Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Best dan Berbagai Fungsinya

let's learn english

Best dan Berbagai Fungsinya – Salah satu hal yang menarik dari belajar bahasa Inggris adalah, satu kata yang memiliki lebih dari satu arti dan penggunaan. Satu kata bisa menjadi noun, verb, bahkan juga adjective dan adverb. Sehingga, kita tidak perlu khawatir kekurangan kata untuk membuat tulisan, karena bahasa internasional ini punya jutaan kosa kata! Keren kan.

Salah satu contohnya adalah pada kata “Best”. Apa yang kamu pikirkan tentang kata tersebut? “Be the best” mungkin itu yang sering kita dengar, “menjadi yang terbaik”. Yap, Best bisa termasuk dalam kelas kata. Adjective, verb, noun, adverb maupun idiom. Mari kita ulas satu per satu lebih lanjut.

  1. Best sebagai Adjective

Kata best memang paling umum digunakan sebagai kata sifat (adjective), yang berarti paling baik, terbaik, paling bagus kualitasnya dibandingkan yang lain. Best juga digubakan dalam degree of comparison, bentuk perbandingan tertinggi (superlative) dari good. Good = baik, better = lebih baik dari, best = terbaik dari semuanya. Contoh:

  • Tiara gave her best performance on dancing competition last sunday / Tiara mempersembahkan penampilan terbaiknya pada lomba menari minggu lalu
  • This graduation ceremony is the best part of my campus life / upacara wisuda ini adalah bagian terbaik dari kehidupan kampus saya
  • I think your decision to Study in Japan is the best choice / menurut saya keputusan kamu untuk kuliah di Jepang adalah pilihan terbaik
  1. Best sebagai Verb

Sebagai verb atau kata kerja, to best bisa berarti mengalahkan, melakukan yang lebih baik dari yang lain, melakukan hal yang lebih banyak. Contoh:

  • Mom said that she’ll give me a new bicycle if I can best 24 other students to be the first rank in my class / Ibu bilang bahwa ia akan memberi saya sepeda baru kalau saya bisa lebih baik dari 24 siswa lainnya agar menjadi rangking pertama di kelas
  • He always bests me at the soccer competition / dia selalu mengalahkan saya dalam kompetisi sepak bola
  • You’re really such a multitalented person. You bested me again, Fred! / Kamu benar-benar seorang yang multi talenta. Kamu mengalahkankuagi, Fred!
  1. Best sebagai Noun

Best juga bisa menjadi noun (Kata benda). Artinya yaitu usaha terbaik (uncountable), seseorang atau orang-orang terbaik (countable), dan sesuatu yang paling baik. Contoh:

  • James wanted nothing but the best for his children / james tidak mau apapun kecuali yang terbaik untuk anak-anaknya
  • This is the best that I can do for you / ini adalah usaha terbaik yang bisa saya lakukan untukmu
  • I believe he is the only best for me, I don’t want another man but him / saya yakin dia adalah satu-satunya lelaki terbaik bagi saya, saya nggak mau lelaki lainnya
  1. Best sebagai Adverb

Adverb, atau kata keterangan digunakan untuk menjelaskan kata kerja. Best digunakan sebagai adverb berarti pekerjaan tersebut adalah yang paling baik, paling sukses, sekaligus superlative dari well. Contoh:

  • All students are good at English test, but John does it best / semua siswa mengerjakan ujian bahasa Inggris dengan baik, tapi John mengerjakan paling baik
  • I choose him because he draws my face best. I always love every his work / saya memilihnya karena ia menggambar wajah saya dengan sangat baik. Saya selalu menyukai karyanya
  • Mom, look at this test result! I did the university entrance examination best. My score was the highest at all / bu, liat hasil tes ini. Saya mengerjakan ujian masuk universitas dengan sangat baik. Nilaiku yang tertinggi
  1. Idiom Menggunakan Best

Best man – merupakan seorang pria yang bertugas untuk menyampaikan ucapan selamat, sambutan, atau nasihat untuk pengantin pria dalam acara pernikahan.

The best people – adalah orang-orang yang merasa lebih baik dari kebanyakan orang, entah karena mereka lebih tua/sepuh, berasal dari keluarga mapan, atau mereka memiliki mindset superior.

Best boy – frasa ini adalah istilah dalam perfilman/shooting. yaitu asisten utama yang membantu pergerakan lighting, kamera dan listrik dalam pembuaran film.

Best seller – merupakan sesuatu yang sangat diinginkan oleh banyak penulis. Best seller merupakan istilah untuk buku-buku atau produk lainnya yang sangat laris terjual.

Second best – adalah ranking kedua dalam hal kualitas. Ada first best sebagai pemilik kualitas terbaik nomor satu, nah second best adalah yang kedua. Meskipun istilah ini terkadang buruk, karena siapa sih yang mau jadi nomor dua? Namun tergantung pada konteks rangking hal apa, sehingga second best tidak selalu jadi hal buruk.

To do someone’s best dan to give it someone’s best shot – keduanya berarti melakukan yang terbaik dengan kemampuan masing-masing. Namun ada perbedaan konotasi antara keduanya. Contoh:

  • I always try to do my best (bisa digunakan dalam keadaan apapun)
  • I don’t have enough time to pick them up at the school, but I’ll do my best (usahanya akan sia-sia karena dia sebenarnya nggak punya waktu untuk menjemput mereka di sekolah, seperti hanya basa basi)
  • The other candidates are older and have more experience than me, but I’ll give it my best shot (peluang untuk gagal lebih besar daripada kesuksesan)

To make the best of it – berarti memperbaiki keadaan, karen sebelumnya telah terjadi hal buruk. Misalnya, setelah menghadapi bencana banjir, orang-orang akan mengatakan “Our house was flooded by water and mud, part of it was broken too. We’ll make the best of it soon”

Oke, sahabat kampung inggris, itu dia ulasan lengkap berbagai penggunaan BEST dalam bahasa Inggris. Jangan lupa untuk latihan menggunakannya dalam tulisan kamu ya! Keep learning 🙂

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *