Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Bahasa Inggris Lewat Video

belajar bahas inggris lewat video

Belajar Bahasa Inggris Lewat Video – Semakin majunya kualitas hidup manusia, maka akan semakin banyak pula tuntutannya. Salah satunya adalah penguasaan bahasa. Berkembangnya IPTEK dan perekonomian, ternyata juga harus diimbangi dengan penguasaan bahasa yang baik. Bukan hanya bahasa asli (native language) asal negara kita, namun juga bahasa lain di dunia. Jika kamu bisa menguasai bahasa asing, setidaknya satu bahasa saja, maka itu sudah cukup baik. Nah, minimal ada satu bahasa asing yang wajib kamu pelajari, yaitu Bahasa Inggris.

Mengapa bahasa Inggris? Ada banyak alasan mengapa orang belajar bahasa inggris. Namun yang paling jelas, adalah karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang dengan kata lain, bahasa ini digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia. Ketika bertemu dengan orang-orang dari negara lain, dari mana pun asalnya mereka, maka bahasa Inggris adalah bahasa pemersatunya. Contoh simpelnya, jika kita mengikuti seminar internasional, meskipun itu diadakan di Malaysia yang native languagenya adalah bahasa Melayu, namun seminar tersebut pasti diadakan dalam bahasa Inggris.

Bahasa Inggris bukan hanya menjadi jembatan antara satu bangsa dengan bangsa lainnya, namun juga menjadi pendukung kemajuan seseorang. Mau sukses di era modern seperti ini? Maka kuasai bahasa inggris! Banyak perusahaan asing maupun dalam negeri yang mencari calon pegawainya yang memiliki kemampuan bahasa inggris. Sekalipun sudah menjadi pegawai, maka mereka yang bisa berbahasa inggris aktif, baik written english atau spoken english, biasanya akan cepat mendapat promosi atau memiliki banyak peluang untuk berkarya lebih luas lagi. Di bidang akademik, bahasa inggris adalah nyaris menjadi hal wajib. Pasalnya, sekarang ini sudah banyak universitas yang mewajibkan TOEFL bagi calon mahasiswa ataupun wisudawannya. Apalagi kalau kamu sedang mencari beasiswa dalam dan luar negeri, maka bahasa inggris wajiiiib banget untuk dikuasai. Kemampuan berbahasa inggris ini biasanya dibuktikan dengan english proficiency test seperti TOEFL, IELTS, TOEIC, dan lainnya.

Nah, dengan melihat betapa pentingnya belajar bahasa inggris di jaman sekarang, apakah kamu juga akan mulai belajar bahasa inggris? Kalau iya, maka kali ini LC Kampung Inggris akan mengulas salah satu tips belajar english, yaitu lewat video. Belajar bahasa inggris menggunakan video hanyalah salah satu cara saja. Namun di luar itu ada banyak sekali cara belajar yang asik dan efektif. Namun sebelumnya, mari kita simak ulasan berikut tentang belajar bahasa inggris lewat video.

Mengapa Belajar Bahasa Inggris Lewat Video?

Video bisa saja berupa dokumenter, wawancara, potongan acara TV, video biasa, ataupun film. Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam video ada aspek gambar, suara dan teks dalam satu media. Jadi, belajar melalui video ibarat sebuah “paket hemat”. Dengan belajar video yang diisi oleh native speaker, kita bisa belajar bagaimana cara pengucapan (pronunciation) yang benar, sekaligus mengetahui kebudayaan dan kebiasaan orang bule di luar sana. Dengan adanya audio, gambar dan teks dalam video, bisa dipastikan belajar pun jadi tidak membosankan.

Bagaimana Caranya?

Simpel. Karena banyak sekali video yang bisa kamu tonton secara gratis di internet, maka hal pertama adalah tentukan kebutuhan. Misalnya, jika kamu ingin belajar bahasa inggris dengan tutoraial dari native speaker, kamu bisa menonton video-video semacam itu di youtube. Salah satu conotohnya yaitu engvid.com di mana kamu bisa mendapat tutorial serta tips tentang bahasa inggris langsung dari native speaker. Atau mengunjungi ieltsliz untuk belajar IELTS lewat video yang juga dibawakan oleh native speaker. Selanjutnya, jika kamu ingin belajar pronunciation dan grammar yang baik dalam spoken english maka kamu bisa membuka channel youtube yang berisi potongan berita yang tentunya dibawakan dalam bahasa Inggris. Atau, jika kamu berlangganan TV Kabel di rumah, bisa langsung menonton channel berita luar negeri. Selain yang telah disebutkan, kamu juga bisa belajar bahasa inggris secara general dengan menonton film dokumenter dan movie/drama dalam bahasa inggris.

Semakin sering “berinteraksi” dengan bahasa inggris lewat video, maka kita akan semakin terbiasa dengan bahasa tersebut. Jika sudah terbiasa, maka sangat memudahkan kita saat listening dan speaking. Setidaknya, kita sudah terbantu dan hanya perlu belajar grammar khususnya untuk written english melalui media lainnya. Gratis, mudah, dan sangat bermanfaat kan!

Satu lagi nih guys. Kalau kamu nonton video untuk belajar, jika kamu menontonnya di youtube kamu bisa menggunakan caption, atau di film dokumenter dan movie kamu bisa menggunakan subtitle. Pertama-tama, gunakan subtitle/caption bahasa Indonesia (kalau tersedia) untuk mengetahui arti secara umum. Selanjutnya, paksa diri sendiri untuk nonton menggunakan subtitle/caption bahasa inggris. Setelah advance, kamu tidak perlu lagi menggunakan subtitle maupun caption saat menonton video berbahasa inggris 😀

Itu dia tips tentang belajar bahasa inggris lewat video. Yuk, dicoba! Semoga sukses.

Baca juga: Belajar bahasa inggris lewat lirik lagu

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *