Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Bliss vs. Bless

bliss vs bless

Bliss vs. Bless – Halo sahabat Kampung Inggris! Belajar bahasa inggris memang tidak ada habisnya. Kalau mau ditelusuri, masih ada banyak idiom, slang, bahkan confusig words yang bisa kita pelajari untuk komunikasi bahasa inggris sehari-hari, ataupun dalam situasi informal. Salah satu contohnya adalah pembahasaan perbedaan-perbedaan kata. Bedanya simpel sih, tapi artinya juga tentu beda. Misalnya, Bliss vs. Bless. Kalau dilihat, hanya beda vowel ‘i’ dan ‘e’. Tentunya akan berbeda juga cara mengucapkannya (pronunciation). Jika dilihat lebih mendalam, bliss dan bless memiliki arti yang berbeda. Bliss bisa diartikan perasaan sangat senang. Sedangkan bless merujuk pada sesuatu yang suci.

Kali ini, LC Kampung Inggris akan membahas perbedaan keduanya secara lebih jelas. Cekidot!

Arti dan Penggunaan Bliss

Kalau kita buka kamus bahasa inggris, Bliss artinya “perfect happiness” atau kebahagiaan yang sempurna. Perfect happiness adalah ketika seseorang mengalami hal yang sangat menyenangkan. Atau ketika seseorang tidak terganggu keadaan sekitar sehingga bisa bahagia. Kata bliss /blɪs/ ini merupakan noun (kata benda) dan berasal dari bahasa inggris kuno bliths dan old saxon blidsea. Berikut ini contoh kalimat menggunakan Bliss:

  • Leaving that house which only gave her pain memory was a bliss / meninggalkan rumah yang hanya memberikan memori rasa sakit adalah suatu kebahagiaan
  • It is bliss to have picnic and leave the work for awhile / sangat menyenangkan bisa piknik dan meninggalkan pekerjaan sebentar
  • He always shares everything with me but bliss. Now I know what life he lives. He has suffered a lot since he came to Jakarta / dia selalu menceritakan segalanya tapi tidak pernah berbagi kebahagian. Sekarang saya tau apa yang dia jalani. Dia begitu menderita sejak pindah ke Jakarta

Kata Bliss ini juga sering diidentikkan dengan istilah religius. Misalnya, jika seseorang ingin bahagia, maka ia harus menjalani hidup dengan faith (keyakinan pada Tuhan), gratitude (rasa syukur), honesty (kejujuran), humility (kerendahan hati), dan compassion (empati). Dengan begitu mereka akan mempunyai bliss (kebahagiaan tak terkira) dalam hidupnya.

Arti dan Penggunaan Bless

Bless /bles/ merupakan verb (kata kerja) yang bisa digunakan dalam beberapa makna, yaitu:

  1. Membuat sesuatu menjadi suci atau terlindungi. Biasanya digunakan pada ritual keagamaan atau kepercayaan. Contoh: “The villagers in Java usually bless their heritages by cleansing them with special water, then it is followed by any certain ritual / masyarakat di jawa biasanya menyucikan benda pusaka mereka dengan membersihkannya menggunakan air khusus, lalu diikuti dengan ritual tertentu.
  2. Bless biasa digunakan untuk memohon berkat pada Tuhan. Yang sering kita dengar adalah, “May god bless you!” Yang berarti semoga Tuhan memberkatimu. Bless juga bisa diartikan merestui atau mendoakan. Misalnya “Parents will always bless their children whenever and wherever they go / orang tua akan selalu mendoakan anak-anaknya kapan pun dan kemana pun mereka pergi”
  3. Bless juga berarti dikaruniai. Contoh:

“I was blessed with complete, nice and caring family / saya dikaruniai dengan keluarga yang lengkap, baik dan perhatian”

“They were blessed with the help from god when they were trapped by fire / mereka beruntung dengan pertolongan Tuhan saat mereka terjebak api”

Nah, sahabat kampung inggris sudah paham kan beda keduanya. Bliss (noun) adalah kebahagiaan, sedangkan Bless (verb) berkaitan dengan religius. Semoga ulasan tentang Bliss vs. Bless ini bermanfaat ya!

Baca juga: Intent vs. Intend

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *