Untuk Konsultasi dan Informasi Pendaftaran :(0354) 396 561
 

Cari Tau Yuk, Bedanya Drug dan Medicine

drug vs medicine

Banyak istilah dalam bahasa inggris yang memiliki arti sama secara bahasa, namun memiliki arti berbeda. Misalnya Listen dan Hear memiliki arti sama-sama mendengar namun penggunaannya berbeda. Selain perbedaan penggunaan (istilah), dua kata yang nyaris sama kadang dibedakan oleh aksen atau kebiasaan penggunaan di negara yang berbeda. Misalnya, pavement dan sidewalk yang sama-sama berarti trotoar. Pavement biasa digunakan di BrE (British English) seperti di Inggris, dan negara-negara Uni Eropa. Sedangkan Sidewalk biasa digunakan di AmE (American English) seperti di negara Amerika dan Kanada.

Sama halnya dengan beberapa kata tersebut, Drug dan Medicine juga memiliki nasib yang sama. Dalam kamus Inggris – Indonesia, Drug dan Medicine sama-sama memiliki arti Obat. Dalam kamus Longman (2000), Drug juga berarti Medicine, dan Medicine diartikan sebagai ‘substance for treating illness’. Sama-sama obat, tapi secara istilah, ada sedikit perbedaan penggunaan Drug dan Medicine. Can you guess it? Ya, Drug sangat identik dengan obat-obatan negatif, apalagi di Indonesia. Tapi apakah betul seperti itu? Mari kita lihat penjelasan lengkapnya.

Drug

Drug diadaptasi dari bahasa Prancis “drogue” yang artinya obat-obatan yang bisa membius atau membuat tidak sadarkan diri penggunanya. Lebih jauh, istilah drug ini digunakan untuk substansi yang menyebabkan efek tertentu. Jadi, Drug ini obat yang sengaja diproduksi untuk menimbulkan reaksi langsung dalam tubuh.

Medicine

Istilah Medicine lebih digunakan untuk obat yang diproduksi untuk mengobati atau mencegah terjadinya penyakit. Berasal dari bahasa Latin “Medicina”, istilah Medicine ini mengarah pada obat yang tidak menimbulkan efek khusus atau bahkan sampai tidak sadarkan diri. Selain itu, Medicine juga mengarah pada istilah untuk bidang studi pengobatan atau farmasi.

Merasa ini bermanfaat? baca juga artikel english learning lainnya: Penggunaan Misused Disused, dan Unused

Nah, sudah tau bedanya kan Bedanya Drug dan Medicine? Semoga info belajar bahasa inggris ini bermanfaat buat kamu. Ikuti juga program belajar vocab lainnya yang seru di kampung inggris pare kediri, kampung yang asli asik buat belajar bahasa inggris ^_^

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Berikan komentar

comments

 
 

More Posts in Belajar bahasa Inggris

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *