Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Between vs. Among

between vs among

Hai, sahabat LC Kampung Inggris. Belajar bahasa inggris memang tidak pernah ada habisnya. Selalu saja ada topik yang bisa kita bicarakan. Namanya juga bahasa, bisa didefinisikan sebagai alat komunikasi. Komunikasi yang digunakan setiap hari pasti mengandung banyaaak sekali vocabulary, phrase, idiom, slang, dan aturan grammar untuk menulis dan bicara. Oleh karena itu, bagi kamu yang sudah bertekad ingin jago berbahasa inggris, jangan stop di sini, teruslah belajar karena masih banyak hal yang pastinya belum kamu ketahui.

Termasuk yang satu ini. Apa ya bedanya between dan among? padahal kedua kata ini artinya sama-sama di antara. Aturan paling penting dalam mengartikan bahasa inggris ke bahasa indonesia dan sebaliknya adalah jangan menalan bulat-bulat kata pertama dalam kamus. Maksudnya, kalau among dan between arti secara bahasa adalah di antara, maka kita perlu telusuri lagi perbedaan penggunaannya. Apakah keduanya bisa digunakan tanpa ada perbedaan? Atau mungkin keduanya berbeda karena aksen US English dan British English? Nah, untuk itu mari kita cek jawabannya berikut ini:

Between dan Penggunaannya

Konon katanya, between hanya digunakan untuk menyebutkan sesuatu di antara dua benda. Betulkah hanya untuk dua benda? Wah, ternyata betul pemirsa. Kalau kita akan nyebutin suatu benda yang tepat berada di antara dua benda lainnya yang memang benar-benar terpisah, kita bisa menggunakan between. Contohnya:

I put my bag between the table and the electric fan / Saya meletakkan tas di antara meja dan kipas angin

She went to a shop which is between the post office and the mosque / Dia pergi ke toko yang berada di antara kantor pos dan masjid

I don’t know the connection between sherlock and watson / Saya tidak tau ada hubungan apa antara sherlock dan watson

Namun bukan hanya untuk dua benda yang terpisah, between juga digunakan untuk menyebutkan benda diantara tiga benda lainnya yang disebutkan secara spesifik. For example:

The price between stell shop, sela shop, and greta shop isn’t much different / Harga di antara toko stell, toko sela, dan toko greta tidak jauh berbeda

I need to meet him, the man who is standing between agasha, rena, and diva / Saya perlu berjumpa dengan dia, laki-laki yang berdiri di antara agasha, rena dan diva.

I feel awkward when I stood between them / Saya merasa aneh saat berdiri di antara mereka (mereka jelas terdiri dari 2 orang)

I found a cute rabbit between the trees / Saya menemukan kelinci lucu di antara dua pohon

Among dan Penggunaannya

Berbeda dengan between, among umum digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang berada di tengah banyak benda atau orang. Dan benda tersebut tidak spesifik. Misalnya:

I will be staying cool among these problems / Saya akan tetap santai di antara banyaknya masalah ini (tidak tau ada berapa masalahnya)

He made noisy among the people / Dia membuat keributan di tengah orang banyak

I’m so grateful to find the easiness among these  difficulties / Saya bersyukur bisa mendapatkan kemudahan di antara kesulitan

Ekstra Tips

1. Gunakan You and Me untuk between, contohnya:

He never interrupts the conversation between you and me / Dia tidak pernah menyela perbincangan antara kamu dan saya

2. Untuk menghubungkan waktu, hanya menggunakan between, misalnya:

She moved to many places between the year 2001 and 2003 / Dia berpindah ke banyak tempat di antara tahun 2001 dan 2003

Umm, I forget the year They got married, it’s between 1998 and 1999 / Saya lupa tahun pernikahan mereka, antara 1998 dan 1999

I was watching TV between 1.30 pm and 3.00 pm / Saya sedang nonton TV di antara jam 1.30 pm dan 3.00 pm

Nah itu dia cara membedakan Between vs. Among, semoga bermanfaat ya. Keep learning ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *