Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Bahasa Inggris dengan WORD FAMILY

belajar bahasa inggris dengan word family

Belajar Bahasa Inggris dengan WORD FAMILY – Halo sahabat Kampung InggrisKreatif, adalah salah satu kunci berhasil dalam belajar. Jangan hanya terpaku pada satu metode, satu buku dan satu guru saja. Namun di luar sana masih banyak cara belajar bahasa inggris asik dan menyenangkan. Apalagi, bagi para orang tua yang akan mengajarkan anak-anaknya bahasa inggris. Jangan kehabisan akal agar anak menyukai bahasa inggris yaa. Salah satu caranya dengan menggunakan konsep word family. Whoops! apa itu?

Word = kata, Family = keluarga. Kata keluarga? Keluarga kata? Mana yang tepat?

Yap, pernahkah kamu mendengar istilah keluarga kata atau word family? Yaitu kelompok kata yang memiliki kata dasar (root) yang sama dengan ditambahkan suffix dan prefix (imbuhan) yang berbeda-beda sehingga artinya pun akan berbeda. Misalnya, pada kata dasar WORK, ada rework (mengoreksi), worker (pekerja), working (bekerja), workshop (ruang kerja, pelatihan), workmanship (kecakapan kerja), workable (bisa bekerja), workday (hari kerja), dan masih banyak lainnya.

Mempelajari konsep word family bisa meningkatkan kemampuan kamu dalam menguasai vocab lho! Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa penambahan prefix dan suffix membuat perubahan arti kata dasar. Meskipun root (kata dasar) nya sama tetapi penggunaannya bakal berbeda. Bayangkan jika salam satu hari kamu fokus menguasai satu word family dengan satu kata dasar, kamu bisa menguasai banyak vocab sekaligus. Karena satu root bisa menghasilkan lebih dari satu kata baru. Contoh lagi nih, ‘counteract’ berarti sikap melawan seseorang, sedangkan ‘react’ yaitu sikap merespon seseorang. hanya beda penambahan counter- dan re-, namun sudah beda arti dan kita mendapat dua vocab baru. Great!

Berdasarkan Oxford Learners Dictionaries, Ada dua jenis word family, yaitu:

1. Berdasarkan Kesamaan Bunyi

“a group of words with particular features in common” yaitu ada banyak kata yang cara menyebutnya (pronunciation) nya satu irama, seperti kata hat /hæt/ dan cat /kæt/ merupakan satu word family.

Contoh word family berdasar kesamaan bunyi:

  • bunyi ‘ake’ /eɪk/ >> bake – brake – fake – awake – cake – flake – lake – make – quake – sake -rake – shake – snake – stake – wake – take
  • bunyi ‘ame’ /eɪm/ >> blame – came -name – same – tame – shame – lame – frame -flame -fame – game
  • bunyi ‘ent’ /ent/ >> cent – bent – accent – gent – event – lent – rent – sent – spent – went – vent – tent
  • bunyi ‘out’ /aʊt/ >> about – spout – grout – out – lout – shout – snout – tout – trout – stout

2. Kesamaan Kata Dasar

“a group of related words that are formed from the same word” sekelompok kata yang terbentuk dari kata dasar yang sama, juga disebut satu word family. Misalnya: help, helper, dan helpful.

Contoh word family dari kata dasar yang sama dengan penambahan prefix dan suffix:

  • ACT >> overreact – react  – reaction- counteract – counteractive – interact – interaction -interactive – proactive
  • TAKE >> retake – intake – taker – taken
  • BLOW >> blowie – blowess – blower – blowen – blowable – blowby – blowdown
  • FIT >> fitful – fitfully – fitfulness – fitly – fitment – fittable – fitness – fitting – fitter
  • ANALYZE >> analyzed – analyzer – reanalyze
  • CATCH >> catchable – catcher – catching – catchment – catchy – catchiness

Nah, setelah mengetahui konsep WORD FAMILY, sekarang kamu bisa mulai berkreasi dalam belajar vocab. Khususnya, belajar bahasa inggris untuk anak, yang membutuhkan banyak metode agar mereka kenal dengan vocab dalam bahasa inggris. Mengenalkan word family pada anak tidak harus disebutkan atau dibaca, namun mereka juga bisa diberi permainan agar lebih mudah mengingat. Kita bisa membuat worksheet atau mading yang berisi word family, seperti ini:

contoh word family1

Setelah ini, kamu juga bisa belajar bahasa inggris dengan word family menggunakan vocab-vocab yang bersifat medium hingga kesulitan tingkat tinggi. Selamat mencoba 🙂

Belajar vocab? Mudah lho, baca selengkapnya di: Cara Mudah Menghafal Vocab

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *