Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Cara Meningkatkan Kualitas Listening Bahasa Inggris

meningkatkan kualitas listening bahasa inggris

Cara Meningkatkan Kualitas Listening Bahasa Inggris – Menguasai bahasa asing, selain dapat meningkatkan kinerja dan kecerdasan otak, juga menjadi dambaan bagi hampir setiap orang. Karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh sebagian besar orang di dunia. Bahkan ada beberapa negara yang menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa kedua, seperti Singapore. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Meskipun bukan bahasa kedua, namun sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tidak lagi asing dengan bahasa inggris. Wajar saja karena sejak Sekolah Dasar, anak-anak sudah mulai dikenalkan dengan bahasa asal England tersebut. Mempelajari bahasa inggris bukan saja bermanfaat bagi anak-anak sekolah tapi juga sangat berguna ketika kita berkunjung ke negara-negara berbahasa inggris. Misalnya ketika sedang liburan ke Kanada. Bila kamu tidak memiliki kemampuan berbahasa inggris, bisa mudah tersesat di sana ^_^

Salah satu keahlian dalam berbahasa inggris yang penting untuk diasah adalah Listening. Mendengar bahasa Indonesia mungin sangat mudah untuk kita, karena bahasa Indonesia adalah bahasa ibu. Lalu bagaimana dengan Listening bahasa asing? Bukan hanya mendengar suara namun kita wajib memahami apa yang orang katakan. Contohnya saja saat kita kuliah di Amerika, para siswa internasional harus bisa memahami apa yang disampaikan oleh dosen meskipun siswanya tidak berasal dari Amerika. Itulah mengapa kemampuan listening harus diasah, karena bahasa merupakan alat komunikasi. Jika kita salah memahami dari apa yang kita dengar, bisa terjadi gagal paham atau miskomunikasi.

Kenali Cara Native Berbicara

Cara mengucapkan kata dan kalimat dalam bahasa inggris disebut pronunciation. Pronunciation inilah yang menjadi cikal bakal kita pusing dalam mendengarkan bahasa inggris. Karena bahasa yang asing ditambah cara mengucapkan yang jauh berbeda dengan bahasa Indonesia akan membuat kita tambah berpikir keras saat mendengar bule berbicara. Oleh karena itu, penting juga untuk belajar pronunciation ini. Jika kita tau cara native speaker mengucapkan kata dan kalimat, serta cara bicaranya, tentu akan mempermudah listening kita. Misalnya saja, orang native biasa menggabungkan kata dengan kata (linking words) sehingga mereka bicara dengan sangat cepat. Contoh: What are you doing bisa mereka ucapkan menjadi watca doin.

Menggunakan Media Belajar Listening

Di era digital seperti saat ini, media untuk belajar sangatlah banyak. Kalau di jaman 90-an anak-anak sekolah belajar listening dari VCD player atau diberikan oleh gurunya, saat ini para pelajar dan siapa saja bisa dengan bebas mendownload aplikasi gratis dari internet. Beberapa aplikasi seperti google text-to-speech text to voice di smartphone android bisa mengkonversi tulisan menjadi suara native speaker (penutur asli) bahasa inggris. So, kita bisa mengetahui pronounciation dari berbagai vocab secara langsung.

Selain google text-to-speech, banyak sekali aplikasi kamus online dan offline yang tersedia gratis di playstore dan appstore. Kamus tersebut kini sudah banyak yang dilengkapi dengan suara. Sama seperti alfalink (salah satu merk kamus digital) yang terkenal dengan kamus yang bisa berbicara. Hanya bedanya, kamus downloadan dari google playstore ini gratis. Bukan hanya kamus, kamu juga bisa mencari berbagai aplikasi yang menyediakan audio percakapan, pidato, buku, dongeng dan sebagainya. Tidak hanya mendengar, tapi kamu juga bisa langsung melihat teksnya sehingga bisa langsung mencocokkan. Bagi kamu yang menggunakan laptop atau desktop, saat ini kamus online google translate juga menggunakan fitur audio lho untuk membantu penggunanya mengetahui pronounciation dari sekian banyak vocab.

Aplikasi lain yang berguna, baca selengkapnya di sini: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Bagi kamu yang masih belum puas dengan berbagai aplikasi smartphone tersebut, kamu juga bisa memutar lagu bahasa inggris sambil mengaktifkan minilyrics (software menampilkan lirik lagu di monitor). Atau menonton film inggris dengan subtitle bahasa inggris. Nah, kurang lengkap apa coba media belajar saat ini? Tinggal rajin-rajin mencari linknya, download, lalu nikmati medianya.

Ngobrol Langsung dengan Native Speaker

Cara yang satu ini memang tidak mudah. Namun jika kamu melek teknologi, semua akan lebih terjangkau. Ngobrol langsung dengan native speaker memang salah satu cara belajar bahasa inggris yang efektif. Selain bisa mempelajari pronunciation dari ahlinya, kita juga bisa langsung mengevaluasi listening kita. Namun sayangnya, jarang sekali kesempatan untuk bertemu dengan para bule ini, kecuali kita yang langsung datang ke negaranya. Bagi kamu yang terkendala biaya, jangan khawatir karena dengan bantuan media dan teknologi semua bisa terwujud kok.

Salah satu alternatif bagi kamu yang ingin ngobrol langsung dengan native speaker untuk memperbaiki bahasa inggris adalah dengan bertemu via online. Bisa via hangouts, telefon, skype, dan lainnya. Ada beberapa website yang menawarkan kursus online bersama native speaker, seperti English First. Ada juga cara manual yaitu dengan cara mencari teman bertukar bahasa di interpals.net. Channel youtube juga memungkinkan kita belajar bahasa inggris, meskipun hanya satu arah namun cukup membantu untuk membiasakan diri latihan listening bahasa inggris.

Practice Makes Perfect!

Latihan adalah satu-satunya jalan agar kualitas listening kita semakin baik. Karena pada hakikatnya, tidak ada kata instant dalam belajar. Latihan setiap hari pasti bisa membuat kita tidak lagi berpikir keras saat mendengar percakapan atau ceramah dalam bahasa inggris. Latihan yang bisa dilakukan adalah dengan latihan mendengar audio-audio, atau mengerjakan soal listening. Soal listening, lagi-lagi bisa kamu dapatkan secara gratis maupun berbayar di berbagai website. Misalnya saja, mengerjakan soal listening TOEFL. Dengan begitu kemampuan kamu akan lebih terukur dengan berapa jumlah soal yang benar.

Bagi kamu yang kesulitan belajar mandiri, salah satu alternatifnya adalah belajar di Kampung Inggris Pare. Di sini, kamu bisa bertemu partner belajar, guru yang kompeten, dan materi listening yang banyak. Dijamin deh bisa membantu kamu belajar listening.

Sekian tips meningkatkan kualitas listening bahasa inggris, semoga bermanfaat ^_^

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

1 Comment

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *