Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Cara Mudah Menghafal Vocab

cara mudah belajar vocabulary

Banyak orang merasa malu untuk bicara dalam bahasa yang baru bagi mereka. Sebut saja bahasa inggris. Bahasa yang kini digunakan oleh hampir seluruh negara di dunia ini, termasuk ke dalam bahasa asing bagi orang Indonesia. Pastinya karena bahasa ibu kita -para pribumi- bukan bahasa inggris, so butuh waktu dan energi lebih besar untuk belajar lagi bahasa inggris. Jadi wajar saja kalau salah satu tempat belajar bahasa inggris, Kampung Inggris yang ada di Pare, selalu ramai diserbu para siswa yang berasal dari penjuru daerah di Indonesia.

Tapi jangan khawatir, karena bahasa inggris bisa dipelajari kok. Kamu lihat kan berapa banyak warga Indonesia yang mencetak prestasi di kancah internasional dan mereka berpidato dalam bahasa inggris. Berapa banyak juga anak-anak muda yang jago debat bahasa inggris, orasi, menyanyi, dan berpuisi dalam bahasa inggris. Mereka bisa, kamu pasti bisa, ya kan? ^_^

Tinggal bagaimana caranya belajar bahasa inggris. Sekali kamu tau cara belajar yang efektif, kamu pasti segera jago berbahasa inggris. Apa sih hal pertama yang harus kamu lakukan untuk belajar bahasa inggris? Sebelum jauh-jauh belajar slang, accent, conversation dan sebagainya, kamu bisa memulai dari belajar vocabulary. Cobalah memulai belajar dari vocab yang basic lalu berlanjut ke grammar. Dengan mengoleksi vocab dan mengetahui tata bahasa, kamu sudah bisa membuat kalimat sempurna. Selanjutnya, kamu bisa kembangkan menjadi speech, conversation, speaking, dan lain-lain. Nah, sekarang mari kita bahas poin paling dasarnya, yaitu belajar vocab. Bagaimana ya caranya agar mudah menghafal vocab? Check it out.

1. Diulang-ulang

Atau bahasa kerennya repeat, repeat, and repeat. Ya, vocab yang sedang kamu hafal wajib diulang, diulang dan diulang lagi. Secara psikologis, sesuatu yang kamu ulang berkali-kali akan masuk ke dalam alam bawah sadar pikiran kita, dan akan teringat dalam jangka waktu yang lama. Dengan catatan, kamu tidak akan bisa menghafal ratusan vocab dalam sehari. So, batasi dirimu meskipun lagi semangat-semangatnya belajar. Misalnya, dalam sehari kamu cukup menghafal fix 10 sampai 20 vocab sehari. Prinsipnya, sedikit vocab sehari asalkan rutin, kamu bisa mengumpulkan ratusan vocab dalam sebulan.

2. Menggunakan Poster dan Sticky note

Pasang poster yang berisi vocab bergambar atau berwarna atau yang mudah dilihat/diingat di tempat strategis. Misalnya di pintu, di langit-langit kamar, wastafel, dan lainnya. Poster ini akan membantu kamu mengingat karena setiap saat kamu bisa melihat vocab tersebut.

Yang kedua, sama halnya dengan poster, kamu juga bisa menempel sticky note berukuran kecil bertuliskan satu vocab dan ditempel di benda yang bersangkutan. Contohnya, di sticky note kamu tulis TABLE, maka note tersebut ditembelkan di meja, dan seterusnya untuk benda yang lain. So, rumah kamu akan berisi banyak sticky note vocab berwarna-warni, dan kamu akan mudah melihatnya setiap saat. Dengan begitu, setiap kali melihat vocab di poster dan sticky note, sama saja dengan belajar tanpa sadar. Hasilnya, ingatan tentang vocab itu akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Try it!

3. Menggambar atau Mendengar Rekaman Suara

Dalam belajar, setiap orang memiliki tipe cara belajar yang berbeda. Ada orang tipe visual yang suka belajar melalui gambar, tipe auditori yang suka belajar dengan lagu dan musik, juga tipe kinestetik yang suka belajar dengan gerakan. Untuk kamu yang termasuk tipe visual, kamu bisa bikin gambar berwarna-warni atau mind mapping untuk menghafal vocab. Misalnya, kalau kamu sedang menghafal GLASS atau gelas, selanjutnya gambarlah gelas semenarik mungkin. Begitu juga dengan recording, misalnya dengan cara memutar-mutar ulang rekaman suara kamu sendiri agar terbiasa dengan vocab yang sedang dihafal.

4. Membuat Kalimat

Orang nomor satu paling berpengaruh di dunia versi Michael Hart, Nabi Muhammad, pernah mengatakan bahwa “Ikatlah ilmu dengan tulisan”. Begitu juga dengan belajar bahasa inggris, kita perlu menuliskan vocab yang dihafal, lalu menggunakannya dalam kalimat. Membuat kalimat dapat mengasah grammar dan mengulang vocab. So, ini salah satu cara efektif bukan? ^_^

Yuk sahabat LC, segera praktikkan Cara Mudah Menghafal Vocab ini, dan jangan lupa untuk melakukannya setiap hari secara terus menerus. Don’t stop learning 🙂

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

10 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *