Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Bikin Komunitas Bahasa Inggris, Kenapa Tidak?

bikin komunitas bahasa inggris

Bikin Komunitas Bahasa Inggris, kenapa tidak? –Bahasa inggris merupakan salah satu dari bahasa dunia yang konon, telah ada sejak 1500 tahun yang lalu. Perkembangan bahasa inggris sejak jaman lahirnya di Britania hingga sampai di Republik Indonesia cukup membuat kita terheran-heran, bagaimana caranya satu bahasa ini bisa disepakati sebagai bahasa internasional. Padahal, menurut antropolog dari University of Sydney, tercatat 6.800 bahasa yang ada di dunia. Jika seluruh anak muda di dunia berkumpul dalam acara PBB misalnya, kira-kira apa ya bahasa yang mereka gunakan? Sudah tentu bahasa inggris. So, bahasa yang sudah mendunia ini, mau tidak mau harus kita pelajari sebagai bekal bertemu orang banyak dalam forum internasional.

Bahasa inggris bukan lagi menjadi sebuah minat namun sesuatu yang kian wajib dipelajari. Apalagi, negara tempat bahasa ini berkembang (Inggris dan Amerika) merupaka negara adidaya yang banyak sekali fashion, film, dan gaya hidup yang condong ke negara tersebut. Alhasil, banyak sekali produk film, tulisan, jurnal, iklan, barang-barang yang harus kita baca dalam bahasa inggris. Maka wajar saja kalau mulai dari SD sampai mahasiswa, semua mempelajari bahasa inggris baik di sekolah formal maupun kursusan. Anak-anak muda jaman sekarang sangat dekat dengan bahasa inggris, dibuktikan dengan update social media yang seringkali menggunakan bahasa inggris. Namun sayangnya, tidak semua postingan tersebut sesuai dengan gramatikal bahasa inggris. Sama halnya degan kemampuan conversation, masih sedikit dari orang Indonesia yang fasih berbicara bahasa inggris seperti native speaker. Padahal, bahasa inggris sudah dipelajari sejak bangku sekolah dasar.

Komunitas Bahasa Inggris: Solusi Belajar Efektif

Pernah dengar komunitas? yap, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komunitas diartikan seagai kumpulan orang-orang yang hidup bersama dalam lingkungan tertentu. Misalnya, komunitas orang pesisir berarti orang-orang tersebut hidup bersama, dan dengan aktivitas yang sama  di lingkungan pinggir pantai (pesisir). Sama halnya dengan komunitas-komunitas yang ada di Indonesia, contohnya ada komunitas pecinta kopi; sekumpulan orang dari berbagai latar belakang bergabung dan sharing tentang  kopi dan melakukan beragam aktivitas sejenisnya. Lantas pernahkah kamu bayangkan betapa efektifnya jika ada sekumpulan orang yang hanya menggunakan bahasa inggris kalau bertemu? atau belajar bahasa inggris bersama? Nah, ini yang disebut dengan komunitas bahasa inggris.

Komunitas pada umumnya bisa mengeluarkan potensi terpendam kita. Kalau kamu bergabung dengan komunitas bahasa inggris, secara otomatis potensi english mu akan bangun dan kamu bisa lebih banyak belajar lagi. Kalau kamu masih ragu untuk membuat atau bergabung dengan komunitas bahasa inggris, di bawah ini terpapar manfaat komunitas tersebut. Check it out!

1. Meningkatkan Kemampuan Conversation

Judulnya komunitas bahasa inggris, hampir 100% bisa dipastikan semua yang dibahasa akan berkaitan dengan bahasa inggris, atau bahkan mereka bicara menggunakan bahasa tersebut. Berbicara atau conversation dalam bahasa inggris memang membutuhkan waktu agar bisa lancar seperti penutur asli di Inggris atau Amerika. Selain waktu, akan lebih efektif lagi kalau ada partner untuk diajak bicara bahasa inggris. Komunitas bahasa inggris inilah yang bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin cepat lancar berbahasa inggris. Selain teman ngobrol inggris, kita juga bisa saling koreksi satu sama lain dalam komunitas tersebut.

2. Belajar Bareng

Sudah tidak asing lagi bagi kita, bahwa dalam dunia bahasa inggris, ada beberapa ujian untuk mengukur kemampuan bahasa inggris kita. Yang paling mahsyur, ada TOEFL dan IELTS. Ujian semacam itu, butuh banyak latihan dan belajar. Khususnya pada materi grammar yang katanya sangat sangat sulit. Dengan adanya komunitas bahasa inggris, kamu bisa saling bertukar soal, bertukar pikiran, belajar bersama, atau paling tidak saling menjaga semangat kalau suatu saat malas melanda ^_^

3. Mengadakan Event Bermanfaat

Salah satu tujuan diadakannya komunitas bahasa inggris adalah menularkan semangat belajar kepada orang banyak. Karena bahasa inggris bukan hanya kebutuhan golongan tertentu, namun sebetulnya tiap orang membutuhkan bahasa inggris untuk mengikuti perkembangan jaman. Bersama komunitas bahasa inggris, kita bisa mengadakan event-event yang sekiranya berkaitan dengan english dan tentunya bermanfaat untuk umum. Misalnya, mengadakan simulasi IELTS, training public speaking in english dalam sehari, seminar budaya dan bahasa di Amerika, dan lainnya. Selain bermanfaat untuk kamu anggota komunitas, juga berbagi manfaat untuk teman-teman yang membutuhkan.

4. Menjaga Ilmu

Salah satu penyebab mengapa kemampuan bahasa inggris seseorang menurun dan skor TOEFLnya menurun adalah karena ilmunya tidak dipakai. Ilmu, selain diikat dengan tulisan, juga bisa kita jaga dengan membaginya atau menggunakannya. Sama halnya dengan bahasa inggris. Berapa banyak tutor english yang semakin handal setelah ngajar bahasa inggris dimana-mana. Semakin kita ngomong inggris, semakin sering kita nulis inggris dan ngerjain soal bahasa inggris, maka semakin terjaga kemampuan yang sudah kita miliki. Dan komunitas bahasa inggris adalah salah satu solusinya. Kita bisa mengeksplor skill english kita sesering mungkin dengan komunitas tersebut, bahkan dalam grup whatsapp sekalipun kita bisa chatting menggunakan bahasa inggris untuk menjaga ilmu kita. Menarik bukan? ^_^

For Your Information, di Indonesia sudah ada satu komunitas bahasa inggris terbesar yaitu Kampung Inggris Pare Kediri. Di kampung yang terdiri dari desa Pelem dan desa Tulungrejo ini terdapat lebih dari 100 lembaga kursus bahasa inggris dan bahasa asing lain, serta ratusan bahkan ribuan pelajar dari Aceh sampai Papua, bahkan tak jarang ada juga siswa yang datang jauh dari negara tetangga seperti Thailand. Hiruk pikuk belajar bahasa inggris di sini menjadi asal muasal mengapa pare Kampung Inggris disebut sebagai komunitas bahasa inggris terbesar sekaligus destinasi wisata edukasi Kabupaten Kediri. Kemana pun kamu pergi, pasti ada anak-anak yang cas cis cus menggunakan bahasa inggris, baca buku berbahasa inggris, atau sekadar belajar bareng. Ya, kampung inggris kediri ini adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin memasuki komunitas bahasa inggris yang sangat kental atmosfer belajarnya.

Lebih jauh tentang suasana kampung inggris, baca lengkapnya di: Budaya Ngobrol Inggris di Kampung Inggris

Selain kampung inggris pare, kamu juga bisa menemui komunitas bahasa inggris ini di sekolah-sekolah atau kampus yang punya kelompok studi bahasa inggris, atau yang biasa disebut English Club. Untuk mengisi waktu luang sekaligus belajar, tidak ada salahnya kamu bergabung dengan komunitas tersebut. Atau kamu justru ingin Bikin Komunitas Bahasa Inggris sendiri di sekitar rumah? . Semoga berhasil ^_^

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *