Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Bahasa Inggris di Tempat Wisata

bicara bahasa inggris

Belajar Bahasa Inggris di Tempat WisataWaktu liburan adalah masa yang sangat dinanti bagi para pekerja maupun pelajar. Anak-anak kecil sangat mengimpikan liburan di tempat yang full permainan dan hepi hepi. Orang tua mungkin hanya ingin relaksasi di pantai, pegunungan atau tempat yang jauh dari metropolitan. Lalu ada sebagian orang yang liburan dengan tujuan khusus mengasah keterampilan berbahasa inggris. Kok bisa ya, liburan sambil belajar bahasa inggris? Karena Indonesia merupakan negara terkaya sumber daya alamnya dengan ragam pilihan destinasi wisata yang dicari-cari oleh para wisatawan asing. Para foreigner ini yang datang ke Indonesia ibarat laboratorium bahasa secara tidak langsung bagi para siswa yang sedang belajar bahasa inggris. Bagaimana tidak, mereka bisa bertemu langsung dengan orang bule yang merupakan penutur asli bahasa Inggris. Dalam bahasa inggris, turis asing ini disebut native speaker. Nah, bagi kamu yang sedang belajar english, kamu bisa menguji kemampuan conversationmu dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi turis asing.

Conversation merupakan bagian penting dalam belajar bahasa inggris. Seperti artikel english learning sebelumnya: Belajar Bahasa Inggris dengan Native Speaker, percakapan bahasa inggris biasanya dilakukan oleh partner belajar atau tutor di tempat kursus, namun jika kita bicara langsung dengan native speaker, semua terasa berbeda. Mulai dari adanya sedikit grogi karena takut salah, sampai kita akan benar-benar dikoreksi oleh orang bule tersebut. Banyak sekali keuntungan liburan bersama turis asing. Selain mendapatkan sensasi liburan khas Indonesia, kita juga punya pengalaman ngobrol langsung dengan turis plus cerita mereka selama berada di luar negeri hingga perjalanan ke Indonesia. Mulai dari bahasa inggris, sampai kultur luar negeri bisa kita dapatkan di sini. So, tunggu apa lagi? Mari kita cek beberapa destinasi wisata berikut yang bisa kamu jadikan pilihan untuk liburan sambil belajar bahasa inggris.

1. Pulau Dewata Bali

belajar bahasa inggris di tempat wisata

 

Siapa yang tidak kenal Pulau Bali. Tempat ini menjadi destinasi wisata yang sangat ramai dengan turis mancanegara. Lokasi favorit di bali ada Pantai Kuta, Tanah Lot, Legian, Bedugul, Pantai Sanur, dan Ubud. Bahkan, banyak orang luar negeri yang hanya mengenal Bali tanpa tau keberadaannya di Indonesia. Ini menunjukkan betapa masyhurnya Bali di mata Internasional, jadi akan sangat mudah menemui orang bule di Pulau Bali.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur tepatnya terletak di Magelang, Jawa Tengah. Sebagai salah satu dari tujuh kejaiban dunia di masa pertengahan, candi borobudur hingga saat ini masih ramai pengunjung. Bukan hanya dari lokal jawa tengah atau Indonesia, namun tampak banyak turis asing yang juga penasaran dengan candi budha peninggalan abad ke-8 ini.

3. Borneo, Kalimantan

Yap, Borneo terkenal dengan salah satu primata yang nyaris langka, yaitu Orang Utan. Panorama alam yang asri juga membawa banyak turis untuk berkeliling di daerah konservasi orang utan, khususnya di Taman Nasional Tanjung Puting. Turis asing yang datang ke tempat ini umumnya penasaran dengan konservasi orang utan terbesar di dunia ini. Jadi wajar saja kalau suatu hari kamu pergi ke tanjung puting akan menemui sejumlah foreigner yang sedang mengambil foto atau berkeliling melihat lihat taman nasional.

4. Lombok

Lombok, merupakan sebuah pulau di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kecantikan lombok ini tidak kalah menarik dari Bali yang bisa menyedot wisatawan lokal dan asing. Di lombok, kamu bisa menikmati keindahan pantai dan berbagai pulai kecil yang biasa disebut Gili.

5. Gunung Bromo

wisata gunung bromo

Di mata internasional, Indonesia dikenal dengan negara yang dikelilingi cincin api pasifik. Ini berarti masih banyak sekali kemungkinan gempa yang berasal dari gunung vulkanik aktif di Indonesia. Meski begitu, tak menyurutkan wisatawan untuk datang ke gunung-gunung di sini, contohnya saja gunung Bromo. Keindahan Bromo dan kekhasan suku tengger di dalamnya sukses merebut perhatian turis asing untuk terus berdatangan ke tempat ini, meski selalu ada kemungkinan gunung tersebut kembali aktif.

Kelima tempat wisata tersebut rata-rata dicari oleh turis asing karena keindahan alam dan kekhasan Indonesia nya. Di saat liburan seperti liburan tahun baru, tempat tersebut dipadati turis lokal dan asing. Oleh karena itu, sebelum bertemu para foreigner tersebut ada baiknya kamu mempersiapkan diri, karena bisa jadi lho, kamu bakal ditunjuk menjadi tour guide pribadi mereka. Yuk lakukan persiapan berikut supaya conversation kamu lancar saat bertemu para bule dari berbagai belahan dunia.

Vocab dan Expression Tentang Liburan dan Wisata

Ada jutaan vocabulary atau kosa kata dalam bahasa inggris. Salah satu tema penting untuk belajar vocab yaitu tentang tour, liburan, memesan hotel dan sebagainya. Tema ini penting bagi kamu yang akan liburan ke luar negeri ataupunke tempat wisata lokal yang banyak dikunjungi turis asing. Misalnya:

Where have you been so far? / Kamu sudah pergi ke mana saja?

We’re going to Dubai next week / Kami akan pergi ke Dubai minggu depan

What time will the train to Jakarta leave? / Jam berapa kereta tujuan Jakarta akan berangkat?

I would like to rent a car for one week / Saya mau menyewa mobil untuk satu minggu

Latihan Conversation Menggunakan Bahasa Inggris

Setelah mengenal vocab dan expression khusus travelling, pastikan kamu juga sudah latihan berbicara bahasa inggris secara umum. Paling tidak, kamu lancar mengenalkan diri, memberi petunjuk jalan, menawarkan traktiran makan siang, dan lainnya. Dengan begitu, bukan hanya lancar saat liburan, tapi kamu akan termotivasi untuk terus belajar bahasa inggris setelah liburan selesai.

Mengenal Tempat Wisata Lokal

Hal penting lainnya yaitu kamu mengenali sejarah, keterangan, fasilitas dan lokasi tempat wisata yang kamu kunjungi. Sehingga, kalau ada turis asing yang bertanya kamu bisa memberi keterangan dengan lengkap dan benar. Karena pastinya turis asing lebih nol di Indonesia daripada kita. So, pelajari dulu tempat wisata yang akan kamu kunjungi nanti.

Nah, terbukti kan beberapa destinasi liburan di Indonesia bukan hanya dijadikan tempat bersenang-senang melainkan bisa Belajar Bahasa Inggris di Tempat Wisata tersebut. Kalau kamu punya komunitas belajar bahasa inggris, ataupun lembaga kursus, sesekali kamu bisa mengunjungi tempat yang ramai turis asing tersebut untuk menguji kemampuan conversation dengan para native speaker. Contohnya saja, di Kampung Inggris Kediri. Di sini, sebagian besar siswa pergi ke bali atau candi borobudur untuk praktik bahasa inggris langsung. Selain liburan, bisa belajar juga kan. So, selamat berlibur ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *