Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Berbagai Penggunaan “Best”

berbagai penggunaan best

Berbagai Penggunaan “Best” – Biasanya, apa yang kamu katakan pada sahabatmu yang akan menghadapi ujian? “Do the best!” lakukan yang terbaik. Nah, kata “best” sangat akrab kan di telinga kita? Namun ternyata penggunaan best bukan hanya itu lho, ada lagi yang lain. Apa saja itu? Kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Penggunaan Best /ˈbɛst/

1. Adjective

Di samping penggunaan Best sebagai kata sifat, “of the highest excellence, excelling all others in quality,” atau dengan kata lain “terbaik dari yang paling baik”, kata Best juga digunakan dalam part of speech atau kelas kata lainnya dan juga banyak idiom in english. Sebagai adjective, penggunaan best adalah sebagai berikut:

  • It was great to know that you finally had the best achievement this year / Senang mengetahui bahwa akhirnya kamu punya prestasi terbaik pada tahun ini
  • LC Kampung Inggris is the best place to learn english / LC Kampung Inggris adalah tempat terbaik untuk belajar bahasa inggris

2. Verb

Sebagai verb (kata kerja), to best berarti menjadi lebih baik dari yang lain, menang dari yang lain, mencapai sesuatu yang lebih dari yang lain. Contohnya:

  • Rio Haryanto always bests his rivals on many tournaments / Rio Haryanto selalu menang dari yang lainnya di banyak pertandingan
  • I expected to best the other students on the next olympiad / Saya menargetkan untuk mengalahkan siswa lain di olimpiade berikutnya

3. Noun

Kata Best juga bisa digunakan sebagai noun (kata benda). Kata benda The best berarti sesuatu yang terbaik. Contohnya:

  • I only want the best from you/ Aku hanya ingin yang terbaik darimu
  • I bring many gifts today, I’ll save the best for you / Saya membawa banyak hadiah hari ini, saya akan menyimpan yang terbaik untukmu.

4. Adverb

Best juga digunakan sebagai adverb (kata keterangan) yang berfungsi menjelaskan kata kerja. Artinya, pekerjaan tersebut merupakan yang terbaik. Contohnya:

  • I’ve done the best for today’s examination / Saya telah melakukan yang terbaik untuk ujian hari ini
  • He works best even in underpressure / Dia bekerja dengan sebaik-baiknya meski berada di bawah tekanan

Best dalam Idiom

Selain digunakan sebagai part of speech, kata best juga digubakan dalam berbagai idiom dalam bahasa inggris. Berikut ini adalah beberapa idiom dan frase yang biasa menggunakan kata best di dalamnya:

1. best man: lelaki yang berdiri untuk pengantin di dalam upacara pernikahan. Ia berpidato untuk memberi penghormatanataupun nasihat  kepada mempelai pria.

2. the best people: Merupakan orang-orang yang merasa lebih baik dari kebanyakan orang. Biasanya, di budaya jawa mereka biasa disebut “priyai” atau “keratonan”, dan sebagainya. The best people biasanya adalah orang-orang yang kaya, terpandang, berpindidikan, dan sebagainya.

3. best seller: Paling laris. Biasanya digunakan oleh para penulis dan penerbit buku. Best seller merupakan hal yang diidam-idamkan oleh semua penulis.

4. second best:  Bisa diartikan sebagai next in quality to the first, atau kualitas kedua dari yang pertama. Misalnya: Radit always gets first rank in class, and I’m the second best of him

5. best boy: Merupakan asisten utama dalam pengaturan kamera, lighting atau perlistrikan dalam kru film

6. to do one’s best and to give it one’s best shot: kedua ekspresi tersebut berarti “to do something to the best of one’s ability,” atau melakukan sesuatu yang terbaik sesuai kemampuan seseorang. Namun penggunaan dari keduanya bisa jadi berbeda. Coba yuk, bandingkan beberapa kalimat berikut:

“I always try to do my best.” (bisa digunakan dalam kondisi apapun)

“I may not have time to pick up the laundry, but I’ll do my best.” (menunjukkan bahwa usaha yang dilakukan cenderung gagal)

“Everyone else in the contest has more experience, but I’ll give it my best shot.” (kemungkinan gagal lebih besar daripada kemungkinan untuk sukses)

7. to make the best of it : Berarti bahwa seseorang akan memperbaiki atau membiasakan diri dalam situasi sulit. Misalnya, setelah terkena musibah, biasanya kita mengatakan ekspresi tersebut untuk memperbaiki kehidupan setelah tertimpa musibah. Contoh:

The earthquake destroyed our house, but we’ll make the best of it / Gempa bumi telah merusak rumah kami, tapi kami akan membangunnya kembali

Baca juga: 20 Idioms About Number

Well itu dia Berbagai Penggunaan “Best”. Semoga bermanfaat untuk sahabat LC sekalian.  ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *