Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Butuh berapa lama agar jago berbahasa inggris?

berapa lama agar jago bahasa inggris

Butuh berapa lama agar jago berbahasa inggris? – Pertanyaan tersebut seringkali terdengar di Kampung Inggris Pare Kediri. Maklum saja, karena di kampung ini terdapat lebih dari 100 lembaga kursus bahasa inggris dan dikenal sebagai pusat belajar inggris terbesar di Indonesia. Banyak rumor yang mengatakan bahwa di kampung ini, kamu bakal bisa berbahasa inggris dalam waktu singkat. Kebenaran rumor tersebut sebetulnya kembali pada kemampuan dan kesungguhan belajar siswa masing-masing. Namun kira-kira adakah standar waktu belajar bahasa inggris sampai benar-benar mahir?

Sebelum kita menjawab pertanyaan di atas, yuk kita lihat dulu bagaimana proses seseorang belajar bahasa asing. Bagi kamu orang indonesia asli yang belum pernah belajar bahasa asing apapun, bagaimana rasanya ketika melihat tulisan jepang atau mandarin? Bentuk karakternya jauh beda dengan bahasa indonesia, apalagi artinya. Nah, ketika kamu pertama melihat tulisan bahasa jepang dan tidak mengerti maksudnya, itu bukan berarti kamu bodoh, tapi memang belum mengenal bahasa jepang. So, what should we do? Mau tidak mau kita harus kenalan dengan bahasa asing tersebut. Orang bijak mengatakan“tak kenal maka kenalan”. Maka sama halnya dengan bahasa asing yang betul-betul baru, kita harus kenalan dengannya. Cara paling simpel untuk berkenalan dengan bahasa asing yaitu dengan membiasakan diri dengan bahasa tersebut. Misalnya, bahasa inggris. Setiap jam bahkan menitnya, usahakan kamu selalu terbiasa dengan english. Bisa dengan update status bahasa inggris, baca tumblr orang Kanada, chatting dengan orang Amerika, nulis diary bahasa inggris, atau bahkan misal kamu lagi di manapun kamu akan mentranslate omongan orang di sekitar ke dalam bahasa inggris meski hanya ada dalam pikiran. Barang-barang yang ada di rumah dan di kamar pun perlu kamu tempel sticky note bertuliskan bahasa inggris dari benda tersebut. For example. Kamu tempelkan REFRIGERATOR di kulkas, SEWING MACHINE di mesin jahit, atau CEILING di langit-langit kamar. Dengan membiasakan diri, ibaratnya kamu sedang menata batu bata yang nantinya siap dijadikan sebuah rumah. Baca tips lengkapnya di: Cara Mudah menghafal vocab

Oke, kalau cara pertama, making english as your habit sudah dilakukan, masuklah ke tahap belajar yang sebenarnya. Maksudnya adalah, kamu betul-betul mempelajari materi-materi bahasa inggris agar bisa seperti native speaker yang jago nulis dan ngomong inggris. Biasanya, kemampuan bahasa inggris seseorang diukur secara kuantitatif melalui tes TOEFL atau IELTS. Tes tersebut tidak terbatas pada beberapa materi seperti di sekolahan, tapi lebih umum.

Ada beberapa aspek yang perlu kamu pelajari agar sukses jago berbahasa inggris. Pertama, yakni vocabulary atau kosa kata. Vocab adalah dasar dari writing dan speaking. Butuh susunan vocab untuk membuat sebuah kalimat sempurna. Misal, kamu sedang berada di restoran. Untuk memesan makanan, memanggil pelayan, komplain dan sebagainya kamu perlu tau vocab tentang restoran seperti menu, dishes, food, beverage, bill, dan sebagainya. Begitu juga dengan topik lain, kamu perlu juga melist vocab yang berkaitan dengan topik tersebut untuk dihafal dan digunakan. Bukan hanya vocab, tapi juga expression. Expression ini contohnya cara mengungkapkan pendapat, setuju, tidak setuju, atau ketika mengucapkan selamat, dan sebagainya.

Selain vocab dan expression, selanjutnya adalah grammar (tata bahasa). Dengan grammar, kosa kata yang kita miliki barulah bisa ditata menjadi kalimat sempurna. Berbeda dengan bahasa indonesia yang lebih simpel, grammar dalam bahasa inggris memiliki peraturan yg lebih banyak. Misalnya, tenses yang berubah-ubah sesuai dengan time signal dan penggunaan. Contohnya adalah Saya menyanyikan sebuah lagu >> I sing a song, namun jika kamu menyanyi kemarin maka bahasa inggrisnya menjadi: I sang a song. Oleh karena itu belajar grammar, suka tidak suka sifatnya wajib. Karena vocab dan grammar ini akan sangat sangat berguna untuk kemampuan writing (menulis). Selanjutnya adalah kemampuan berbicara (speaking) dan conversation (percakapan). Untuk yang satu ini kamu butuh materi yang disebut pronunciation atau cara pengucapan bahasa inggris. Bukan hanya cara ucap, tapi kamu wajib sering latihan ngomong inggris. Semakins ering, semakin bagus.

Well, kalau sudah tau apa saja yang dipelajari dalam bahasa inggris, kamu bisa mengira-ngira berapa lama bisa jago berbahasa inggris. Bagi kamu yang sudah memiliki basic english sejak kecil akan memudahkan kamu dalam mengasah bahasa inggris saat dewasa. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bagi kamu yang belum punya basic untuk jago english saat besar nanti. Karena yang namanya belajar bukan soal pintar bodoh namun lebih pada rajin atau tidaknya. So, semakin kamu lama belajar kamu akan semakin jago. Bahkan untuk seseorang yang TOEFLnya sudah 650 atau IELTSnya sudah band 7.0, semakin diasah lagi akan semakin tajam. Kesimpulannya, tidak ada waktu pasti berapa lama untuk jago berbahasa inggris karena bahasa merupakan keterampilan yang harus selalu diupdate dan diasah agar tidak lupa. Selamat belajar 🙂

Butuh berapa lama agar jago berbahasa inggris? semua tergantung usaha dan kesungguhan kamu. Termasuk ketika kamu kursus di Kampung Inggris yang terkenal intensif, kamu juga perlu mengerahkan tenaga optimal untuk bisa berbahasa inggris. Meskipun di kampung inggris ini kamu bisa belajar lebih efektif karena bahasa inggris menjadi kebiasaan disini. Di camp, di kelas, kosan, warung makan dan lainnya kamu akan menemukan bahasa inggris.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

8 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *