Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Cara Terbaik Belajar Bahasa Inggris

learning english

Cara Terbaik Belajar Bahasa Inggris – Siapa yang tidak kenal dengan bahasa inggris? Wah, di era global seperti saat ini, bahasa inggris sudah seperti makanan sehari-hari. Kita bisa melihat tulisan atau audio berbahasa inggris dimana-mana. Mulai dari tulisan di produk-produk elektronik, iklan di jalanan, iklan di TV, bahkan film-film asing banyak sekali yang sudah masuk di Indonesia. Seiring perkembangan jaman, bahasa inggris memang telah “menguasai” hampir seluruh belahan dunia. Meskipun tidak menjadi bahasa utama dan bahasa asli, namun paling tidak bahasa inggris sudah masuk dalam kurikulum pendidikan, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, bahasa inggris disebut dengan bahasa internasional. Dan, kita sebagai tunas bangsa Indonesia juga tidak boleh ketinggalan jaman dengan gaptek bahasa inggris.

Meski bahasa asli kita adalah bahasa Indonesia, namun persaingan bisnis dan pendidikan di luar sana mengharuskan kita menguasai bahasa Inggris. Misalnya, bagi kamu yang akan kuliah ke luar negeri, kelas internasional tidak menggunakan bahasa lokal negara tersebut melainkan bahasa inggris. Termasuk persyaratan masuk perguruan tinggi luar negeri, mewajibkan calon mahasiswanya memiliki sertifikat TOEFL ataupun IELTS.

Masih belum terlambat agar kamu jago bahasa inggris. Dan jangan khawatir karena kami akan share beberapa cara terbaik untuk belajar bahasa inggris. yuk cekidot ^_^

Apakah belajar bahasa inggris langsung ke negara berbahasa inggris adalah cara terbaik? tentu saja iya. Sama halnya dengan belajar memasak, kita harus langsung praktik dengan ahlinya setiap hari. Dengan berada di negara berbahasa inggris seperti di Amerika, London, dan Kanada, kita bisa langsung mempraktikkan bahasa inggris setiap detik. Karena di sana, tidak ada pilhan lain selain berbahasa inggris. Namun, tidak semua orang Indonesia bisa mendapatkan kesempatan untuk tinggal di luar negeri. Terutama terkendala di biaya dan waktu. But don’t worry, karena cara terbaik untuk belajar bahasa inggris bukan hanya tinggal di luar negeri. Ada beberapa cara umum agar kita juga bisa menguasai bahasa inggris dengan baik.

1. Membiasakan Diri dengan Bahasa Inggris

Masih takut dan males dengan bahasa inggris? Singkirkan dulu semua rasa takut, malu, males, ragu, dan lainnya! karena salah satu kunci agar jago berbahasa inggris adalah dengan membiasakan diri dengan bahasa internasional tersebut. Entah itu dalam lisan, tulisan dan pikiran. Pertama, membiasakan secara lisan artinya usahakan kita berbicara bahasa inggris setiap hari, meskipun sedikit. Meskipun itu hanya membaca tulisan bahasa inggris, atau hanya menyapa teman dengan bahasa inggris, namun kamu wajib ngomong inggris setiap hari.  Kedua, membiasakan bahasa inggris dalam tulisan artinya setiap hari kita harus berusaha menulis bahasa inggris. Bisa dalam bentuk catatan harian, jurna harian, status facebook, twit, caption instagram, blogging, dan lainnya. Apapun yang ada dalam pikiranmu, cobalah untuk menuangkannya dalam tulisan bahasa inggris. Ketiga, membiasakan diri dalam pikiran Coba untuk bicara pada diri sendiri, atau biasa disebut dnegan selftalk dan lakukan dalam bahasa inggris. So, entah itu dalam pikiran, tulisan atau pun saat bicara semuanya berbahasa inggris.

Membiasakan diri dalam bahasa inggris juga bisa dimulai dengan terbiasa menonton film berbahasa inggris tanpa subtitle indonesia, atau menggunakan subtitle english. Ataupun, terbiasa mendengar lagu-lagu dan membaca lirik bahasa inggris. Agar sekaligus menambah vocab, kamu bisa menempelkan kata-kata motivasi ataupun vocab-vocab dalam bentuk kertas memo kecil yang ditempel di dinding, di lemari, cermin, dan tempat lainnya. Dengan begitu, kita jadi tidak asing lagi dengan bahasa inggris.

2. Siapkan Kamus 

Kamus bahasa inggris merupakan senjata dalam belajar bahasa inggris. Tanpa kamus, bagaimana caranya kita mengetahui apa arti kata dalam bahasa inggris? Kamus bahasa inggris saat ini sangat mudah didapatkan, bahkan gratis. Yaitu dengan memanfaatkan kamus online yang bisa didownload kapanpun ataupun melalui website. Siapkan kamus yang mudah dijangkau kapanpun, jadi tidak ada kendala saat kita menulis tulisan  ataupun sedang belajar bahasa inggris.

Kamus bahasa inggris terdiri dari dua jenis, ada yang bilingual (inggris – indonesia dan sebaliknya) dan ada juga yang inggris-inggris. Bagi kamu yang  baru memulai belajar bahasa inggris, kamuu bisa menggunakan kamus bilingual, namun bagi kamu yang sudah advanced sebaiknya menggunakan kamus inggris-inggris seperti kamus longman, cambridge atau oxford. Karena kamus tersebut bisa memperkaya vocab, phrase dan idiom kita.

3. Belajar Menggunakan Berbagai Metode

Jangan mematok diri pada satu metode belajar saja, karena dalam belajar bahasa inggris ada banyak seki metode belajar. Dan metode-metode tersebut ada satu cara yang paling nyaman untuk kita, sehingga semua informasi bisa diserap dengan baik. Misalnya, kamu termasuk visual learner, kamu mungkin lebih nyaman jika belajar menggunakan gambar, mind map, tulisan, dan sebagainya. Berbeda lagi dengan orang lain. So, pilih metode yang tepat atau bahkan kamu bisa belajar dengan cara yang berbeda-beda setiap hari.

Kamu juga bisa lho, belajar english melalui aplikasi belajar bahasa inggris entah di komputer, laptop ataupun smartphone. Banyak aplikasi gratis di playstore atau appstore yang sangat membantu dalam belajar vocab, listening, soal reading, dan lainnya. Ada juga video-video belajar bahasa inggris gratis di youtube dan website lain. Jika semua metode kamu manfaatkan dengan optimal, dijamin deh kamu bakal bisa cas cis cus english dengan baik.

4. Latihan Setiap Hari

Tiada hari tanpa latihan, karena berlatih membuat kamu sempurna! percuma saja belajar semua materi grammar seharian penuh namun tidak dipraktikkan setiap hari. Lama kelamaan akan lupa, apalagi kita berada di negara bukan berbahasa inggris. Dijamin, bahasa inggrismu itu lama kelamaan akan memudar jika tidak digunakan untuk latihan setiap hari. So, cobalah untuk konsisten latihan setiap hari. Meskipun sedikit, namun berupaya untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat.

5. Percaya Diri dengan Bahasa Inggrismu

Bahasa inggris mu masih kacau? Masih ada logat jawa nya? Masih banyak salah? so what’s the problem? Karena kesalahan adalah hal wajar dalam belajar. Toh, mereka yang jago cas cis cus dalam bahasa inggris juga pasti awalnya tidak bisa. Namun karena biasa, akhirnya jadi bisa. So, meskipun masih banyak kekurangan, teruslah aplikasikan englishmu sambil memperbaikinya. Keep up speaking english meskipun vocab masih sedikit, karena lama kelamaan pasti akan banyak dan pronunciation semakin baik. Begitu juga dengan writing. Tulis terus bahasa inggris sambil membuka kamus dan buku grammar, lama kelamaan kita akan automatically thinking tanpa buku-buku. Trust me, practice makes perfect!

Nah, yang perlu diperhatikan adalah, cara di atas barulah cara secara umum agar kita bisa belajar bahasa inggris dengan baik. Namun bahasa inggris memiliki aspek listening, reading, writing, speaking yang masing-masing aspek tersebut terdapat cara terbaik juga untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, jangan puas sampai di sini dan nantikan terus cara terbaik belajar bahasa inggris lainnya di English Learning LC Kampung Inggris. Hope you learn it well ^_^

Baca juga tips lainnya, selengkapnya di: Tips Ampuh Anti Ngantuk Belajar Bahasa Inggris

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 

4 Comments

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *