Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Bahasa Inggris yang Benar

belajar bahasa inggris yang benar

Belajar bahasa inggris yang benar – Sebelum belajar bahasa inggris, ada baiknya kamu menentukan tujuan apa yang akan dicapai saat belajar bahasa inggris. Tujuan ini akan membantu kita menentukan target belajar. Misalnya, apakah kita belajar bahasa inggris hanya untuk mengikuti tren perkembangan zaman? atau mungkin ada yang ingin mengejar skor TOEFL sebagai syarat melamar kerja. Banyak juga yang belajar bahasa inggris agar bisa speaking untuk job interview. Tujuan dan target belajar bahasa inggris bisa jadi mempengaruhi cara belajar kita. Untuk mengejar skor TOEFL 600 misalnya, tentu akan lebih banyak latihan soal TOEFL dan latihan mendengar percakapan native sepaker. Bagi yang sedang belajar speaking, mungkin akan lebih banyak latihan berbicara bahasa inggris.

Belajar bahasa inggris, setiap orang mungkin akan membutuhkan cara belajar yang berbeda-beda. Mungkin kita sering mendengar tipe orang yang belajar secara visual, auditori dan kinestetik. Oleh karena itu, tidak ada standar bagaimana belajar bahasa inggris yang benar. Karena setiap orang memiliki latar belakang psikologis dan kebiasaan yang berbeda. Meski begitu, ada satu keyword penting agar sukses belajar bahasa inggris. Yaitu menggunakan seluruh indra yang kita punya. Dengan kata lain, kita perlu memadukan antara visual, auditori, dan kinestetik. Misalnya, untuk menghafal sebuah frase “hard working” yang artinya kerja keras. Cobalah untuk membacanya (visual), menyebutkannya (lisan), mendengarkannya dari kamus bersuara (audio), menuliskannya (peraba), dan mempraktikannya seperti orang yang sedang bekerja keras (tindakan). Dengan cara seperti itu, bukan hanya mudah mengingat namun juga apa yang kita pelajari dapat bertahan lama dalam memori ingatan. Tentunya, kamu bisa membuat variasi cara belajar dengan memadukan seluruh panca indera.

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Benar

Menentukan cara belajar bahasa inggris yang baik dan benar memang sulit, karena tiap orang memiliki kondisi yang berbeda. Tapi jangan khawatir, kami akan sampaikan beberapa tips penting bagi kamu yang sedang memulai belajar bahasa inggris. Pertama tama, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa yang harus dipelajari. Paling tidak, ada beberapa bagian dalam bahasa inggris yang perlu kamu tau. Yakni grammar, vocabulary, pronounciation, dan speaking.

Kalau kamu berharap bisa berbicara bahasa inggris dengan lancar, kamu juga harus belajar grammar atau tata bahasa dalam bahasa inggris. Khususnya kalau kamu akan berbicara dalam situasi formal seperti bicara dengan seorang professor, tentunya juga dibutuhkan bahasa formal. Selain tata bahasa, kamu juga perlu mengoleksi vocabulary atau kosa kata dalam bahasa inggris. Jumlah vocabulary dalam bahasa inggris diperkirakan mencapai hampir 2 juta kata. Meskipun kamu tidak menghafal semuanya, tapi paling tidak kita bisa menguasai vocabulary yang biasa digunakan sehari-hari. Terakhir adalah pronounciation, yaitu cara pengucapan. Pasti kita sering mendengar orang bule atau native speaker bicara dalam bahasa inggris. Inilah peran pelajaran pronounciation, agar kita terbiasa mendengar pengucapan dan bisa juga mengucapkan kalimat dalam bahasa inggris.

Berikut ini tips yang bisa digunakan untuk mempelajari keempat unsur materi dalam bahasa inggris tersebut:

1. Belajar Grammar dengan Ringkasan dan Soal

Apakah kamu termasuk orang yang masih berpikir bahwa grammar itu sulit? coba perlahan ganti mindsetmu. Jadikan grammar sebagai materi yang mudah dipahami. Buatlah permulaan yang baik sebelum belajar grammar. Karena jika kamu berpikir grammar itu sulit, pasti akan menjadi benar-benar sulit 🙂

Kita bisa mencari berbagai materi grammar melalui buku cetak, e-book, maupun website yang secara gratis memberikan materi grammar. Setalah kamu berhasil mengumpulkan semua materi grammar, buatlah ringkasannya. Dengan ringkasan ini, kamu akan sangat terbantu ketika suatu saat kamu ingin membuka kembali materinya. Pastikan kamu sendiri yang membuatnya. ingat, prinsip menggunakan seluruh indera akan mempertajam ingatanmu. Setelah membuat ringkasan dan mempelajari materi grammar, kamu bisa mulai berlatih dengan soal-soal. Banyak cara untuk mendapatkan soal grammar. Kamu bisa bertanya kepada guru, tutor, kakak kelas, atau website yang menyediakan latihan soal gratis. Satu hal yang perlu diingat adalah, menguasai grammar membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi materinya sangat banyak, jadi kamu harus bersabar mempelajari grammar. Jangan belajar semua materi dalam satu hari, karena itu hanya membuat kamu mudah lupa. Yang terpenting adalah kontinuitas berlatih dan membaca materi.

2. Menghafal dan Menggunakan Vocabulary

Kosa kata dalam bahasa inggris sangatlah banyak, tidak mungkin  kita menghafal semuanya dalam waktu satu atau dua hari. Butuh waktu yang panjang untuk menghafal vocabulary. Kamu bisa mencoba translate artikel bahasa inggris setiap hari, kemudian mencatat vocab yang sulit. Setelah vocab yang sulit terkumpul, kamu bisa mencari arti katanya. Menghafal vocabulary bisa dilakukan dengan cara mereview atau mengulang-ulang kata yang telah dikumpulkan. Kamu juga bisa mendownload software yang bisa membantu kamu mencatat dan mereview vocab harian. Hal penting dari menghafal vocab adalah, sedikit tapi kontinu lebih baik daripada sekaligus banyak tetapi jarang-jarang.

3. Belajar Pronounciation

Di era teknologi ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai software untuk mengetahui cara pengucapan (pronounciation) dari suatu vocab. Misalnya, kamu bisa mencari audio dictionary atau audiobook untuk mempelajari cara native speaker berbicara. Belajar pronounciation akan membantu kamu dalam hal listening dan speaking. Selain menggunakan kamus elektronik, kamu juga bisa memanfaatkan kamus biasa. Pada kamus cetak, kamu akan melihat simbol fonetik, yaitu simbol tulisan yang mewakili suara atau cara pengucapannya. Cara belajar pronounciation lainnya yaitu dengan mendengar lagu dan film berbahasa inggris dengan menggunakan lirik dan subtitle berbahasa inggris pula. Akan lebih baik lagi jika kamu memadukan berbagai cara belajar pronounciation ini.

4. Biar Pede Speaking English

Berbicara bahasa inggris membutuhkan banyak dukungan grammar dan vocabulary. Setelah kamu belajar materi sebelumnya, kamu bisa mulai berbicara bahasa inggris. Kuncinya sederhana, just speak up. Kalau mau lancar bicara bahasa inggris, maka kamu harus sering-sering bicara. Kamu bisa memanfaatkan cermin di rumah untuk latihan speaking. Latihan speaking bisa dilakukan dengan menuliskan teks terlebih dahulu, kemudian menyampaikannya lagi tanpa melihat teks.

Belajar secara mandiri memiliki keuntungan dapat disesuaikan dengan psikologis dan kebiasaan kita. Namun di sisi lain, kita membutuhkan partner belajar untuk saling mengoreksi dan lawan bicara saat speaking. Keinginan belajar juga tentunya naik turun, oleh karena itu adanya partner belajar menjadi sangat penting untuk tetap saling memberi semangat. Kamu bisa memanfaatkan tempat kursus intensif, seperti di LC Kampung Inggris. Sistem pembelajaran intensif didukung dengan camp english area akan sangat mendukung proses belajar bahasa inggrismu.

Mau cari lembaga kursus yang oke? baca selengkapnya di: Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Indonesia

Demikian tips belajar bahasa inggris yang benar. Semoga sahabat semua bisa mengenali cara belajar masing-masing dan menemukan cara belajar yang tepat. Happy learning 😀

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

14 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *