Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

belajar bahasa inggris efektif

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif – Belajar bahasa inggris, saat ini sudah menjadi tren dan kebutuhan. Mulai dari hal simpel seperti chattingan di social media, hingga presentasi bisnis yang begitu formal semua membutuhkan bahasa inggris. Mau tidak mau, kita harus mulai belajar bahasa internasional tersebut. Entah secara otodidak, maupun melalui lembaga kursus. Sulitnya belajar bahasa inggris membuat banyak yang bertanya, bagaimana cara belajar bahasa inggris yang efektif? Cara belajar yang terbukti efektif adalah dengan tinggal langsung di negara berbahasa inggris, karena secara “terpaksa” dan terbiasa kita jadi mahir berbicara dengan para native speaker (penutur asli bahasa inggris). Tapi bagi kamu yang kekurangan biaya untuk belajar langsung di negara Britania atau Amerika, kamu juga bisa tetap belajar bahasa inggris di Indonesia. Dengan cara belajar yang efektif, kontinu, dan sering latihan, tentunya mahir berbahasa inggris adalah keniscayaan.

Banyak Teori, Banyak Aksi

Kalau ada orang bijak mengatakan “yang penting adalah aksi”, that’s right! Bener banget, bahwa setiap teori memang harus langsung dipraktekkan. Tapi kalau ada pendapat bahwa hanya dibutuhkan sedikit teori untuk memperbanyak aksi? Benarkah? Sayangnya, terutama untuk belajar grammar, mau tidak mau kita butuh banyak sekali teori. Karena belajar grammar atau tata bahasa, pasti berurusan dengan teori. Mulai dari part of speech, 16 tenses, idioms, expressions, dan lain sebagainya. Well, semua harus dipelajari dan itu bukan masalah jika: Pertama, belajar pelan-pelan. Jangan sampai kamu overload dengan semua teori grammar dalam satu hari. Belajarlah secara sedikit-sedikit asalkan rutin. Kamu juga bisa membuat mind map atau ringkasan materi grammar di buku catatan dengan gambar, contoh, apalagi ditambah tinta warna-warni, pasti otak kita akan lebih mudah menyerap informasi. Kedua, langsung aksi. Misalnya, setelah mempelajari tenses kamu bisa langsung membuat berbagai kalimat dengan beberapa tenses yang sudah dipelajari dengan bentuk positif, negatif, interogatif, dan negatif-interogatif. Dalam belajar grammar, kamu juga bisa mencoba dua tips latihan berikut:

1. Latihan soal

Experience is the best teacher. Begitu pepatah terkenal asal inggris menggambarkan betapa pentingnya pengalaman dalam belajar. Latihan soal berarti mengasah pengalaman kamu dalam menguasai grammar. Pada awalnya, mungkin skor latihan kamu rendah karena banyaknya kesalahan. Tapi, jangan menyerah. Karena semakin sering kamu latihan, pasti semakin mahir. Kamu bisa mendapatkan latihan soal grammar melalui berbagai website di internet. Caranya sangat mudah, tinggal ketik kata kunci di mesin pencari seperti Google (misalnya: “latihan soal grammar untuk TOEFL“), secara otomatis akan keluar banyak web yang menyediakan latihan soal. Tinggal klik, lalu copy atau download.

2. Translating

Bagi mereka yang baru belajar bahasa inggris, menerjemahkan tulisan atau translating mungkin akan terdengar sangat sulit. Tapi ternyata, translating merupakan latihan bahasa inggris yang cukup efektif. Karena kamu bisa belajar vocab, grammar, dan expression dalam satu waktu. Pada awalnya memang cukup berat, tapi setelah beberapa hari latihan, pasti akan semakin mudah. Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah; bersahabatlah dengan kamus. Gunakan kamus untuk menerjemahkan kata per kata. Sebaiknya, tidak menggunakan fasilitas penerjemah untuk kalimat atau bahkan paragraf. Dengan begitu, kamu akan paham betul arti vocab dan tata bahasanya. Memori jangka panjang pun akan lebih bekerja saat kamu menerjemah kata per kata. Saat kamu latihan menerjemah artikel inggris menjadi indonesia, kamu akan menemukan struktur bahasa yang lebih rumit. Dari pengalaman membaca inilah otak kamu akan semakin kaya dengan grammar dan vocab baru.

English Area

Zona english atau English area merupakan satu tempat yang semua orangnya menggunakan bahasa inggris sebagai alat komunikasi. Kamu bisa menemukan english area dalam sebuah komunitas, lembaga kursus, atau di kampung inggris. Pernah dengar tentang kampung inggris? Di tempat ini ada banyak sekali lembaga kursus dan asrama yang menerapkan english area dalam satu hari. Kalau kamu memiliki waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya di kampung yang terletak di Kabupaten Kediri ini. Salah satu lembaga kursus di kampung inggris yang menerapkan english area di asrama atau camp adalah LC Kampung Inggris. Saat kamu berada dalam camp LC, kamu harus menggunakan bahasa inggris. Eit, tapi jangan khawatir kalau bahasa inggrismu masih berantakan, karena di LC, kamu akan diterapi percaya diri speaking english dengan membiasakan bicara menggunakan bahasa inggris setiap saat. Meskipun kamu masih mencampur bahasa inggris dengan indonesia, yang penting tetaplah bicara. Just speak up! Dan teman satu camp akan saling mengoreksi.

Lalu bagaimana kalau di rumah? kamu juga bisa membuat rumahmu, atau bahkan kamarmu menjadi englsih area. Caranya, pastikan kamu selalu menulis dalam bahasa inggris. Entah itu status BBM, facebook, path, dan lain sebagainya. Selftalk atau bicara dengan diri sendiri juga bisa kamu lakukan dalam bahasa inggris. Cermin pun bisa jadi teman latihan speaking bahasa inggris. Setiap benda yang ada di kamarmu, bisa kamu tempel terjemah bahasa inggrisnya menggunakan sticky-note. So, keseharian kamu di dalam rumah akan menjadi tempat belajar bahasa inggris yang menyenangkan.

English as Habit

Making english as habit, artinya membuat bahasa inggris menjadi kebiasaan sehari-hari. Karena pada dasarnya, tanpa disadari kita sudah “terjangkit” bahasa inggris tiap harinya. Saat kamu menggunakan komputer, “Computer” merupakan bahasa inggris. Juga keyboard, mouse, monitor, dan lain sebagainya. Nah, kamu hanya perlu mengembangkannya saja. Akan lebih baik lagi, jika bahasa inggris menjadi intuisi. Yap, bahkan dalam pikiran, kamu akan bicara dalam bahasa inggris. Misalnya, ketika kamu makan di sebuah restoran dan orang di sebelah kamu melakukan percakapan, cobalah untuk mengulangi percakapan mereka dalam hati, namun menggunakan bahasa inggris. Jadi, apapun yang ada di sekitarmu bisa jadi alat belajar bahasa inggris. Gimana, mudah bukan? 🙂 Nah, untuk membangun intuisi ini, kamu bisa memulainya dengan membiasakan diri mendengar percakapan atau lagu berbahasa inggris, nonton film Inggris bersubtitle inggris, dan nonton film Korea, Thailand, Turki juga menggunakan subtitle Inggris. Kalau bahasa inggris sudah menjadi kebiasaan, kamu akan lebih mudah menyerap materi bahasa inggris lainnya.

Simpel, mudah dan menyenangkan bukan? Semoga tips Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif ini bermanfaat buat kamu yang sedang berusaha menguasai bahasa inggris. Keep learning!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

12 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *