Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

belajar bahasa inggris untuk anak

Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak – Tahukah Anda, hasil riset ilmiah menunjukkan bahwa mempelajari bahasa asing memiliki manfaat luar biasa untuk otak manusia. Otak orang bilingual (mampu menguasai lebih dari satu bahasa) lebih cepat dan efisien dalam bekerja dibanding otak orang monolingual, sehingga orang-orang yang belajar lebih dari satu bahasa biasanya dapat menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, karena otak berpikir lebih efisien. Belajar banyak bahasa juga bisa membuat otak “awet muda”. Saat seseorang bilingual memasuki usia lebih tua, kemampuan otak menyusut lebih lambat, sehingga pemikirannya masih tajam dan lebih cepat dalam pengambilan keputusan. Jadi, tidak ada salahnya jika kita mulai belajar beberapa bahasa mulai dari sekarang. Selain bermanfaat untuk otak, bahasa asing juga sangat berguna ketika kita mengunjungi berbagai negara.

Belajar bahasa, seperti kata pepatah “belajar di waktu muda, bagai mengukir di atas batu. Belajar di waktu tua bagai mengukir di atas air”, yang berarti belajar apapun akan lebih baik jika dimulai sedini mungkin. Sama halnya dengan bahasa inggris, semakin muda usia anak, maka akan semakin baik. Bukti nyatanya ada pada anak-anak bule atau native speaker yang tinggal di negara berbahasa inggris. Sedari kecil mereka diajari bicara dan menulis bahasa inggris, dan juga terbiasa dengan percakapan bahasa inggris sehari-hari. Alhasil, kita akan terheran-heran saat melihat anak-anak TK di Kanada sudah lancar bicara bahasa inggris. Ya, karena memang bahasa inggris adalah bahasa ibu yang mereka dengar bahkan sejak dalam kandungan. Bagi Anda para orang tua yang ada di Indonesia, tidak perlu pindah ke Kanada agar anak-anak jago speaking english, tapi cukup dengan mengajak anak Anda belajar bahasa inggris sejak kecil. Anak-anak yang sejak dini diajarkan bahasa inggris, pelajaran tersebut akan tersimpan dalam memori jangka panjang sehingga tidak mudah lupa. Atau istilah lainnya, bahasa inggris sudah menjadi salah satu fondasi dari anak tersebut, sehingga saat remaja dan dewasa kelak, anak ini tidak kesulitan lagi belajar bahasa inggris karena sudah memiliki basic.

Cara belajar bahasa inggris untuk dewasa memiliki perbedaan dengan anak-anak. Karena dunia anak kecil adalah dunia bermain, maka metode belajar pun harus disesuaikan. Prinsip yang dipegang oleh anak-anak adalah bermain sambil belajar. Berbeda dengan orang dewasa yang bisa belajar langsung secara penuh. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana membuat anak-anak merasa senang dan nyaman untuk belajar bahasa inggris. Baru selanjutnya membuat anak terbiasa untuk mendengarkan, berbicara, dan menulis bahasa inggris. Semua dilakukan perlahan agar anak benar-benar nyaman dan terbiasa. Nah, beberapa metode belajar berikut mungkin bisa jadi referensi Anda untuk mengajarkan anak-anak belajar bahasa inggris.

1. Belajar Melalui Gambar

Khususnya bagi anak yang terbiasa dengan metode belajar visual (visual learner), bisa memanfaatkan metode pelajaran bergambar ini. Materi bahasa inggris untuk anak biasanya ditekankan pada vocabulary yang bisa digunakan sehari-hari. Pengenalan vocab tersebut akan lebih menarik dan mudah dihafal dengan menggunakan gambar. Anda juga bisa membuat games dengan gambar, misalnya memasangkan antara gambar dengan vocab yang seharusnya. Atau membuat flashcard berisi gambar dan judulnya. Dengan gambar berwarna dan menarik, anak-anak pasti nyaman dan menyukai cara belajar tersebut. Tidak perlu bingung untuk membuat gambar, karena di internet Anda bisa mendapatkan berbagai gambar vocab untuk digunakan sehari-hari. So, anak-anak tidak perlu dipaksa untuk menghafalkan begitu banyak vocab, tetapi mereka sudah otomatis mengingat vocab tersebut melalui gambar.

belajar bahasa inggris bergambar

2. Belajar dengan Lagu

Metode belajar untuk anak juga perlu dikombinasikan. Tidak melulu dengan gambar, namun bisa ditambah dengan belajar melalui lagu. Untuk anak-anak audio learner atau yang mudah menangkap materi dengan menggunakan lagu dan musik, metode belajar bahasa inggris ini akan lebih cepat diserap. Misalnya, untuk menghafal alfabet dalam bahasa inggris, Anda bisa mengajarkan anak untuk menyanyikan huruf a sampai z, tentunya dengan pronounciation yang tepat. Lagu anak-anak dalam bahasa inggris juga bisa didapatkan secara gratis di internet. Lagu tersebut berguna agar anak-anak terbiasa dengan bahasa inggris. Kalau sudah terbiasa, tentunya orang tua dan guru akan lebih mudah lagi memberi materi lainnya.

3. Belajar dengan Permainan

Anak-anak di seluruh dunia, hampir bisa dipastikan senang bermain. Oleh karena itu, belajar bahasa inggris dengan permainan pasti akan sangat menarik dan lebih mudah dipahami, karena mereka langsung mempraktikannya. Belajar dengan permainan bisa mengaktifkan indera pendengaran, bicara, sentuhan, dan gerakan. Hal tersebut, secara ilmiah terbukti membuat info yang ditangkap lebih cepat tersimpan dan tidak mudah dilupakan.

Permainan yang bisa dilakukan oleh anak-anak terdiri dua jenis, pertama permainan fisik. Sesuai dengan namanya, tentu sang anak akan belajar sambil bermain menggunakan seluruh tubuhnya. Contohnya adalah whispering game atau pesan berantai. Anda bisa mengumpulkan beberapa anak untuk ikut permainan ini, dan meminta mereka menyampaikan beberapa kata dalam bahasa inggris dengan cara estafet. Atau permainan ular tangga yang Anda kreasikan khusus untuk belajar bahasa inggris. Permainan lainnya bisa Anda buat sendiri, atau lewat komunitas belajar anak, di sekolah, dan lainnya. Yang kedua yaitu permainan melalui multimedia, entah menggunakan PC (komputer atau laptop) ataupun smartphone. Belajar bahasa inggris  melalui multimedia semacam ini lebih menarik, karena ada efek suara, gambar, dan video. Materinya pun lebih jelas dan lengkap. Hanya saja, Anda perlu membatasi anak-anak dalam penggunaan multimedia agar tidak “kebablasan”. Selain tidak sehat untuk mata, terlalu banyak menggunakan gadget bisa membuat belajar anak tidak seimbang. Jadi, sebaiknya orang tua tetap mengajak anak belajar dengan semua metode yang ada.

Mau tau aplikasi belajar bahasa inggris untuk gadget Anda? Baca selengkapnya di: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Nah, gimana kakak dan ibu bapak guru? Banyak sekali keuntungan mengajarkan anak bahasa inggris kan? Tinggal dicari metode yang pas dalam proses Belajar Bahasa Inggris untuk Anak-anak 🙂

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

10 Comments

  • Bagaimana dengan belajar dari video? apakah bisa juga?

    • LC Kampung Inggris

      iya kak @Nanda : belajar dengan video, sama halnya belajar dengan gambar plus audio 🙂

  • kalau saya mengajari anak saya sambil mengajaknya jalan-jalan di sekitar rumah. anak saya masih umur 3 tahun tapi sudah bisa bicara dan ketika bertemu buah atau hewan, saya menterjemakannya dalam bahasa inggris dan ini cukup efektif 🙂

  • saya juga pernah baca bahwa balita yang mampu bilingual (meski hanya sebagian bahasa) kecerdasannya lebih bagus.

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *