Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

 

belajar di kampung inggris

Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula – Bahasa inggris saya masih nol, apakah saya bisa berbicara bahasa inggris lancar? Tentu bisa. Berbeda cerita dengan native speaker yang sejak kecil menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa keseharian, pasti lebih mudah menguasai bahasa inggris. Tetapi bagi kita yang menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa ibu, harus berusaha lebih keras belajar bahasa inggris. Pada dasarnya, tiap orang yang ahli berbahasa inggris berawal dari pemula. Jadi, kamu tidak perlu takut kalau sekarang ini masih merasa nol, suatu saat dengan usaha dan kesungguhan pasti bisa berbahasa inggris dengan baik.

Pertanyaan selanjutnya, jika saya adalah seorang pemula, apa yang harus saya pelajari? Dalam konteks belajar secara mandiri, kami akan membantu sahabat LC yang masih memulai dari nol dan ingin belajar bahasa inggris. Berikut tips sukses belajar bahasa inggris bagi pemula:

1. Tekad yang Kuat

Belajar bahasa inggris membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi aturan grammar, pengucapan yang jauh berbeda dengan bahasa indonesia, juga jutaan vocab bahasa inggris kadang membuat kita ingin menyerah di tengah jalan. Namun dengan adanya tekad yang kuat, kita tidak akan mudah menyerah. Untuk membangun tekad yang kuat, kita harus memiliki tujuan atau visi mengapa belajar bahasa inggris. Misalnya, kamu bercita-cita bekerja di pelayaran internasional, berarti bahasa inggris adalah syarat wajib untuk menjadi pelaut internasional. Oleh karena itu, siapkan tujuanmu dari sekarang dan kuatkan tekad untuk belajar bahasa inggris. Namun, yang perlu diperhatikan adalah, tekad yang kuat bukan berarti terlalu serius dan tergesa-gesa dalam belajar. Karena untuk menguasai bahasa asing, dibutuhkan kontinuitas dan kreativitas dalam belajar. So, jadikan belajar bahasa inggrismu lebih santai, namun terus dilakukan setiap saat.

2. Percaya Diri

Penghalang terbesar seseorang dalam belajar bahasa inggris adalah malu untuk belajar. Malu karena takut salah, malu tidak ada teman belajar, dan sebagainya. Untuk mendapat hasil belajar yang memuaskan, hilangkan dulu malu dan keinginan untuk menyerah. Berani untuk speaking bahasa inggris, berani bertanya, berani belajar, adalah kunci awal untuk mahir berbahasa inggris.

3. Biasakan Diri dengan Bahasa Inggris

Kalau kamu sedang belajar bahasa inggris secara mandiri, buatlah english area di rumahmu atau di kamarmu sendiri. Kamu bisa menempel memo pada benda-benda di rumahmu dengan menuliskan bahasa inggris dari benda tersebut. Misalnya, kamu tempelkan ‘refrigerator’ di kulkas, ‘sewing machine’ di mesin jahit, dan ‘bath room’ di pintu kamar mandi. Kamu juga bisa menulis blog, status facebook, status BBM dan apapun dengan bahasa inggris. Awalnya memang sulit, tapi lama kelamaan kamu akan familiar dengan bahasa inggris sehingga lebih mudah paham saat belajar.

Kamu juga bisa membaca artikel berbahasa ingggris atau mendengar lagu-lagu dan film berbahasa inggris. Jika kesulitan dalam memahami artinya, sering-seringlah membuka kamus. Jadi, pastikan kamus bahasa inggrismu selalu berada dalam jangkauan. Di era modern ini, kamu bisa dengan mudah menemukan kamus elektronik, atau bahkan hanya dengan menggunakan smartphone. Kamus elektronik akan lebih simpel dibawa kemanapun dan mudah digunakan kapanpun. Lakukan ini setiap hari, dan kamu akan merasakan perkembangan bahasa inggrismu.

4. Latihan

Sesuatu yang hebat hanya akan dihasilkan dari proses yang panjang. Seperti pedang yang tajam, juga mengalami proses tempaan besi yang panas. Sama halnya dengan belajar bahasa inggris, tidak mungkin dilakukan dalam waktu beberapa jam. Karena kita perlu waktu menghafal vocab, memahami grammar, latihan speaking dan sebagainya. Maka satu-satunya kunci agar mahir berbahasa inggris sejak pemula adalah: Latihan. Practice makes perfect, latihan akan membuatmu sempurna.

Materi Bahasa Inggris Bagi Pemula

Mau mulai belajar dari mana ya? Mungkin pertanyaan tersebut muncul bagi kamu yang sedang memulai belajar bahasa inggris. Jika kita lihat proses belajar manusia secara alami dalam belajar suatu bahasa, hal yang pertama bisa dilakukan adalah mendengar. Meskipun pada walnya kamu kesulitan memahami makna lagu atau percakapan bahasa inggris, kalau kamu berulang kali mendengarnya, tentu akan mudah mengikuti cara bicara para native speaker (penutur asli bahasa inggris), oleh karena itu tahap selanjutnya adalah berbicara. Kamu bisa belajar mengucapkan kata-kata bahasa inggris dari apa yang diperdengarkan di lagu atau percakapan bahasa inggris. Proses selanjutnya yaitu menulis. Setelah kamu bisa mulai berbicara bahasa inggris kamu bisa mulai menuliskannya, dan sudah pasti membacanya. Dengan proses tersebut, artinya kamu sudah bisa berbahasa inggris. Hanya saja, banyak aturan dalam bahasa inggris khususnya grammar. Misalnya saja, untuk menulis sebuah paragraf yang baik akan membutuhkan aturan tata bahasa atau grammar. Terlebih lagi jika tulisan tersebut digunakan dalam urusan formal. Oleh karena itu, kita mebutuhkan materi belajar yang kompleks dalam bahasa inggris. Paling tidak, kamu perlu belajar materi basic berikut ini untuk memulai belajar bahasa inggris:

1. Vocabulary

Mulai menghafal vocab yang digunakan sehari-hari merupakan cara jitu belajar bahasa inggris. Kamu bisa membuat tema vocab untuk menentukan vocab yang perlu dihafal, contoh tema yang bisa digunakan:

Hari 1: Football

Hari 2: Elementary School

Hari 3: Technology

Hari 4: Healthy food

Hari 5 : Kitchen

Hari 6: Animals

Hari 7: Environment

dan seterusnya..

Kamu bisa menemukan list vocab dari berbagai sumber. Jika kamu masih bingung, banyak modul bahasa inggris yang dijual bebas di toko buku. Atau dengan mengikuti kursus bahasa inggris di lembaga seperti LC Kampung Inggris. Kamu akan mendapat modul berisi vocabulary yang dapat kamu hafal setiap harinya.

2. Translating

Pernah mencoba menerjemahkan sebuah artikel dari bahasa inggris ke bahasa indonesia? Mungkin pertama-tama akan terasa sulit dan memakan waktu sangat lama. Tapi jika dilakukan setiap hari tentu akan menjadi semakin mudah. Mungkin pada seminggu pertama kamu akan membutuhkan waktu tiga jam untuk menerjemahkan satu halaman artikel bahasa inggris. Namun dengan kontinuitas dan kesungguhan, dua minggu kemudian kamu akan mampu memangkas waktu hingga satu jam. Menerjemahkan artikel sangat berguna untuk mengasah grammar dan vocab kita. Dalam satu waktu, kita membaca artikel bahasa inggris, kemudian berpikir untuk menerjemahkannya.

3. Grammar

Beberapa poin penting yang perlu kamu ketahui tentang belajar grammar bagi pemula adalah:

  • Kata ganti

Sesuai dengan judulnya, kata ganti merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan orang atau benda sebagai subjek, objek, kata sifat atau kepemilikan. Misalnya, I (saya) akan menjadi Me (saya) jika digunakan sebagai objek. Dan berubah lagi menjadi My (ku) sebagai kata sifat, dan menjadi Mine (milikku) sebagai kata ganti kepemilikkan.

  • Kalimat Sederhana

Kalimat sederhana merupakan kalimat yang hanya terdiri dari subjek, verb dan objek. Bagi kamu yang baru belajar bahasa inggris, kita mengenalnya dengan Subject (I, You, We, They, She, I, It) + Verb (Kata kerja) + Object , contoh kalimat sederhana adalah:

She bring an umbrella

-Dia (perempuan) membawa payung

  • Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks bisa terdiri dari kalimat utama dan kalimat pendukung dengan menggunakan konjungsi atau kata sambung. Untuk membuat kalimat kompleks, kita membutuhkan pemahaman tentang konsep grammar yang luas. Contohnya:

I meet the man who brought my uncle’s car yesterday

-Saya bertemu dengan lelaki yang membeli mobil paman saya kemarin

  • Tenses

Tenses merupakan bentuk kata kerja yang menunjukkan waktu terjadinya peristiwa tersebut. Ada 16 tenses yang perlu kamu kuasai. tenses yang digunakan bergantung pada waktu kejadian, misalnya jika kita sedang melakukan sesuatu saat ini, tenses yang digunakan adalah present continous tense, contohnya:

They are going home right now

-Mereka sedang pulang ke rumah sekarang

Sahabat LC butuh tips belajar grammar? simak selengkapnya di: Tips Mudah Belajar Grammar

Belajar bahasa inggris bagi pemula membutuhkan waktu yang panjang dan keseriusan. Mengikuti kursus bahasa inggris adalah langkah tepat untuk menanamkan materi dasar bahasa inggris. Dengan adanya teman belajar dan tutor yang memandu, tentu kita akan lebih mudah memahami bahasa inggris. Di LC Kampung Inggris, kita akan belajar bahasa inggris dari basic melalui paket program intensive. Dipandu tutor yang berpengalaman dan suasana yang nyaman, akan membuat belajar menjadi seru.

Semoga artikel tips Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula ini bermanfaat untuk sahabat LC yang sedang memulai belajar bahasa inggris. Tidak ada kata terlambat untuk belajar ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

6 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *