Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Belajar Presentasi Bahasa Inggris

belajar presentasi bahasa inggris

Jago bahasa inggris, siapa sih yang nggak pingin? Kalau sudah lancar bahasa inggris baik tulisan maupun percakapan, kamu seperti punya akses memasuki dunia internasional. Bagaimana tidak, saat ini hampir semua gadget berbahasa inggris, karya ilmiah juga berbahasa inggris, di social media juga semuanya serba inggris. Apalagi buat kamu yang mau kerja atau kuliah di luar negeri, pastinya bahasa inggris jadi syarat utama. So, belajar bahasa inggris juga jadi wajib buat kamu. Terlebih, bagi kamu yang harus melakukan presentasi dengan bahasa inggris tentu butuh banyak latihan, latihan dan latihan.

Presentasi dalam bahasa inggris adalah perkara yang sulit kalau kamu belum tau caranya. Kalau sudah mengerti dan terus latihan, pastinya jadi lebih mudah. Presentasi semacam itu biasanya terjadi dalam seminar atau pertemuan internasional, lomba karya ilmiah internasional, maupun presentasi proyek bisnis. Jadi, dari sekarang sebaiknya persiapkan diri agar jago presentasi dalam bahasa inggris, siapa tau suatu saat nanti kamu dipanggil presentasi dari perusahaan asing  ^_^

Inilah yang dilakukan oleh para siswa LC kampung inggris, yaitu belajar presentasi bahasa inggris. Dalam kelas pronunciation dan speaking, siswa LC diajarkan bagaimana proses membuat presentasi beserta tips-tipsnya. Dengan beberapa kali pertemuan, para siswa diajak membuat topik, konsep, mind mapping, sampai proses presentasi di depan kelas. Bersama bimbingan Mr. Imam selaku tutor pronunciation dan speaking, siswa diarahkan untuk bisa mengonsep hingga beraksi di depan kelas dengan tata bahasa dan pengucapan kalimat yang benar.

Hal pertama yang dilakukan para siswa adalah menentukan topik. Sesi presentasi pertama, tutor menentukan topik yang harus dipresentasikan oleh siswa, sedangkan di sesi yang lain, siswa dibebaskan untuk memilih sendiri topiknya. Biasanya, topik yang digunakan seputar lingkungan, kesehatan, kebudayaan, kesenian, pendidikan, dan gaya hidup. Topik bebas biasanya dipilih berdasarkan latar belakang siswa atau hobinya agar lebih bisa menguasai materi. Misalnya, ada siswa yang berasal dari jurusan laboratorium medik mengambil tema tentang ‘Health’, dan siswa yang berasal dari jurusan pertanian mengambil tema ‘Environment’.

Usai menentukan topik, siswa membuat poin presentasi menggunakan mind mapping. Mind mapping merupakan metode pengembangan pikiran melalui gambar dan tulisan seperti peta. Oleh karena itu metode ini juga disebut peta pemikiran. Teknik asal London ini dibuat oleh Tony Buzan. Menurutnya, mind mapping seperti perpustakaan raksasa karena ia dapat menyimpan dan mengeluarkan data dalam memori manusia dengan akses yang mudah. Lebih lanjut, Buzan mengatakan bahwa mind map dibuat seperti rangkaian otak manusia yang memiliki satu juta sel dengan satu inti dan jutaan cabang. Mind map juga meliputi satu topik inti di tengah, dan cabangnya adalah penjelasan dari topik inti. Dibuat dengan tulisan dan gambar berwarna warni, informasi pada mind map jadi sangat mudah dipahami dan diingat. Dalam membuat presentasi, mind map dibuat sebagai poin dari isi presentasi. Mind map ini bisa membuat kita lebih mudah membayangkan keseluruhan isi materi. Berbeda dengan power point yang sifatnya monoton, mind map bisa memadukan otak kanan dan kiri kita, inilah mengapa informasi disimpan secara lebih baik.

mind map kesehatan

Setelah membuat mind map, siswa yang akan presentasi berlatih untuk improvisasi dari poin-poin di mind map. Mereka harus bisa menjelaskan poin-poin secara oral dalam presentasi. Agar siswa melakukan presentasi dengan lancar, mereka harus melakukan latihan berulang-ulang, karena dengan penguasaan materi yang baik, mereka akan lebih pede dalam menyampaikan presentasinya. Selain penguasaan materi, para siswa juga dituntut untuk melafalkan kalimat dalam presentasi, serta performance (penampilan fisik, penguasaan forum, ice break, dan mengatur waktu). So, tidak ada kata tidak bisa untuk menjadi seorang presenter bahasa inggris yang baik, asal kamu mau latihan latihan dan latihan.

Tips belajar bahasa inggris, selengkapnya baca di: Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris

Semoga liputan Belajar Presentasi Bahasa Inggris ini bisa menginspirasi sahabat LC yang mau belajar presentasi dalam bahasa inggris ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *