Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Bahasa Inggris Otodidak

belajar bahasa inggris otodidak

Belajar Bahasa Inggris Otodidak – Bahasa inggris bukan lagi bahasa mewah untuk saat ini. Siapa saja bisa belajar bahasa inggris. Bahkan, di sebuah kampung di Kediri Jawa Timur yang bernama Kampung Inggris Pare, bahasa inggris seperti menjadi kebiasaan sehari-hari. ribuan siswa yang belajar bahasa inggris di kampung inggris menggunakan bahasa internasional tersebut 1×24 jam. Meskipun tidak 100% benar secara gramatikal dan pronunciation, namun bahasa inggris di kampung tersebut sudah menjadi satu kesatuan. Bahkan, tukang pentol, tukang bakso, pedagang kaki lima di kampung inggris ketularan bisa berbahasa inggris.

Ditambah lagi perkembangan tren di dunia yang sangat cepat dan memasuki era modern, bahasa inggris menjadi sebuah hal yang sangat dibutuhkan. Untuk pendidikan, pekerjaan, jalan-jalan, atau bahkan kehidupan sehari hari. Karena pasalnya, segala sesuatu di gadget, perkomputeran, acara televisi semua menggunakan (paling tidak sedikit-sedikit) bahasa inggris. Entah bahasa inggris menjadi tren atau kebutuhan, namun bahasa yang berasal dari tanah UK tersebut saat ini yang paling dicari banyak orang. So, bayangin kalau saat ini kamu yang gak bisa apa-apa dengan bahasa inggris tidak memulai untuk belajar. Padahal, dengan menguasai bahasa asing (termasuk bahasa inggris) bisa membuka peluang besar untuk sukses.

Bagi kamu yang bingung mau dari mana memulai belajar bahasa inggris, kamu bisa memulainya dari menentukan pilihan: mau belajar bahasa inggris di tempat kursus, atau belajar otodidak, atau bahkan keduanya. Jika kita sering berbicara tentang belajar bahasa inggris melaui lembaga kursus, kali ini mari kita bahasa bagaimana belajar bahasa inggris secara mandiri atau otodidak.

Kelebihan Belajar Otodidak

Belajar otodidak merupakan cara belajar suatu bidang tertentu tanpa guru dan mengandalkan dirinya sendiri, entah itu menggunakan sumber internet, diskusi, pengalaman, dan lainnya. Dalam belajar bahasa inggris, kita juga bisa belajar secara otodidak alias belajar mandiri. Karena bahasa inggris pada dasarnya merupakan keterampilan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi, sehingga semakin sering dipakai akan semakin jago. Nah, apa saja keuntungan belajar bahasa inggris secara otodidak? Berikut ulasannya:

1. Murah Meriah

Jika kita belajar di tempat kursus, tentu saja akan memakan biaya yang banyak. Untuk satu level, mungkin kita menghabiskan 1 hingga 2 juta rupiah tergantung jenis level dna tempat kursusnya. Namun dnegan belajar bahasa inggris secara otodidak, kita hanya perlu mencari bahan belajar sebanyak-banyaknya. Bahan tersebut bisa didapatkan dari buku, internet, maupun didapatkan dari film, lagu, dan hasil diskusi. Soal bahasa inggris, materi grammar, pronunciation dan lain-lain tersedia secara gratis di intenet. hanya perlu memasukkan keyword yang dibutuhkan.

2. Lebih Kreatif

Mengapa dikatakan lebih kreatif? Dengan belajar sendiri kamu akan menentukan sendiri mau mulai belajar dari mana, belajar apa saja, menjadwal waktu belajar dan sebagainya. Termasuk dengan metode belajar. Mungkin suatu hari kamu akan merasa bosan atau malah dengan satu metode tersebut kamu tidak bisa menyerap materi dengan baik, so kamu akan mencari metode lain yang tepat dan sesuai dengan sifat kamu masing-masing. Berbeda dengan kursus di luar, segala modul, audio, video dan bahan-bahan lain sudah disiapkan oleh tutor.

3. Ilmu yang Didapat Lebih Awet

Karena kamu sendiri yang mencari materi, kamu yang mengaturnya, kamu yang belajar, kamu yang sah dan mengoreksi sendiri, maka tentu saja materi yang dipelajari menjadi lebih awet. Namun, perlu ditekankan bahwa belajar otodidak mungkin butuh effort lebih besar jika dibandingkan dengan belajar di tempat kursus. Karena kamu perlu mencari dan mengumpulkan materi barulah belajar, namun dengan proses tersebut lah kita bisa lebih menguasai bahasa inggris hingga ke akarnya.

Kekurangan Belajar Otodidak

Dibalik kelebihannya, tentu saja belajar otodidak memiliki beberapa kekurangan yang sebetulnya bisa disiasati. Kekurangan belajar otodidak yaitu kita tidak memiliki partner belajar bahasa inggris. Padahal, bahasa sebagai alat komunikas seharusnya sering-sering digunakan untuk bicara pada orang. Namun hal ini dapat kita siasati dengan ngobrol dengan partner belajar via online entah video call maupun via chatting. Selain masalah partner, belajar otodidak juga tidak mendapatkan sertifikat. Kamu tidak bisa mengeluarkan sertifikat dari kamu untuk kamu heheheh karena sertifikat harus dikeluarkan oleh lembaga legal dan terakreditasi. Jika kamu merasa sangat membutuhkan sertifikat kursus bahasa inggris sebagai salah satu syarat mendaftar pekerjaan, kuliah dan lain sebagainya kamu bisa mengikuti kursus bahasa inggris.

Ada satu cara agar kamu bisa semakin jago berbahasa inggris, yaitu dengan menggunakan kedua cara belajar tersebut; otodidak dan kursus agar sistem belajar kita seimbang. Kita bisa tetap belajar di rumah dengan mengumpulakn materi-materi dan latihan setiap hari untuk meningkatkan kualitas bahasa inggris. Sedangkan tempat kursus bahasa inggris, bisa meningkatkan kepedean kamu untuk ngomong bahasa inggris. Selain itu, pengalaman para tutor dan teman-teman sekelas pastinya sangat membantu juga. So, jangan terlau fanatik terhadap satu pilihan karena semua patsi ada kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga: Belajar Menerjemahkan Inggris – Indonesia

Sekian ulasan tentang belajar bahasa inggris otodidak, semoga bermanfaat 🙂

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *