Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Bahasa Inggris Kilat

belajar bahasa inggris kilat

Belajar Bahasa Inggris Kilat – Meskipun saat ini bahasa inggris menjadi bahasa internasional yang telah digunakan di banyak negara, namun masih banyak orang yang tidak terlalu memprioritaskan diri untuk belajar bahasa inggris. Terlebih jika negara asalnya merupakan negara yang tidak menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa ibu, contohnya Indonesia. Bahasa inggris hanya akan menjadi pelajaran wajib di sekolah. Padahal, sistem dan jadwal belajar bahasa inggris di sekolah bisa dikatakan masih sangat kurang. Untuk mempelajari suatu bahasa asing, dibutuhkan proses belajar yang panjang, intensif, dan intensitas latihan sesering mungkin.

Keterampilan bahasa inggris, dalam kehidupan sehari-hari memang tidak terlalu dibutuhkan, karena kita tinggal di negara dengan bahasa asli Indonesia. Namun jika suatu hari Anda akan menghadapi wawancara kerja dan harus berhadapan dengan orang asing, apa yang akan Anda lakukan? Mungkin Anda akan mencari cara agar bisa berbahasa inggris dalam waktu singkat. Pertanyaannya, apakah ada cara belajar bahasa inggris kilat? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita lihat terlebih dahulu bagaimana proses seseorang mampu menguasai bahasa asing.

Wajar jika banyak orang mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa asing, karena setiap manusia sebetulnya memiliki kekuatan memori otak yang tidak sama. Padahal, untuk mempelajari bahasa baru, kita memerlukan seluruh kemampuan memori otak. Cara kerja otak untuk menerima bahasa baru yaitu melalui bagian memori otak yang memiliki kemampuan menmgingat kata-kata baru. Selain itu, ada lagi bagian otak yang berfungsi menyempurnakan logat bicara . Kata-kata baru dalam bahasa asing yang harus diucapkan dalam waktu sekian detik, membutuhkan kerja ekstra agar otak bisa memprogram secara otomatis. Dengan cara seperti ini, kita dapat berbicara bahasa asing tanpa berpikir, atau automatically thinking.

Sistem kerja otak untuk menerima bahasa baru memang kompleks. Oleh karena itu, dalam mempelajari bahasa inggris sebaiknya didukung dengan motivasi yang kuat dan totalitas. Artinya, bukan hanya total dalam belajar tapi juga Anda perlu memasuki dunia, kebudayaan, dan kebiasaan yang ada di negara berbahasa inggris. Sebut saja Amerika, jika Anda sedang dalam proses belajar bahasa inggris, tentu akan lebih mudah dengan menonton film Amerika dan mendengarkan audiobook atau lagu berbahasa inggris. Dengan mengetahui kebudayaan yang ada di negara tersebut, kita juga bisa memahami berbagai penggunaan vocab dalam percakapan sehari-hari. Nah, intinya adalah belajar bahasa inggris membutuhkan motivasi dan semangat yang tinggi.

Selain motivasi, kita juga membutuhkan waktu. Bayangkan saja, ada dua juta lebih vocabulary yang ada dalam bahasa inggris. Belum lagi banyaknya tata bahasa yang harus dikuasai dan diaplikasikan untuk writing atau speaking. Lalu, apakah bisa kita belajar bahasa inggris dengan kilat? Jangan khawatir, tentu saja kamu bisa belajar bahasa inggris kilat. Bahkan, dalam waktu satu hari kamu pasti bisa berbahasa inggris. Hanya saja, pada level mana kamu bisa berbahasa inggris. Paling tidak, ada tiga level untuk membagi kemampuan bahasa inggris seseorang, yaitu:

1. Elementary

Pada level elementary, artinya kamu berada pada level basic. Paling tidak, kamu sudah mengenal bunyi alphabet dalam bahasa inggris, part of speech yang meliputi noun, adjective, verb, adverb, conjunction, dan sebagainya. Kamu bisa mulai membuat kalimat-kalimat sederhana dan membacakannya.

2. Intermediet

Intermediet berarti level pertengahan. Pada level ini, pronounciation atau cara pengucapan bahasa inggris sudah lebih baik dan vocabulary yang dihafal sudah lebih banyak. Paling tidak, pada level intermediet kamu sudah memiliki kemampuan untuk mendeskripsikan sesuatu dalam bahasa inggris dan mampu terlibat dalam conversation bahasa inggris.

3. Advance

Advance atau kemampuan lanjutan, artinya kamu sudah mampu berbahasa inggris aktif baik dengan tulisan maupun percakapan. Kamu sudah mampu memimpin meeting, menjadi master of ceremony, presentasi, dan lainnya.

Selain tiga level di atas, kamu juga bisa menilai kemampuan bahasa inggris dengan test TOEFL. Tes tersebut merupakan tes kemampuan bahasa inggris yang meliputi listening, grammar dan reading tanpa berpatokan pada materi tertentu. Sehingga materi yang diujikan sangat umum dan dapat mewakili kemampuan bahasa inggrismu yang sesungguhnya.

Tips Belajar Bahasa Inggris Kilat

Nah, sekarang kamu sudah bisa menentukan sejauh mana kemampuan bahasa inggris yang kamu dapatkan selama belajar satu hari. Tentunya akan berbeda dengan  waktu belajar satu bulan atau bahkan enam bulan. Tapi jangan khawatir, kami akan memberikan tips belajar bahasa inggris terbaik agar dapat menguasainya dalam waktu yang lebih cepat.

1. Memanfaatkan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Di era teknologi seperti saat ini, sudah banyak sekali aplikasi canggih yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa inggris. Dengan bantuan aplikasi online maupun offline, kamu bisa melatih hafalan vocab maupun mengasah grammar. Audiobook untuk latihan listening juga tersedia secara gratis. Jadi, jangan ragu untuk mulai mencari informasi aplikasi belajar bahasa inggris mulai dari yang gratis hingga berbayar.

2. Membaca Media Berbahasa Inggris

Mungkin awalnya sulit untuk memahami inti berita berbahasa inggris. Namun dengan membiasakan diri membaca media berbahasa inggris, misal media lokal Amerika atau media Internasional, kamu akan terlatih untuk memahami berita dengan cepat. Kalau kamu kesulitan memahami artinya, sediakan selalu kamus dalam jangkauan.

3. Ngobrol Langsung dengan Native Speaker

Pernahkah kamu mencoba bicara langsung dengan native speaker? Atau paling tidak bertukar pesan (chatting) dengan penutur asli bahasa inggris. Ngobrol langsung dengan native speaker atau penutur asli bahasa inggris akan menjadi pengalaman belajar yang baik, karena kamu akan mengetahui logat asli, cara bicara, dan budaya bicara mereka.

4. Beranikan Diri

Tidak takut salah adalah kunci utama dari belajar. Misalnya, saat akan bicara dengan native speaker, kamu hanya perlu memberanikan diri. Be confidence! Bukan hanya dengan native speaker, bahkan saat belajar bahasa inggris, beranikan diri untuk bertanya. Dan yang lebih penting, beranikan diri untuk bicara bahasa inggris dalam tiap kesempatan.

5. Mengulang Latihan

Mempelajari materi bahasa inggris, mulai dari vocab, grammar, pronounciation dan speaking tentu membutuhkan latihan sesering mungkin. Latihan yang bisa kamu terapkan yakni latihan menulis essay bahasa inggris, latihan translate, speaking, mengerjakan soal, dan sebagainya. Semakin sering kamu mengulanginya, maka akan semakin cepat menguasai bahasa inggris.

6. Menggunakan Bahasa Inggris All time

Tinggal di negara dengan bahasa pengantar inggris merupakan cara tercepat, karena kita langsung berinteraksi dengan mereka setiap hari, maka mau tidak mau kita akan ‘terpaksa’ berbahasa inggris. Namun, apakah harus terbang ke Kanada atau USA untuk belajar bahasa inggris? kalau kamu memiliki kemampuan finansial, tentu tidak masalah. Jika tidak, jangan berkecil hati karena belajar di Indonesia pun kamu pasti bisa segera menguasai bahasa inggris. Caranya dengan sungguh-sungguh menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari. Misal, saat update status social media, menulis blog, gunakanlah bahasa inggris. Kalau kamu masih kesulitan, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk belajar bahasa inggris di kampung inggris Pare yang terkenal sebagai pusat belajar bahasa inggris terbesar di Indonesia. Kamu akan menemukan partner belajar dan lingkungan yang kondusif untuk belajar bahasa inggris. Di LC Kampung Inggris, kamu bisa mendapatkan paket belajar bahasa inggris yang lengkap, dan asrama english area yang tentunya bisa memperkuat kemampuan english conversation sehari-hari. Disini, kamu bisa bebas bicara bahasa inggris sampai bisa.

Masih memilih tempat kursus bahasa inggris? Baca info lengkap tempat kursus paling oke di: Tempat Kursus Bahasa inggris terbaik di Indonesia

Demikian informasi tentang Belajar Bahasa Inggris Kilat, semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkan kemampuan bahasa inggris dalam waktu singkat. Keep learning ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *