Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Brigadir Kampung Inggris Resmi Dibentuk di Pare

 

Brigadir Kampung Inggris

Kabupaten Kediri, ternyata tidak hanya terkenal dengan sambal tumpang dan monumen Simpang Lima Gumulnya, tetapi juga ada satu tempat wisata yang unik, yaitu Kampung Inggris. Sebagai kampung wisata edukasi, kampung yang tepatnya berlokasi di Kecamatan Pare, Kediri ini selalu ramai dikunjungi oleh pelajar dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Ribuan pelajar selalu datang tiap bulan ke kampung inggris pare ini.

Kampung inggris dirintis sejak 37 tahun yang lalu, dan berawal dari satu lembaga kursus yang hingga kini masih ada di Jalan Anyelir, yaitu Basic English Course. Mulai terkenal sejak tahun 90-an, kampung inggris semakin banyak diminati masyarakat indonesia. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pegawai, bahkan para profesional ikut belajar bahasa inggris di kampung ini. Minat yang tinggi ini muncul karena sistem belajar di kampung inggris yang berbeda dengan kursusan lainnya. Di sini, para siswa mendapat pelajaran intensif dengan atmosfer serba inggris dimanapun kapanpun sehingga siswa lebih cepat bisa berbahasa inggris. Keunikan inilah yang menyebabkan kampung inggris selalu diserbu ribuan pelajar, apalagi saat liburan sekolah.

Dari awalnya hanya satu lembaga kursus, saat ini kampung inggris memiliki 110 lembaga kursus bahasa inggris yang tersebar di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem. Semakin banyaknya tempat kursus juga berarti semakin meningkat jumlah pelajar yang datang dan semakin tinggi juga resiko terjadi kejahatan sosial seperti pencurian, penyebaran narkoba, ataupun kecekalaan lalu lintas. Oleh karena itu, Polres Kediri menurunkan 22 orang anggota kepolisian untuk mengamankan kampung inggris yang meliputi 22 RW ini. Program pengamanan khusus ini disebut dengan Brigadir Kampung Inggris. Satu-satunya di Kediri, program ini diharapkan bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pelajar serta pengunjung lain yang singgah di kampung inggris Pare.

Peresmian program Brigadir Kampung Inggris telah dilaksanakan pada hari senin, 16 November 2015 di Lapangan Tenis Mapolres Kediri. Program ini langsung diresmikan oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Drs Anton Setiadji dengan dihadiri para undangan dari tokoh agama, tokoh masyarakat sekitar, serta 22 RW yang ada di Desa Pelem dan Tulungrejo, Kecamatan pare. Dengan peresmian ini, maka tim dari Brigadir Kampung Inggris siap bertugas dan melayani masyarakat sebaik mungkin.

peresmian brigadir kampung inggris

Tugas Brigadir kampung inggris yaitu menjaga keamanan serta ketertiban di kampung inggris, karena setiap bulannya, tempat ini bisa kedatangan hingga 3000 pelajar dari berbagai daerah di Indonesia. Padatnya jumlah siswa dengan berbagai latar belakang tentu meningkatkan kerawanan akan kejahatan di kampung inggris. Oleh karena itu Brigadir Kampung Inggris dibentuk sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya kejahatan yang lebih luas. Karena sampai hari ini, berbagai kejahatan seperti pencurian motor yang terjadi di rental-rental sepeda motor telah terjadi dan harus segera diantisipasi. Selain itu, Brigadir Kampung Inggris juga bertugas melakukan komunikasi dengan perwakilan 22 RW di kampung inggris sebagai sarana pertukaran arus informasi tentang kampung inggris. Petugas yang tergabung dalam Brigadir Kampung Inggris ini berpatroli setiap harinya menggunakan sepeda motor atau sepeda ontel. Mereka juga diharuskan membangun komunikasi yang baik dan ramah kepada masyarakat sekitar. Jadi, Anda tidak perlu takut kalau suatu waktu bertemu dengan para anggota Brigadir Kampung Inggris.

Setelah Brigadir Kampung Inggris Resmi Dibentuk di Pare, semoga kampung inggris yang dikenal nyaman dan tenteram ini semakin aman dan bebas dari kejahatan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk datang dan belajar di Pare Kampung Inggris 🙂

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *