Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Berbagai Penggunaan Like

Berbagai Penggunaan Like

Berbagai Penggunaan Like – “Like” merupakan salah satu kata dalam Bahasa Inggris yang memiliki banyak penggunaan. Karena itu, “like” seringkali salah penggunaannya. Like bisa digunakan sebagai noun (kata benda), verb (kata kerja), adverb (kata keterangan), preposition (kata depan) dan conjunction (kata hubung). Biar sahabat Kampung Inggris nggak makin bingung dengan like, mari kita ulas berbagai penggunaan like. Cekidot 🙂

Like Sebagai Noun

Sebagai kata benda, like bisa berarti dua hal, yaitu 1) seseorang, atau suatu benda yang mirip dengan yang telah disebutkan sebelumnya, misalnya cindy dikenal sebagai siswa yang ramah berprestasi di sekolahnya, ketika ia pindah sekolah gurunya akan bilang “Cindy is a great student, it’s hard to find her like” cindy adalah murid yang hebat, sulit menemukan anak yang mirip dengan dia. 2) Sesuatu yang disukai oleh seseorang, misalnya benda atau hobi. Contohnya “Riding Bicycle is one of my likes” (bersepeda adalah salah satu kesukaan saya).

Like Sebagai Adverb

Sebagai ekspresi sehari-hari, like juga bisa menjadi kata keterangan dengan bentuk:

BE + LIKE + TO INFINITIVE (V1)

Yang berarti “hampir, siap untuk dilakukan, nyaris terjadi”. Contohnya:

  • He was like to be tripped again into the drain (dia hampir terjatuh lagi ke dalam selokan)
  • Dian is like to run faster than before (Dian siap berlari lebih cepat dari sebelumnya)

Like Sebagai Verb

Kata kerja like berarti menyukai sesuatu atau senang melakukan suatu hal. Misalnya, “I like watching TV” (saya suka menonton TV). Sebagai verb, like bisa diikuti oleh to infinitive seperti to see, to be, to have, to do. Jika like + infinitive, maka kalimatnya berarti si subjek melakukan kegiatannya bukan karena ingin bersenang-senang tapi lebih karena bermanfaat. Contoh: “She likes to read at least one medical book a week” (dia suka membaca buku kesehatan paling tidak satu buku seminggu). Like juga bisa diikuti gerund (v-ing) seperti drawing, walking, listening, cooking. Jika like + gerund, maka kalimatnya berarti aktivitas yang disebutkan benar-benar dilakukan oleh si subjek. Contoh: “I like listening jazz music” (Saya senang mendengarkan musik jazz).

Like Sebagai Conjunction

Sebagai kata hubung, like berfungsi untuk menggantikan as atau as if yang artinya seakan-akan. Meskipun like sering digunakan sehari-hari sebagai fungsi tersebut, tapi kita tidak boleh menggunakannya dalam tulisan formal, karena sifatnya hanya untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari, atau informal. Contoh:

  • Like I told you before, She’ll be late (seperti yang saya bilang sebemny, dia akan datang telat)
  • She feels like she is the boss here (dia merasa menjadi bos di sini)

Like sebagai Preposition

Sebagai fungsi kata depan, like digunakan untuk membandingkan dua kata yang tidak sama. Coba perhatikan contoh berikut ini:

  • She swims like a fish (dia berenang seperti ikan)
  • Tia is a smart and beautiful girl, she is like a diamond for her parents (Tia adalah anak yang cantik dan cerdas, dia seperti berlian bagi orangtuanya)

Penggunaan Like secara Informal

Seiring dengan perkembangan jaman, like juga digunakan semakin informal oleh kalangan anak muda dalam percakapan sehari-hari. Mereka menggunakan “like” sebagai pengganti “he said” atau “he goes” dalam reported speech. Contohnya:

  • He was like, “I quit!” (dia bilang, “saya keluar”)
  • The cat was like, “meaow!” (kucing itu berbunyi, “meaow”)

Okke, itu dia berbagai penggunaan like dalam bahasa inggris. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga: Berbagai Penggunaan Best

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *