Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Bahasa Inggris, Nggak Harus Mahal!

Belajar Bahasa Inggris, Nggak Perlu Mahal

Belajar Bahasa Inggris, Nggak Harus Mahal! – Siapa sih, yang nggak mau jago berbahasa inggris? pastinya hampir semua pelajar, anak muda, guru bahkan para pekerja ingin bisa berbahasa inggris. Maklum, bahasa yang satu ini, sekarang sudah jadi bahasa internasional. Ke negara mana pun pergi, bahasa pemersatu kita adalah bahasa inggris. gadget, software, aplikasi smartphone, hampir semuanya menggunakan bahasa inggris.

Dengan popularnya bahasa inggris di seluruh dunia, maka belajar bahasa inggris menjadi tren dan mudah didapatkan di mana-mana. Kita tidak perlu langsung belajar dengan native english speaker di negaranya langsung seperti Amerika atau UK. Di sekolah formal, bahasa inggris sudah menjadi kurikulum utama, sampai-sampai bahasa inggris menjadi salah satu mata ujian nasional, maupun ujian masuk sekolah-sekolah. Ditambah lagi, tempat kursus bahasa inggris di Indonesia sudah menjamur. Misalnya saja di Kampung Inggris pare, Kediri. Di kampung yang konon kita bisa ngobrol bahasa inggris di mana saja, ada lebih dari 100 lembaga kursus yang siap menyediakan pembelajaran bahasa inggris mulai dari yang paling basic, hingga yang advance seperti persiapan TOEFL atau IELTS.

Namun sayangnya, model belajar seperti yang telah disebutkan di atas memerlukan biaya lebih. Misalnya saja, jika anak Anda ingin jago berbahasa inggris sejak dini, Anda bisa memasukkan anak-anak ke sekolah internasional. Tapi sekali lagi, biayanya tidak murah! Pun mengajak anak kursus bahasa inggris, membutuhkan persiapan dana juga. Lalu, bagaimana jika kita ingin jago berbahasa inggris tapi minim modal? Hmm, belajar bahasa inggris nggak mesti mahal kok. Kita bisa memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar dan menekan pengeluaran untuk kursus dll. Yuk, kita simak ulasannya berikut ini ^_^

1. Memanfaatkan Sekolah Formal

Saat ini, hampir semua sekolah formal menerapkan bahasa inggris sebagai salah satu mata pelajaran wajib. Mungkin, cita-cita para pendidik bangsa kita adalah menyongsong generasi baru Indonesia yang bisa bersaing di dunia internasional. Namun sayangnya, waktu belajar bahasa inggris di sekolah bisa dikatakan sangat sedikit, kecuali di sekolah internasional. Dengan waktu yang sedikit, bukan berarti tidakada harapan. Semua tergantung bagaimana kita memanfaatkan waktu belajar bahasa inggris di sekolah.

Kita bisa memaksimalkan waktu yang sedikit dengan berbagai cara. Memang harus mengeluarkan tenaga dan waktu ekstra, namun inilah cara murah untuk belajar bahasa inggris. Pertama, baca dulu materi bahasa inggris yang sekiranya besok akan diajarkan. Atau minimal, pokoknya kamu harus sempat membaca dulu buku ajar atau paper bahasa inggris. Lalu, catat kata atau persoalan yang sulit yang kamu tidak bisa menyelesaikannya. Lalu, keesokan harinya kamu hanya perlu menanyakan semua pertanyaan tersebut ke guru di kelas. kedua, konsentrasi dan menyerap pelajaran di kelas, dan jangan lupa langsung praktik, entah itu speaking ataupun membuat kalimat. Jika saat itu ada kesulitan bisa langsung bertanya pada bapak/ibu guru. Ketiga, manfaatkan perpustakaan sekolah. Mumpung masih bebas meminjam buku di sekolah, perbanyak membaca buku yang bisa meningkatkan skill bahasa inggris. dan terakhir, jangan puas dengan belajar di sekolah. lanjutkan belajar juga di rumah.

2. Beasiswa Kursus Bahasa Inggris

Kursus bahasa inggris gratis? Ada kok! kita biasa menyebutnya dengan beasiswa kursus bahasa inggris. biasanya, beasiswa ini diselenggarakan oleh lembaga kursus bahasa inggris. Salah satu contohnya yaitu beasiswa LC Kampung Inggris yang mengcover biaya kursus dan tempat tinggal selama waktu yang ditentukan. Beasiswa kursus bahasa inggris umumnya memiliki beberapa persyaratan untuk mendaftar, misalnya CV, motivation letter, essay, dll. Nah, untuk beasiswa semacam ini, kamu bisa dapatkan banyak infonya melalui internet. So, jangan malas membuka laptop atau gadget ya!

3. Belajar Online

Jika biaya kursus di lembaga tertentu biasanya membutuhkan biaya jutaan, maka belajar online hanya membutuhkan perangkat komputer dan internet. Saat ini, sudah banyak warung wi-fi yang bisa kita gunakan seharian dengan harga murah. Belajar bahasa inggris online bisa dilakukan dengan mendaftar kursus online yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan bahasa inggris, misalnya British Council yang seringkali membuka belajar bahasa inggris online melalui video oleh pengajar yang merupakan native speaker. Selain kursus online, kita juga bisa belajar melalui artikel dan video belajar bahasa inggris seperti di engvid.com

4. Belajar Otodidak

Belajar mandiri, seringkali dilihat sebelah mata, karena tidak ada guru yang mengajar. Namun, kenyataannya, meskipun kita sudah kursus namun belajar mandiri pun harus tetap dilakukan. Dalam kasus otodidak, biasanya seseorang hanya belajar sendiri dengan membuat jadwal belajar sendiri, kurikulum yang dibuat sendiri, dan juga bahan belajar yang didapatkan dari banyak sumber. Bisa dari internet, membeli buku pelajaran bahasa inggris, dll

Mau belajar bahasa inggris? baca ini dulu: Cara Terbaik Belajar Bahasa Inggris

Belajar otodidak tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu satu atau dua hari. Karena untuk menguasai bahasa asing yang belum pernah kita gunakan sebelumnya, akan membutuhkan waktu yang lama. Semakin lama kita belajar dan berlatih bicara bahasa inggris, maka semakin lancara cara bicara kita. Sama seperti anak bayi yang belajar bicara bahasa pertama, membutuhkan waktu bertahun-tahun.

5. Komunitas Belajar Bahasa Inggris

Komunitas bahasa inggris saat ini sudah banyak beredar, entah itu online maupun offline. Di sekolah atau kampus, biasanya ada english club dan semacamnya sebagai sarana tambahan para siswa untuk belajar bahasa inggris. Ada juga komunitas belajar bahasa inggris online yang membuat grup whatsapp, telegram dan line untuk saling bertukar informasi, diskusi dan ngobrol dalam bahasa inggris. Dan kebanyakan dari komunitas tersebut FREE, alias gratis! Grup chatting dalam bahasa inggris, contohnya adalah englishpedia (telegram) dan juga berbagai grup IELTS dan TOEFL preparation. Banyak info yang bisa kamu dapatkan di google tentang grup ini. Selamat mencoba ^_^

Itu dia beberapa cara belajar bahasa inggris murah meriah. So, belajar bahasa inggris nggak harus mahal kan? dimanapun dan kapanpun, upayakan kita terus memanfaatkan sarana apapun untuk belajar dan berlatih bahasa inggris. Yosh!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *