Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Candi Tegowangi, Wisata Sejarah Penuh Pesona Kampung Inggris Pare

kampunginggris_canditegowangi

Sabtu dan Minggu adalah hari dimana sebagian besar lembaga yang ada di Kampung Inggris memberikan jadwal libur kepada para membernya. Pada hari tersebut benar-benar dimanfaatkan oleh para member untuk berlibur dan refreshing setelah berperang dengan jadwal belajar bhasa Inggris yang padat dihari-hari sebelumnya. Banyak yang merencanakan untuk berlibur ke Bromo, Batu, Kawah Ijen dan sebagainya. Tapi ada juga yang merencanakan untuk menghabiskan waktu libur mereka dengan bersepedah berburu tempat-tempat indah yang ada disekitaran Kampung Inggris Pare. Ya, tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih besar kamu tetap bisa loh menghabiskan akhir pekanmu dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di sekitar sini, salah satunya candi tegowangi. Seperti apa sih Candi Tegowangi ini sehingga bisa menjadi temapat wisata yang tidak boleh kalian lewatkan ketika berada di Kampung Inggris. Yuk langsung saja kita bahas untuk mengurangi rasa penasarnmu, chek this out.

Candi tegowangi merupakan salah satu situs sejarah yang ada di Kabupaten Kediri yang terletak di sebelah barat Kota Pare tepatnya berada di Dusun Candirejo, Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan. Kalian bisa mengunjungi candi hindu ini dengan bersepedah bersama teman-temanmu, tidak butuh waktu lama hanya sekitar 10-15 menit kamu sudah bisa sampai di tempat wisata yang satu ini. Candi tegowangi ini berbentuk bunjur sangkar yang menghadap ke sebelah barat dengan ukuran 11,2 x 11,2 m dan tinggi sekitar 4,35 m. Candi yang dibuat sekitar tahun 1400 M pada masa kerajaan Majapahit  sebagai tempat Pendharmaan Bhre Matahun ini terbuat dari batuan andesit dan batu bata sebagai sebagai pondasinya. Pada tubuh candi terdapat relief-relief yang masih bisa dinikmati dengan jelas berisi cerita tentang pensucian Dewi Durga dari bentuk jelek dan jahat menjadi Dewi Uma dalam bentuknya yang baik, ritual ini dilakukan oleh bungsu dari Pandawa yaitu Sadewa. Kalian bisa mengelilingi bagian candi dan menemukan relief-relief yang mengagumkan. Terdapat 14 panel dengan rincian 3 panel di sisi utara, 8 panel di sisi barat dan 3 panel di sisi selatan, sangat aya akan relief bukan?. Selain menikmati relief-relief yang mempesona tersebut kalian juga bisa menikmati arca-arca yang berada di halaman candi, walaupun sudah tidak dalam kondisi bentuk yang utuh tapi keindahan dari arca ini masih bisa kalian nikmati loh. Kalian akan menikmati bangunan bersejarah ini dengan ditemani rerumputan hijau yang mengelilingi alas area candi dan juga semilir angin yang diciptakan oleh pepohonan yang ada di sekitar area candi. Walaupun begitu namun panasnya terik matahari akan tetap tersa untuk kalian yang tidak biasa dengan terik matahari jadi bawa payung atau topi sebagai pelindung ya biar kamu bisa tetep menikmati candi yang mempesona ini. Untuk kalian yang suka sekali berfoto selfie ataupun wefie bersama teman-temanmu dijamin candi tegowangi ini bakalan menghasilkan foto yang bagus untuk koleksi jajaran fotomu di sosmed yang kalian miliki ^^. Oh iya jika kalian datang ke tempat ini jangan sampai mengotorinya dengan buang sampah sembarangan ya, karena pengelola candi tegowangi ini sangat memperhatikan yang namanya kebersihan. Ketika kalian datang ke tempat ini kalian tidak akan menemukan sampah berserakan satupun kecuali dedaunan kering yang berjatuhan secara alami, jadi jaga tetap jaga kebersihannya ya ^^.

candi tegowangi

Nah, itu tadi guys penjelasan singkat mengenai candi tegowangi, wisata sejarah penuh pesona Kampung Inggris Pare ini. Di sini masih punya lo tempat wisata lain yang sayang buat kalian lewatin seperti taman kilisuci dan juga kawasan wisata surowono. Penasaran? Yuk ah langsung aja datang ke sini, Kampung Inggris Pare ^^.

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

Share this Post



 
 
 

2 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *