Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Cara Asik Belajar Bahasa Inggris

cara asik belajar bahasa inggris

Cara Asik Belajar Bahasa Inggris – Mungkin, ada jutaan artikel di google yang menuliskan betapa pentingnya belajar bahasa inggris. Selain menjadi bahasa internasional, bahasa inggris sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Apa yang mungkin menjadi cita-citamu saat ini, bisa jadi harus ditempuh dengan (salah satunya) bahasa inggris. Contoh sederhananya adalah masuk sekolah internasional, bahasa apa yang akan kamu gunakan di sana? Definitely! Bahasa inggris. Kalau kamu masuk social media, komputer, laptop, gadget, bahasa apa yang digunakan? Tentu saja defaultnya adalah bahasa inggris. Suka tidak suka, paling tidak kamu wajib mencicipi rasanya belajar bahasa inggris.

Belajar? siapa sih yang suka belajar? anak-anak sekolah? guru? professor? mengapa belajar selalu diidentikkan dengan kebosanan? mungkinkah karena yang kita lihat adalah bentuk belajar di sekolah formal?  Bisa jadi iya, karena sistem di sekolah formal, apalagi yang masih mengandung unsur konvensional biasanya belajar searah dan hampir selalu membosankan. Padahal, belajar tidak melulu di kelas dengan tangan dilipat di atas meja dan baju seragam rapih. Belajar bisa dilakukan dengan cara apapun, yang penting kita bisa memahami (bukan menghafal loh ya) dan mengaplikasikannya. Termasuk juga bahasa inggris. Ada beberapa tips cara belajar bahasa inggris asik yang pastinya gak bikin bosen, tapi tetap mengandung unsur belajar. Yuk, kita simak ulasannya.

1. Dengerin Musik dengan Lirik

Wah, siapa sih yang gak suka musik? dengan musik, otak kanan kita akan terasah dan memori akan masuk lebih lama. Dengan menggunakan musik, kamu bisa belajar banyak pronunciation dan vocab-vocab dalam bahasa inggris. Abaikan saja kalau kamu belum tau artinya, yang penting adalah familiar dengan bahasa inggris. Jika suatu saat bertemu kata tersebut di kamus, kamu pasti lebih mudah mengingatnya karena sudah biasa ketemu. Mendengarkan musik bisa sambil melihat liriknya agar tidak sembarangan menafsirkan si penyanyi sebetulnya ngomong apa. Setelah lumayan hafal dan familiar, kamu bisa mulaimenyanyi tanpa lihat lirik. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa paham apa makna lirik tersebut. Ada aplikasi minilyric yang bisa kamu cari di professor google untuk dijalankan di PC (komputer/laptop), sedangkan di smartphone, kamu bisa mencari player with lyric sebagai keyword di playstore/appstore. Salah satunya adalah menggunakan musixmatch. Try it!

2. Flashcard

Kalau sulit membawa buku catatan karena bentuknya yang tidak simpel, kamu bisa membuat ringkasan pelajaran bahasa inggrsi ke dalam flashcard. Dengan catatan yang sangat simpel ini juga bisa membantu kamu menghafal lho. Sebaiknya membuat konten flashcard sendiri, agar kamu menguasai materi-materi bahasa inggris.

flashcard

3. Nonton Film Berbahasa Inggris

Film adalah karya gabungan antara suara dan video.  Selain hiburan, kamu bisa belajar lebih banyak melalui film. Tontonlah film menggunakan subtitle bahasa inggris untuk tau apa yang aktornya ucapkan. Kalau ingin mencari terjemahannya, barulah kamu bisa gunakan subtitle Indonesia. Dengan film berbahasa inggris, kita juga bisa lho belajar aksen bahasa inggris. Untuk aksen british, kamu bisa tonton:

– Harry Potter

– Sherlock Holmes movie

– Narnia

Untuk aksen American English, ada banyak sekali pilihannya, seperti:

– Home Alone

– V for Vendetta

– Toy Story

 

4. Belajar Online

Ada banyak sekali situs menawarkan kursus online baik yang bayar maupun gratis. Selain mengikuti kursus, kamu juga bisa belajar di banyak website dan youtube. Beberapa contoh channel youtube yang asik dijadikan teman belajar yaitu: Engvid dan EasyEnglish with Karlina Kuning.

5. Scrabble

Scrabble adalah permainan di papan, dengan cara menyusun huruf-huruf yang secara random (acak) diberikan, lalu disusun menjadi kata dalam bahasa inggris. Kata tersebut tidak boleh asal, dan sebaiknya menggunakan strategi agar bernilai tinggi. Semakin banyak kita tau vocab in english, maka nilai scrabble kita bisa semakin besar.

scrabble

 

6. Update status atau blogging

Wah yang ini tidak kalah seru ya. Kamu bisa latihan writing dan grammar lewat social media dan blog, yaitu dengan cara update status dan nulis di blog dalam bahasa inggris. Jangan takut salah, karena kamu sedang tidak dalam ujian. Kamu bisa update status atau ngeblog di rumah, so kamu bisa bebas pake buku grammar, buku tips writing, kamus, dan buku bahasa inggris lainnya. Semakin sering kamu update di social media menggunakan bahasa inggris, maka skill writing dan grammar kamu akan semakin terlatih.

Kamu juga bisa belajar bahasa inggris dengan aplikasi loh, baca selengkapnya  di sini: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahsa inggris, lebih asik lagi kalau kamu punya partner belajar. Hal ini bisa kamu dapatkan di sekolah, di kelompok belajar, atau di tempat kursus bahasa inggris. Salah satu contoh tempat belajar bahasa inggris yang asik adalah di LC Kampung Inggris Pare. Selain metode belajarnya yang seru, tutor-tutornya juga asik. Dijamin deh, tidak akan bosan belajar di kampung inggris.

Syarat utama sebelum kamu melakukan semua Cara Asik Belajar Bahasa Inggris di atas, yaitu: KONTINU. Atau bahasa arabnya istiqomah, bahasa gaulnya terus-terusan. Belajar setiap hari, kalau bisa setiap waktu. hehe intinya, setiap ada waktu kosong sebaiknya dimanfaatkan untuk belajar. Eits, sekali lagi. Belajar tidak harus menggunakan buku kan… Apa saja yang ada di sekitar kita, bisa dijadikan bahan belajar. So, Keep Learning dude!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

8 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *