bahasa sehari-hari mereka atau yang biasa kita sebut dengan bahasa ibu. Jadi jangan heran kalau para native ini sudah ngelotok dengan bahasa inggris. Sama halnya dengan kita yang asli orang Indonesia, pasti bahasa nasional ini sudah di luar kepala, atau automatically thinking saat bicara.

Cobalah untuk sesekali berinteraksi secara informal atau memang dengan tujuan belajar english, pasti mereka akan sering sekali mengoreksi cara kita menulis atau bicara bahasa inggris. Bagi para native, grammar adalah seusatu yang sudah biasa saat coversation sehari-hari. So, jangan pernah malu untuk salah di depan sahabat native kita, karena dari mereka kita bisa terus melatih english sampai sesuai EYD ala english.

3. Meniru Pronunciation Native Speaker

Kamu pernah belajar cara pengucapan kata dan kalimat bahasa inggris? Dengan siapa kita belajar? Tentunya dengan native speaker yang memiliki pronunciation begitu sempurna. Selain bisa meniru langsung cara bicara mereka, kita juga bisa memahami aksen dalam bahasa inggris. Aksen ini berasal dari perbedaan wilayah. Misalnya, cara mengucapkan kata dan kalimat dalam bahasa inggris orang UK (Britania) dengan US (Amerika), kamu akan menemukan beberapa perbedaan antara keduanya. Berbeda lagi dengan orang-orang India dan Korea dalam biacara bahasa inggris. Namun untuk belajar dari basic, kamu cukup belajar dari satu sumber saja (misal US saja atau British saja) untuk menghindari kebingungan.

Meniru pronunciation native speaker bisa menghemat waktu, karena biasanya untuk belajar pengucapan bahasa inggris kita membutuhkan kamus atau media lainnya. Sedangkan belajar langsung dengan native speaker, kita tidak perlu media khusus, cukup dengan memperhatikan gaya bicara mereka.

Bagaimana Cara Belajar dengan Native Speaker?

Tidak dapat dipungkiri, untuk sukses belajar bahasa inggris, dibutuhkan effort atau usaha keras dan waktu yang tidak sebentar. Namun dengan adanya ide belajar bahasa inggris dengan native speaker bisa mempermudah kita yang sedang semangat belajar. Lalu bagaimana caranya untuk bisa bertemu dengan para native ini?

Bertemu Langsung di Negara Asal Mereka

Hal tersebut adalah cara paling efektif nomor satu. Semua keuntungan belajar bahasa inggris dengan native speaker akan kita dapatkan kalau kita bertemu dengan orang asli Amerika (misalnya) dan tinggal di sana selama beberapa waktu. Setiap keluar rumah, kita disajikan dengan orang Amrik yang ngomong sepanjang hari menggunakan bahasa inggris. Secara terpaksa, kamu akan dituntut bicara bahasa inggris. Namun kekurangannya, kita membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk terbang menuju Amerika atau London. Mungkin hanya sebagian orang yang memang memiliki dana berlebih yang bisa melakukan hal tersebut. Bagi kamu yang tidak bisa terbang ke negeri para native, jangan khawatir dan jangan resah, karena masih banyak alternatif cara lainnya untuk belajar langsung dengan native speaker.

Menggunakan Media Sosial

Internet, merupakan harapan bagi banyak orang yang hendak belajar bahasa inggris. Di berbagai media sosial seperti facebook, twitter, blog, sangat mudah untuk menemukan akun para native dan ngobrol dengan mereka. Bagi kamu yang ingin serius belajar bahasa dengan native speaker, kamu bisa membuat akun Interpals Penpals untuk bertukar ilmu linguistik. Misalnya, bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris, atau bahasa lain seperti Jerman, Jepang, Rusia, Korea, dan lainnya. Cara ini lumayan efektif bagi kamu yang tidak punya uang berlebih untuk pergi ke luar negeri.

Masih kurang juga? Coba belajar bahasa inggris lewat aplikasi canggih, baca selengkapnya di: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Well, belajar bahasa inggris memang membutuhkan energi besar dan kesungguhan. Intinya adalah jangan pernah berhenti belajar, meskipun kita tidak bisa langsung berada di luar negeri. Belajar bahasa inggris bisa dilakukan di mana saja. Bahkan, kalau kamu mau, kamu bisa membuat komunitas bahasa inggris sehingga bisa belajar bersama dan saling mengoreksi. Atau pun mengikuti komunitas yang sudah ada, misalnya pergi ke kampung inggris pare yang biayanya lebih murah dibanding ongkos ke Washington DC. Kampung inggris ini dikenal sebagai pusat belajar bahasa inggris terbesar di Indonesia yang memiliki ribuan siswa dengan atmosfer belajar yang snagat kental. Kemanapun kamu memandang, budaya ngobrol inggris di sini sangat bagus. Dengan begitu, tanpa disadari kamu akan terbiasa dengan bahasa inggris. Jadi, Belajar Bahasa Inggris Dengan Native Speaker bukan satu satunya cara agar jago berbahasa inggris, namun banyak hal lain yang bisa kamu upayakan. Dimana ada kemauan, di situ ada jalan. Keep learning ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

11 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *